Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar Voli Pantai yang Harus Dikuasai

Bola.com, Jakarta - Voli pantai merupakan satu di antara jenis dari permainan bola voli. Sesuai namanya, olahraga ini dimainkan di atas pasir pantai yang terdiri atas dua pemain dari dua tim yang saling berlawanan.

Perlu diketahui, voli pantai kali pertama dimainkan sekitar tahun 1920-an di California, tepatnya di sebuah kota bernama Santa Monica. Di Indonesia, voli pantai mulai masuk dan berkembang pada 1990-an.

Cara bermain voli pantai tidak jauh berbeda dengan permainan bola voli pada umumnya. Setiap tim harus mengirim bola melewati net dan menjatuhkannya ke sisi lapangan lawan dan untuk mencegah upaya yang sama dari lawan.

Praktiknya, tim yang bertanding hanya diperbolehkan melakukan tiga kali sentuhan sebelum mengembalikan bola melewati net.

Sementara untuk pemain tidak boleh menyentuh bola dua kali berturut-turut kecuali setelah melakukan blocking.

Meski sekilas kelihatan gampang, buat kamu yang berminat bermain voli pantai, wajib mengetahui teknik dasarnya. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai.

Berikut macam-macam teknik dasar voli pantai yang harus dikuasai oleh para pemain, dikutip dari laman Berpendidikan dan Seputarilmu, Senin (13/6/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Voli Pantai

1. Teknik Service

Serve adalah teknik memukul bola untuk menghidupkan permaianan. Dalam permainan voli pantai terdapat beberapa cara dalam melakukan servis, yaitu servis dengan ayunan tangan dari arah bawah ke atas, servis dengan ayunan tangan dari samping, servis dengan ayunan tangan dari atas, dan yang terakhir adalah jump smash.

Dalam melakukan serve ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemain sebelum melakukan serve, yaitu sikap badan, pandangan mata, dan waktu atau timing atau perkiraan waktu memukul bola serve.

2. Teknik Passing

Passing adalah teknik mengumpan bola kepada kawan untuk mengatur ritme bola sehingga saat akan menyerang sudah memiliki tumpuan bola yang akurat.

Dalam permainan bola voli pantai teknik ini diperlukan. Ada beberapa jenis passing dalam permainan bola voli pantai seperti passing bawah dan passing atas.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Voli Pantai

3. Teknik Smash

Smash adalah teknik memukul bola dengan keras dan menghujam tepat ke arah area pertahanan lawan untuk mendapatkan poin atau nilai. Untuk melakukan pukulan smash ini harus memperhatikan aspek awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan tubuh serta posisi lawan.

4. Teknik Blocking

Teknik bloking digunakan untuk meredam serangan lawan dengan menghalangi laju perputaran bola yang datang menuju area pertahanan. Teknik ini dilakukan di depan net atau jaring.

 

Sumber: Berpendidikan, Seputarilmu

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer