Sukses


Macam-Macam Bunga yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Macam-macam bunga yang bisa dikonsumsi dan manfaatnya bagi kesehatan perlu Anda ketahui sebagai informasi yang berguna.

Hal ini karena keberadaan bunga tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berbagai situasi, senang maupun duka, kita bisa menjumpai bunga. Di mana saja dan kapan saja, kita bisa jadi menjumpai tumbuh-tumbuhan dengan bunga.

Beberapa di antara bunga itu bahkan bisa kita makan. Bunga-bunga itu dapat memberi rasa dan warna yang unik pada banyak hidangan, termasuk salad, saus, minuman, dan makanan pembuka.

Tidak hanya itu, bunga-bunga tersebut juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Ada beberapa jenis bunga yang dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit. Misalnya untuk mengatasi keputihan, menangani kram perut, dan lainnya. 

Selama ini berbagai bunga sudah terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan, seperti bunga telang, bunga pepaya, bunga saffron, dan lain sebagainya. Meski begitu, mungkin Anda mungkin penasaran, bunga lainnya apa saja yang bisa dimakan dan punya manfaat bagi kesehatan?

Nah, berikut ulasannya, macam-macam bunga yang bisa dimakan dan manfaatnya bagi kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (10/6/2022).

2 dari 4 halaman

Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Bunga yang bisa dimakan di bawah ini memiliki kandungan senyawa antiradang dan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, penambahan bunga pada makanan Anda akan menambah hiasan sehingga makanan menjadi lebih menarik. 

Mawar

Bunga mawar mengandung sitrat, sitronelol, geraniol linalol, nerol, dan sebagainya. 

Selain untuk kecantikan, bunga mawar layak dikonsumsi karena menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti melancarkan haid, mengobati keputihan hingga campak serta menjaga kesehatan kulit.

Kembang sepatu

Banyak orang meyakini manfaat konsumsi bunga sepatu untuk mengobati TBC, batuk, demam malaria, gondongan, mimisan, sariawan, dan radang usus. 

Asam amino yang terdapat pada bunga ini juga berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, mencampurkan bunga kembang sepatu dengan teh bisa menjadi pilihan minuman sehat untuk mencegah hipertensi.

 

3 dari 4 halaman

Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kamomil

Bunga kamomil dipercaya bisa menenangkan kegelisahan, sakit kepala, insomnia, kram perut, dan masalah pencernaan. 

Tak hanya itu, bunga ini mengandung levomenol, senyawa yang terbukti dapat mengurangi efek buruk sinar matahari, menenangkan rasa gatal, memperbaiki tekstur kulit, dan memperpanjang elastisitas kulit. 

Penggunaan kamomil yang paling sering Anda jumpai adalah perpaduannya dengan teh. 

Melati

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan efek relaksasi dari bunga melati. Bunga yang berkembang di wilayah Mediterania ini juga dapat mengurangi batuk, mengatur kadar insulin, serta menurunkan tekanan darah.

Lavender

Bunga ungu yang dikenal untuk mengusir nyamuk ini termasuk satu di antara bunga yang bisa dimakan. Kandungan minyak atsiri dalam bunga ini memiliki efek antiradang dan antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, aroma khasnya yang sangat harum memiliki efek untuk menenangkan sehingga mampu mengatasi stres. Padukan lavender dengan bahan makanan yang manis dan gurih, seperti beri-berian, cokelat, jeruk, dan rosemary. 

 

4 dari 4 halaman

Bunga yang Bisa Dimakan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kamperfuli

Bunga kamperfuli dikenal dengan nama honeysuckle. Bunga ini telah digunakan sebagai pengobatan tradisional China selama berabad-abad. 

Selain dimakan, ekstrak bunga kamperfuli dapat dioleskan ke kulit untuk mengatasi berbagai kondisi peradangan. 

Lili

Orang-orang Yunani kuno memanfaatkan bunga ini untuk mengobati kondisi jantung. Selama Perang Dunia I, bunga ini juga digunakan untuk membantu tentara dari efek keracunan gas. Tak hanya itu, bunga lili dipakai untuk menunjang pengobatan depresi.

Bahkan, ekstrak bunga lili terbukti dapat melembapkan kulit wajah yang kering, serta merawat kulit yang mengalami iritasi atau kulit wajah yang sensitif.

Dafodil

Dafodil menjadi satu di antara bunga yang bisa dimakan. Bunga ini mengandung zat kimia yang membantu mengurangi rasa sakit. 

Maka itu, bunga yang biasa disebut bunga narcissus ini diyakini berguna untuk penderita kanker otak, juga sedang dipelajari untuk pengobatan Alzheimer.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/8/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer