Sukses


Daftar Makanan dan Minuman Penyebab Perut Kembung

Bola.com, Jakarta - Daftar makanan dan minuman penyebab perut kembung perlu Anda ketahui sehingga bisa melakukan antisipasi agar tidak terkena gangguan perut satu ini.

Perut kembung bisa membuat Anda tak nyaman. Perut kembung ditandai dengan sensasi tekanan berlebih dari dalam perut. 

Ada beberapa penyebab perut kembung, seperti dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Makanan atau minuman tersebut umumnya menghasilkan terlalu banyak gas di saluran pencernaan. Efeknya, perut terasa kembung dan tidak nyaman. 

Asupan garam berlebih juga dapat menyebabkan perut terasa kembung. Sebab, garam mengakibatkan cairan menumpuk atau tertahan sehingga perut menjadi kembung.

Penyebab perut kembung lainnya, seperti merokok atau makan terlalu cepat.

Lalu, makanan dan minuman apa saja yang bisa menyebabkan perut kembung? Dengan mengetahuinya, Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman tersebut secara bijak, yakni tidak berlebihan agar perut tetap aman terhindar dari rasa tak nyaman. 

Berikut daftar makanan dan minuman penyebab perut kembung, disadur dari Klikdokter, Senin (13/6/2022).

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penyebab Perut Kembung

1. Permen karet bebas gula

Permen karet bebas gula sebetulnya masih mengandung gula, yaitu gula alkohol. Gula ini merupakan bentuk dari karbohidrat yang sulit dicerna. Gula alkohol dapat memicu perut jadi kembung, khususnya ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Ketika berada di saluran pencernaan, gula alkohol akan difermentasi oleh bakteri, lalu melepas gas yang menyebabkan perut kembung, kram, nyeri, bahkan diare.

Untuk menghindari perut kembung akibat permen karet jenis ini, baca kemasan dan hindari bahan-bahan yang berakhiran “-ol”, seperti xylitol, manitol, sorbitol, maltitol, dan erythritol.

2. Permen

Sama halnya permen karet, permen biasa banyak mengandung gula alkohol yang memicu perut kembung.  Selain itu, mengisap permen berkali-kali menyebabkan Anda menelan udara lebih banyak. Akibatnya, udara terperangkap di pencernaan dan perut jadi kembung.

3. Bawang putih

Bawang putih masuk kelompok makanan yang sulit diserap dari saluran pencernaan ke dalam darah, atau justru tidak dapat diserap sama sekali. 

Lantaran penyerapannya buruk, makanan jenis ini menyerap air ke usus, lalu difermentasi oleh bakteri, dan mengakibatkan timbulnya gas di dalam usus.

Namun, jangan khawatir, tidak semua orang sensitif terhadap jenis makanan ini. Hanya Anda yang memiliki IBS atau sindrom iritasi usus besar saja yang harus ekstra hati-hati.

 

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penyebab Perut Kembung

4. Seporsi besar salad

Sebagian besar salad terdiri dari beberapa sayuran mengandung gas. Sayuran tersebut adalah kol, brokoli, kubis, jamur, dan bawang. 

Jadi, mengonsumsi salad dalam jumlah besar ditambah lagi dengan jenis sayuran yang mengandung gas, akan membuat perut terasa kembung.

5. Apel

Apel banyak dikonsumsi masyarakat. Buah ini mengandung serat tinggi, vitamin C, dan berbagai antioksidan yang terbukti memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Hanya, apel dapat menjadi penyebab perut kembung lantaran apel mengandung fruktosa (gula alami) dan seratnya dapat difermentasi di dalam usus menjadi gas.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai makanan penyebab perut kembung. Kacang mengandung gula kompleks yang disebut raffinose. Gula kompleks tersebut sulit dicerna sehingga akan dipecah oleh bakteri menjadi gas.

Namun, tidak semua kacang sulit dicerna. Kacang-kacangan yang sudah direndam air atau ditumbuk terlebih dahulu dapat mengurangi risiko perut kembung.

7. Popcorn

Popcorn bisa menjadi penyebab perut kembung. Pasalnya, satu porsi penyajian berondong jagung ini banyaknya setara 3-4 cangkir atau sama dengan ukuran 3-4 bola tenis. 

Lantaran porsinya besar dan memakan banyak tempat di dalam pencernaan, popcorn dapat menyebabkan perut kembung sementara. Kendati begitu, satu porsi popcorn hanya berisi karbohidrat yang jumlahnya sama dengan selembar roti tawar.

 

4 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penyebab Perut Kembung

8. Kopi hitam

Lantaran sifatnya asam, kopi hitam dapat menjadi penyebab perut kembung, terlebih jika Anda memiliki pencernaan yang sensitif. Tidak hanya itu, asam dari kopi juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Kopi hitam dapat menjadi iritan dan menyebabkan pembengkakan secara cepat. Menambahkan gula atau pemanis buatan ke dalam kopi hitam dapat membuat efek kembung ke perut menjadi lebih buruk.

9. Minuman berkarbonasi

Sebagian besar orang tahu kalau minuman berkarbonasi bisa menyebabkan perut terasa kembung. Efek berdesis saat membuka botol dan menuangkannya di gelas, membuktikan bahwa minuman tersebut mengandung gas, yaitu karbon dioksida.

Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah di bagian lambung, sebaiknya mengurangi konsumsi minuman berkarbonasi. Tujuannya, agar tidak banyak gas yang terperangkap di dalam saluran cerna yang memicu rasa tidak nyaman.

10. Produk olahan susu

Susu dan produk olahannya, seperti keju, yoghurt, dan es krim merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Susu umumnya mengandung protein, kalsium, dan gula laktosa.

Hanya, tidak semua orang bisa mencerna laktosa dengan baik. Saat mengonsumsi produk susu atau olahannya, seseorang bisa merasakan kembung karena meningkatkan gas di dalam perut. Kondisi ini bisa disebut sebagai intoleransi laktosa.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/10/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer