Sukses


5 Manfaat Gaya Hidup Sehat, Bisa Tingkatkan Mood dan Energi

Bola.com, Jakarta - Hidup sehat menjadi hal yang penting untuk dimiliki agar segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari tidak terganggu. Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan.

Pola hidup sehat harus didasari atas kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang beragam jenis penyakit.

Untuk bisa menerapkan pola hidup sehat memang bukan perkara mudah. Mengubah kebiasaan tidak hanya bermodal niat saja, tetapi juga perlu mencoba langkah-langkah pola hidup sehat.

Adapun gaya hidup yang diperhatikan, mulai makanan, minuman, nutrisi hingga rutinitas berolahraga. Yap, penerapan pola hidup sehat itu selalu berhubungan dengan faktor makanan.

Selain aspek makanan sehat dan bergizi, menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar juga penting. Caranya dengan olahraga secara teratur dan menghindari tubuh kelelahan.

Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan. Itulah mengapa, penting untuk menjaga pola hidup sehat.

Berikut ini beberapa manfaat gaya hidup sehat yang perlu diketahui, dilansir dari laman sariasih.com, Rabu (15/6/2022).

2 dari 6 halaman

Mengontrol Berat Badan

Manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan gaya hidup sehat di antaranya dapat membuat berat badan lebih terjaga. Penting untuk mengontrol dan menghindari asupan lemak, kolesterol, dan gula yang berlebihan.

Tidak hanya itu, olahraga teratur dan tidur yang cukup juga akan membantu kelancaran metabolisme tubuh dan membuat penyerapan gizi lebih maksimal.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Mood

Manfaat kedua dari hidup sehat adalah dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Hasil studi American Journal of Health Behavior, menyatakan gaya hidup sehat yang merupakan gabungan dari pengaturan makan yang lebih sehat, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.

Kebiasaan tersebut dapat membuat otak dan tubuh lebih sehat. Dampak baiknya, proses berpikir lebih lancar dan suasana hati lebih gembira.

4 dari 6 halaman

Mencegah Penyakit Berbahaya

Pola hidup sehat yang benar juga dapat menghindarkan diri dari risiko terjangkit beragam penyakit berbahaya. Tim Kesehatan dari Mayo Clinic menjelaskan mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat metabolisme dalam tubuh berjalan lebih maksimal.

Tubuh akan menerima asupan gizi secara merata sehingga masing-masing dapat bekerja dengan baik. Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan tak mudah mengalami berbagai macam penyakit berbahaya.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Energi

Aturan makan yang tepat dan sehat akan membantu peningkatan produksi energi yang ada dalam tubuh. Jika hal tersebut diimbangi dengan olahraga yang teratur dan istirahat cukup, dapat membantu memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh secara lebih optimal.

Tubuh pun akan memiliki pasokan energi yang cukup untuk melangsungkan aktivitas sehari-hari.

6 dari 6 halaman

Memperpanjang Usia

Manfaat terakhir dari gaya hidup sehat ini dapat diketahui dari tingginya angka harapan hidup. American Council melakukan studi selama delapan tahun.

Studi ini melibatkan 13.000 orang yang mana berhasil membuktikan bahwa orang yang rutin melakukan jalan kaki setiap 30 menit dapat memperpanjang kesempatan mereka untuk hidup lebih lama.

Jika hal itu diimbangi dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup maka proses regenerasi dan metabolisme sel menjadi lebih optimal. Tubuh pun lebih sehat dan tidak mudah sakit.

 

Sumber: Web Rumah Sakit Sari Asih

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer