Sukses


Jokowi Serahkan Bonus Rp130,5 Miliar untuk Atlet Peraih Medali SEA Games 2021, Ini Perincian Nominalnya

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan bonus senilai Rp 130,5 miliar untuk para atlet yang berhasil membawa pulang medali di ajang SEA Games 2021. Seremoni penyerahan bonus dilakukan di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/6/2022). 

Para atlet berhasil menempatkan Indonesia di peringkat ketiga SEA Games 2021.

"Hari ini akan kita berikan, akan kita serahkan bonus penghargaan kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Kepada para atlet yang kita berikan kurang lebih Rp 130,5 miliar," kata Jokowi saat penyerahan di Istana Merdeka Jakarta, seperti dikutip dari Liputan6.com

Sementara itu, total bonus untuk pelatih dan asisten pelatih senilai Rp 32 miliar. Adapun Rp 130,5 miliar tersebut merupakan total bonus untuk semua atlet peraih medali emas, perak, dan perunggu di SEA Games 2021.

 

2 dari 5 halaman

Besaran Bonus

Atlet peraih medali emas tunggal mendapat bonus tertinggi yakni, Rp500 juta. Atlet peraih medali emas ganda mendapatkan Rp 400 juta, peraih medali perak tunggal Rp300 juta, peraih medali perak ganda Rp240 juta.

Kemudian, atlet peraih medali perak beregu mendapatkan bonus Rp210 juta, peraih medali perunggu tunggal Rp150 juta, peraih medali perunggu ganda Rp120 juta.

Selanjutnya, atlet peraih medali perunggu beregu mendapat bonus Rp105 juta.

 

3 dari 5 halaman

Berharap Jadi Inspirasi

"Semoga ini memberikan inspirasi, motivasi, kepada atlet-atlet yang lain nantinya di ajang internasional apapun bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," jelas Jokowi.

Jokowi mengaku bangga dan senang kepada para kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam 2021. Pasalnya, dari 408 dari 499 atlet yang dikirim berhasil meraih medali baik emas, perak, maupun perunggu.

"Artinya, 82 persen atlet yang kita kirimkan membawa medali pulang ke Tanah Air," ucap dia.

Seperti diketahui, kontingen Indonesia berhasil memenuhi target untuk menempati posisi ketiga pada SEA Games 2021 Vietnam.

Kontingen yang dipimpin Ferry Kono sebagai Chief de Mission (CdM) ini meraih total 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu pada SEA Games 2021 Vietnam.

 

4 dari 5 halaman

Target 3 Besar Terwujud

Sebelumnya, 9 Mei 2022 lalu, Jokowi mengaku sebetulnya ingin kontingen yang saat ini lebih ramping. Namun, lanjut dia, masyarakat ingin kontingen Indonesia dapat meraih prestasi dan medali sebanyak-banyaknya di SEA Games ke-31 Vietnam.

"Kita semuanya, masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia," jelasnya.

Jokowi pun berharap Indonesia dapat masuk ke tiga besar dalam SEA Games di Vietnam. Dengan seleksi yang sudah dilakukan dengan ketat, Jokowi meyakini prestasi itu dapat diraih oleh kontingen Indonesia.

"Memang bukan hal yang mudah, tetapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas," ujar Jokowi.

 

5 dari 5 halaman

Perincian Bonus SEA Games 2021

Medali emas tunggal: Rp500 juta 

Medali Emas Ganda: Rp400 juta

Medali Emas Beregu: Rp350 juta

Medali Perak Tunggal: Rp300 juta 

Medali Perak Ganda: Rp240 juta

Medali Perak Beregu: Rp210 juta

Medali Perunggu Tunggal: Rp150 juta

Medali Perunggu Ganda: Rp120 juta 

Medali Perunggu Beregu: Rp105 juta 

Sumber: Kemenpora 

Video Populer

Foto Populer