Sukses


ASEAN Para Games 2022 Meluncurkan Logo dan Maskot: Penanda Kesiapan Gelar Event Akbar

Bola.com, Jakarta - Panitia 11th ASEAN Para Games 2022 meluncurkan logo dan maskot. Peluncuran itu dilakukan pada Jumat (10/6/2022).

Logo 11th ASEAN Para Games 2022 menggambarkan peranan aktif, pengharapan, dan keseimbangan serta tekad bulat untuk tumbuh dan senantiasa lebih baik di setiap babaknya.

Sama seperti pohon yang terus tumbuh dan berguna, menjadi harapan yang akan membawa dampak positif bagi kehidupan bahkan setelah dunia harus menghadapi pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.

Anak bangsa yang berkarya di bidang seni dan kreatif secara khusus merinci kandungan bentuk-bentuk artistik bermakna dalam logo tersebut, ”Nuansa Indonesia diwakili dalam tiga bentuk khas yaitu keris, wayang gunungan, dan aksara Jawa Hanacaraka”.

Selain logo yang mengusung makna Indonesia, tim kreatif 11th ASEAN Para Games 2022 juga sudah melahirkan Maskot Rajamala (baca: Rojomolo).

 

2 dari 4 halaman

Maskot: Rajamala

Rajamala dikenal tiada tanding dan disimbolkan sebagai kekuatan untuk menolak bala atau aura negatif. Selain itu Rajamala juga menjadi pusaka Keraton berbentuk Cantik yang melambangkan kebesaran Keraton Surakarta. 

Surakarta sendiri merupakan kota penyelenggaraan ASEAN Para Games ke-11 akan diadakan di kota Solo, Jawa Tengah. Wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, selaku Ketua INASPOC (Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee) menyampaikan logo tersebut juga menggambarkan kombinasi antara segala aspek yang mewakili perjuangan.

"Logo 11th ASEAN Para Games 2022 mampu menggambarkan kombinasi atas segala aspek yang mewakili semangat perjuangan serta kekuatan dalam mewujudkan terselenggaranya pesta olahraga Asia Tenggara untuk atlet-atlet penyandang disabilitas di tahun 2022 ini," kata putra dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo itu. 

"Di mana keris sebagai penanda kewibawaan yang harus dihormati menjadi lambang yang tepat bagi kewibawaan para atlet peserta para games di dunia secara umum dan 11th ASEAN Para Games 2022 secara khusus. Striving for Equality," lanjutnya. 

 

3 dari 4 halaman

Dimulai 30 Juli 2022

11th ASEAN Para Games 2022 adalah acara multi-olahraga dua tahunan yang akan datang untuk atlet penyandang disabilitas. Event bergengsi itu akan diadakan dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Ajang 11th ASEAN Para Games 2022 bakal diikuti 2.309 peserta yang terdiri dari 1.648 atlet dan 661 ofisial dari 11 negara di Asia Tenggara. Yakni Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

 

4 dari 4 halaman

14 Cabang Olahraga

11th ASEAN Para Games akan mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu blind judo, para badminton, para table tennis, para chess, para archery, para atletik, boccia, para powerlifting, para swimming, wheelchair tennis, wheelchair basketball, goalball, CP football, dan sitting volleyball.

Total 14 cabang olahraga ini akan digelar di empat belas venue di seputar kota Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang. Pengajuan diri Indonesia sebagai penyelenggara ASEAN Para Games 2022, didahului dengan pembatalan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2019 di Filipina dan mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022.

Video Populer

Foto Populer