Sukses


Macam-macam Posisi Tidur yang Benar untuk Pengidap Asma

Bola.com, Jakarta - Memiliki waktu tidur yang cukup merupakan modal berharga untuk melakukan aktivitas di keesokan harinya. Akan tetapi, ada beberapa gangguan kesehatan yang terkadang membuat pengidapnya mengalami tidur tidak nyenyak, satu di antaranya adalah asma.

Asma merupakan suatu kondisi di mana saluran napas menyempit dan juga terjadi peradangan di sepanjang jalan napas yang menimbulkan cairan/dahak, dan mengganggu pernapasan. 

Saat asma sedang kambuh, pengidapnya biasanya akan mengalami gejala sesak napas dan napas yang berbunyi.

Tidak dimungkiri, ada banyak faktor yang bisa membuat penderita asma sulit mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Satu di antara faktor tersebut adalah posisi tidur.

Lantas, bagaimana posisi tidur yang benar untuk pengidap asma agar penyakit yang diderita tidak kambuh?

Berikut macam-macam posisi tidur yang benar untuk pengidap asma, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (13/6/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Posisi Tidur yang Benar untuk Pengidap Asma

1. Berbaring Telentang dengan Bahu dan Leher Terangkat

Pengidap asma bisa meletakkan dua, tiga, atau lebih bantal di bagian leher dan bahu saat tertidur. Hal ini bertujuan untuk melonggarkan saluran napas sehingga tidur tidak akan terganggu.

Bagi penderita asma mengalami gejala sinusitis di malam hari, tidur dengan meletakkan bantal di bawah bahu dapat memberikan dorongan gravitasi drainase. Hal ini membantu Anda untuk bernapas dengan mudah saat tidur.

2. Berbaring Miring ke Kiri dengan Bantal di Antara Kedua Kaki

Orang dengan asma disarankan untuk tidur miring ke kiri. Hal ini utamanya dilakukan jika pengidap asma memiliki gastroesophageal reflux disease (GERD), yang dapat memicu gejala di malam hari. 

Posisi miring ke kiri disarankan untuk penderita asma karena sirkulasi darah ke jantung lebih lancar. Dengan begitu, pasokan oksigen juga akan meningkat.

Berbaring miring ke kiri dengan kepala terangkat mungkin cukup untuk membuat Anda nyaman sepanjang malam. Namun, jika tidak, cobalah untuk menambahkan bantal di antara kedua kaki Anda.

Menambahkan bantal di antara kedua kaki dapat membuat tulang belakang Anda stabil sepanjang malam. Tindakan ini juga dapat memperbaiki postur tidur sehingga membuat Anda bernapas lebih mudah.

3. Berbaring Telentang dengan Kepala Ditinggikan 

Tidak nyaman dengan posisi tidur miring ke kiri? Jika ya, Anda bisa mencoba posisi tidur telentang dengan kepala dan bahu ditopang bantal.

Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi dapat meningkatkan sirkulasi dan menjaga tubuh Anda tetap stabil sepanjang malam. Jika perlu, Anda juga bisa meletakkan bantal tambahan di bawah lutut agar lebih nyaman.

3 dari 3 halaman

Posisi Tidur yang Tidak Disarankan untuk Pengidap Asma

Pembahasan di atas adalah posisi tidur yang benar untuk pengidap asma. Maka, di bawah ini adalah posisi tidur yang tidak benar dan tak disarankan untuk dilakukan oleh orang dengan asma:

1. Tidur Miring Ke Kanan

Tidur miring ke kanan tidak disarankan untuk pengidap asma karena dapat memperburuk gejala. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 1990.

Para peneliti menyimpulkan bahwa tidur miring ke sisi kanan dapat meningkatkan resistensi di saluran udara paru-paru saat bernapas di malam hari. 

Temuan tersebut didasarkan pada teori bahwa tidur miring ke kanan dapat meningkatkan tonus vagal, yang mengaktifkan sistem saraf parasimpatis sehingga menyebabkan penyempitan saluran napas. 

Meski begitu, teori itu tidak berlaku untuk semua orang. Jadi, mereka yang menderita asma harus bereksperimen guna mengetahui posisi tidur mana yang paling cocok untuknya.

2. Tidur Tengkurap

Beberapa pengidap asma merasa bahwa tidur tengkurap dapat membuatnya merasa lebih nyaman. Namun, posisi ini tidak cukup baik untuk dilakukan terus-menerus. 

Alasannya, posisi tidur tengkurap tidak membuat aliran udara bebas untuk masuk dan keluar ke paru-paru saat Anda tertidur.

3. Tidur Telentang Tanpa Bantal

Tidur telentang tanpa sanggahan dari bantal di belakang kepala, leher, atau bahu dapat memperburuk gejala asma saat Anda tidur.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 28/7/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer