Sukses


Contoh Teks Ceramah Singkat Islami Penuh Makna

Bola.com, Jakarta - Ceramah merupakan satu di antara media dakwah dalam penyebaran agama Islam. Dalam isi ceramah biasanya mengajak berbuat kebaikan dan meninggalkan keburukan.

BACA JUGA: Ceramah Singkat Tentang Sholat Lengkap Dengan Dalilnya 

Kegiatan ceramah biasanya bisa didapati ketika melakukan salat Jumat, salat subuh, pengajian, majelis taklim, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Dalam menyampaikan ceramah biasanya bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun, biasanya diutamakan oleh seseorang yang sudah paham mengenai ilmu agama.

Ketika seseorang sedang memberikan ceramah, dia berharap pendengar bisa memahami apa yang disampaikan.

Hanya, banyak orang yang menganggap bahwa mendengarkan ceramah membosankan dan membuat ngantuk. Terlebih jika ceramah yang dibawakan terlalu panjang.

Dengan demikian, bagi Anda yang ingin menyampaikan sebuah ceramah, buatlah naskah sepadat mungkin dan semenarik mungkin.

Jika masih bingung dalam membuatnya, banyak sumber yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuat naskah ceramah.

Berikut contoh teks ceramah singkat Islami, yang bisa dijadikan sebagai referensi, seperti disadur dari Brilio, Selasa (14/6/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat Islami

Contoh Ceramah Singkat tentang Menjaga Kerukunan

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt. karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pentingnya menjaga kerukunan antarumat manusia.

Setiap manusia sebagai makhluk sosial, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Tidak mungkin ada seseorang yang mampu hidup sendirian di lingkungannya. Pastinya akan ada campur tangan orang lain di dalam kehidupannya.

Maka itu, Anda harus selalu berbuat baik dan tolong menolong antarmanusia. Hal ini bertujuan agar dapat terciptanya sifat rukun antarsesama manusia. Kerukunan tersebut dilakukan kepada saudara, teman, dan juga tetangga sekitar rumah. Dengan begitu akan tercipta kerukunan dan tidak mudah terpecah belah hanya karena salah paham.

Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat tentang menjaga kerukunan ini. Semoga kita bisa mengamalkannya dalam setiap kehidupan kita. Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

 

Contoh Ceramah Singkat tentang Salat

Assalamualaikum wr.wb

Allah Swt. akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan di mana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Para jamaah dan hadirin yang disayangi oleh Allah Swt., pada kesempatan hari ini, saya akan sedikit mengulas tentang salat. Salat merupakan bagian terpenting dalam agama Islam sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa salat adalah kekuatannya agama Islam.

Bukan hanya itu, salat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Dalam salat terdapat makna yang lebih dari kewajiban seorang muslim. Bahkan salat adalah bukti keimanan seseorang kepada Allah Swt. sehingga dapat dikatakan bahwa dalam membedakan umat Islam yaitu dari salat yang dikerjakannya.

Sebelum mengakhiri pertemuan kali ini, marilah kita sama-sama berdoa semoga dimasukkan ke golongan orang yang tidak melalaikan salat. Cukup sekian ceramah tentang salat wajib yang saya sampaikan.

Wassalamualaikum wr.wb

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat Islami

Contoh Ceramah Singkat tentang Menjaga Kebersihan

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt. karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pentingnya menjaga kebersihan.

Sebagaimana yang tertulis dalam sabda Nabi Muhammad saw. yang bunyinya yaitu, "Kebersihan merupakan sebagian dari iman". Hadis tersebut menyatakan bahwa setiap orang yang menjaga kebersihan dalam hidupnya maka ia termasuk pada orang yang beriman.

Bukan hanya itu, bahkan perintah Allah tentang kesucian atau bersuci pun sudah jelas. Misalnya saja ketika sehabis kita buang hajat maka kita wajib membersihkannya. Ketika kita mau melaksanakan salat maka wajib bagi kita melakukan wudu atau tayamum terlebih dahulu untuk membersihkan diri. Kita juga harus mandi janabah, setelah selesai junub.

Dengan bersuci maka otomatis kita dapat menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan. Allah menciptakan segala hal di bumi pasti ada sebab serta fungsinya, misalnya saja air. Air diciptakan untuk membersihkan diri kita dari segala macam kotoran. Maka banyaklah bersyukur jika Anda hidup di lingkungan yang tidak kekurangan air, dengan demikian kita selalu tampak bersih.

Air juga jadi satu di antara nikmat dari Allah yang harus kita jaga serta lestarikan dengan baik. Sekian penjelasan dari saya tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Semoga semua yang saya sampaikan hari ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum wr.wb

 

Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt. karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai kesabaran.

Sabar dalam Islam merupakan satu di antara dari sifat mahmudah, sifat terpuji yang perlu dan mesti terwujud dalam diri setiap umat Nabi Muhammad saw.

Sabar itu tidak hanya sekadar pasrah terhadap dari segala persoalan dan keadaan tanpa diiringi usaha. Allah Swt. menganjurkan semua umat manusia agar menjadikan sabar dan salat sebagai pembantu dan penolong dalam hidup dan kehidupan.

Sabar itu sikap menahan diri dari kesulitan, kesusahan dan menyikapinya sesuai ketentuan syariah Islam dengan menjaga akal, menjaga lisan dari perkataan yang tercelah dan menahan anggota badan dari perbuatan yang akan mendatangkan perbuatan yang akan mendatangkan dosa dan lainnya.

Untuk itu jalan terbaik untuk menghadapi berbagai macam urusan adalah sabar karena orang yang sabar akan memperoleh pahala yang besar dan jalan kemudahan dari Allah Swt.

Demikian yang bisa saya sampaikan, besar harapan agar hadirin sekalian melakukannya dengan benar. Wassalamualaikum wr.wb

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat Islami

Contoh Ceramah Singkat tentang Bersyukur

Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang Allah muliakan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas majelis ilmu singkat mengenai syukur. Syukur dalam penerapannya mempunyai banyak dimensi dan warna yang berbeda. Syukur dalam agama Islam mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati.

Kalau kita mau melihat fenomena kekacauan yang terjadi pada akhir zaman ini, kita akan mendapati bahwa satu di antara akar masalah dari kekacauan tadi adalah kurangnya rasa syukur yang dimiliki oleh manusia dan jauh dari mengingat kematian. Syukur yang benar pasti akan melahirkan perilaku yang baik dan tepat.

Allah berfirman tentang keharusan bersyukur dalam surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172, artinya seperti ini:

"Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar"

Dalam ayat satunya Allah berfirman yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya"

Dua ayat di atas secara jelas memerintahkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang Allah beri.

Selain itu, Rasulullah saw. bersabda: "Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan pula baginya." (HR. Muslim)

Dalam ayat yang lain surat An-Nisa’ dan Ibrahim Allah juga berfirman yang artinya:

"Allah tidak akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui"

Pada surat Ibrahim bunyinya seperti ini:

"Dan ingatlah ketika tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat"

Dari dua dalil Al-Qur'an di atas, jelas bagi kita pelajaran yang dapat dipetik, yaitu untuk selalu bersyukur disetiap keadaan yang menimpa kita. Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang mengingkari nikmat, sehingga mendapatkan azab dari Allah.

Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat mengenai syukur ini, semoga kita bisa mengamalkan syukur ini dalam setiap sendi kehidupan kita. Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Ceramah Singkat Islami

Contoh Ceramah Singkat tentang Kematian

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah Swt. karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Selawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi kita Nabi besar Muhammad saw., kepada keluarganya, sahabatnya, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai kematian.

Keyakinan orang beriman akan adanya kematian menyebabkan dirinya selalu berada dalam mode siap siaga. Kita memandang kematian sebagai suatu keniscayaan. Tidak seperti orang kafir yang selalu saja berusaha untuk menghindari kematian.

Marilah saudaraku, kita mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan segera bertobat memohon ampunan dan rahmat Allah ta'aala sebelum terlambat.

Kematian itu milik semua makhluk Allah, manusia, hewan, tumbuhan termasuk bangsa malaikat dan setan semuanya akan merasakan apa yang namanya kematian.

Kematian pula yang membuat hubungan antara orang-orang yang dicintai dan yang mencintai terpisahkan. Karena kematian, seseorang harus meninggalkan harta benda yang begitu dicintai, begitu dibanggakan dan begitu diagungkan dan sejumlah harta benda yang diklaim adalah miliknya sendiri.

Marilah kita senantiasa berada di jalan Allah Swt. agar kita kelak meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Semoga ceramah singkat tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum wr.wb

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Shofia Nida. Published: 9/12/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer