Sukses


Manfaat Lingkungan Hidup Alami bagi Kehidupan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Lingkungan hidup adalah ruang yang ditempati suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan hidup memiliki beberapa fungsi yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup unsur-unsur di dalamnya. Lingkungan hidup yang baik akan membuat unsur-unsur di dalamnya hidup dengan nyaman dan harmonis.

Secara umum, lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam, yaitu lingkungan hidup alami dan buatan. Lingkungan hidup alami adalah lingkungan yang terdiri atas unsur abiotik, unsur biotik, organisme kecil, dan segala kondisi yang bekerja secara dinamis tanpa ada campur tangan manusia.

Lingkungan ini terbentuk karena proses alam. Di dalam lingkungan hidup alami, akan terjadi interaksi yang membentuk satu kesatuan sehingga disebut dengan ekosistem.

Lingkungan hidup alami ini terbagi menjadi dua macam, yaitu air dan darat. Adapun contoh lingkungan hidup alami perairan antara lain danau, laut, rawa, dan sungai.

Sementara itu, yang termasuk lingkungan hidup alami daratan ialah bukit, gunung, hutan, dan lembah. Semua lingkungan hidup alami tersebut memiliki manfaat bagi kehidupan. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini manfaat lingkungan hidup alami bagi kehidupan, dilansir dari laman dlh.semarangkota.go.id, Senin (13/6/2022).

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Lingkungan Hidup Alami

Sebagai Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Manfaat lingkungan utama lingkungan hidup alam ialah untuk perlindungan habitat unik dan keanekaragaman hayati lokal.

Satwa liar dan tumbuh-tumbuhan bergantung pada area alami yang tidak terganggu untuk makanan, tempat tinggal, dan reproduksi, sering kali dengan cara yang tidak selalu dikenali manusia.

Sebagai Penyedia Air

Semua makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, membutuhkan air untuk hidup. Maka itu, air menjadi satu di antara hal penting dalam kehidupan.

Jika kekurangan air, dapat dipastikan makhluk hidup menjadi lemas, sakit, bahkan bisa mati.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lingkungan Hidup Alami

Sebagai Penyedia Mikroorganisme

Mikroorganisme diperlukan untuk menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati. Melalui sebuah proses yang dilakukan oleh mikroorganisme, sisa-sisa tersebut akan menjadi tanah yang subur.

Sebagai Penyedia Oksigen

Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernapas. Sama halnya seperti air, jika kekurangan oksigen, makhluk hidup akan lemas, bahkan mati.

Sebagai Penyedia Sumber Daya Alam

Satu di antara contoh sumber daya alam yang ada di lingkungan hidup alami adalah gas alam dan minyak bumi.

Kedua sumber daya alam tersebut akan dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, gas alam dan minyak bumi akan diolah menjadi bahan bakar.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lingkungan Hidup Alami

Sebagai Penyedia Tanah

Bagi tumbuhan, tanah berfungsi sebagai tempat hidup. Bagi manusia, tanah berfungsi sebagai tempat untuk berkebun, berladang, bahkan mendirikan rumah.

Sebagai Sumber Makanan

Dalam lingkungan hidup alami terdapat berbagai unsur biotik dan unsur abiotik yang saling menguntungkan, seperti tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis, hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan, serta manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanan.

Sebagai Tempat Hidup

Lingkungan menjadi tempat bagi makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan untuk berpijak. Selain itu, lingkungan menjadi tempat untuk beraktivitas dan berinteraksi.

 

Sumber: Web Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer