Sukses


Jenis-jenis Kertas beserta Kegunaannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Berbagai jenis kertas yang ada di pasaran memiliki kegunaannya masing-masing. Berbagai jenis kertas tersebut juga memiliki ukuran, seperti berat dan ketebalan yang berbeda-beda.

Ukuran kertas biasanya disebut sebagai gramasi. Berbeda ukuran berbeda pula kegunaannya sehingga penting bagi kita untuk memilih kertas sesuai kebutuhan.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan cetak tulisan saja, ada beragam manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dari kertas.

Berbicara mengenai gramasi atau yang juga disebut gsm, makin tinggi gramasi maka akan membuat jenis kertas makin berat dan ketahanan kertas juga makin baik.

Gramasi akan berpengaruh terhadap tujuan penggunaan kertas, seperti kertas fotokopi yang akan baik jika menggunakan kertas dengan gramasi antara 60gsm hingga 100gsm.

Alhasil, sebelum memilih kertas yang akan dibeli, kamu perlu mengetahui lebih lanjut tujuan penggunaan kertas agar tidak salah beli.

Berikut jenis-jenis kertas beserta kegunaannya yang perlu diketahui, seperti disadur dari Kapanlagi, Rabu (15/6/2022).

2 dari 4 halaman

Jenis-jenis Kertas beserta Kegunaannya

1. HVS 

Jenis kertas yang pertama dan sering kali Anda jumpai yaitu kertas HVS. Kertas yang satu ini hampir selalu digunakan di berbagai jenis industri, mulai percetakan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Adapun ciri dari kertas HVS, yaitu memiliki permukaan yang kasar, berwarna putih, dan memiliki ketebalan 80gsm hingga 100gsm. Biasanya, kertas ini digunakan untuk kegiatan printing, fotokopi, membuat selebaran, dan masih banyak manfaat lainnya. 

2. NCR

NCR (No Carbon Required) merupakan jenis kertas yang dirancang untuk mentransfer informasi yang tertulis di bagian depan ke lembaran yang ada di bawahnya.

Umumnya, ciri-ciri dari kertas ini mirip dengan kertas HVS, tetapi tersedia dalam berbagai macam warna. Kertas ini biasanya digunakan untuk nota, kuitansi, serta bukti transaksi lainnya.

3. Art Paper 

Selanjutnya, jenis kertas yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat yaitu art paper. Jenis kertas art paper memiliki ciri khas permukaan yang halus dan licin.

Hal tersebut yang membuat jenis kertas ini tidak bisa digunakan untuk menulis. Biasanya, kegunaan dari jenis kertas yang satu ini, yaitu untuk flyer, katalog, serta voucher.

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Kertas beserta Kegunaannya

4. Art Carton

Hampir mirip dengan art paper, tetapi jenis kertas art carton ini memiliki bentuk yang lebih tebal. Tingkat ketebalan yang paling banyak digunakan adalah 210 gsm, 260 gsm, dan 320 gsm.

Dengan tingkat ketebalan tersebut, biasanya kertas ini kerap digunakan untuk membuat sampul buku, pamflet, katalog, dan lain sebagainya.

5. Ivory

Kertas ivory biasa ditemukan untuk membuat dan mencetak poster. Kertas ini hampir mirip dengan art paper dan carton, bedanya terdapat pada warna. Warna kertas ivory biasanya tidak seputih dan secerah kertas art paper atau art carton.

Selain itu, kertas ivory hanya memiliki satu permukaan yang licin. Tidak hanya untuk membuat poster, kertas ini juga cocok untuk mencetak buku agenda dan kertas kemasan produk. 

6. Glossy

Selanjutnya, jenis kertas yang perlu Anda ketahui, yaitu kertas glossy. Umumnya, Anda sering menjumpai kertas ini untuk keperluan mencetak foto. Adapun ciri dari jenis kertas glossy yaitu berwarna putih mengilap.  

Kertas ini memiliki beberapa jenis, seperti sticker photo paper yang biasanya digunakan untuk mencetak sticker. Selain itu, ada premium glossy photo paper yang biasa digunakan untuk mencetak foto berkualitas tinggi.

4 dari 4 halaman

Jenis-jenis Kertas beserta Kegunaannya

7. Buffalo   

Buffalo menjadi satu di antara jenis kertas yang mudah Anda temukan di pasaran. Ciri dari jenis kertas buffalo, yaitu mempunyai tekstur yang mirip guratan kayu dan permukaannya cukup kasar. Berat kertas ini 220 gram dan 250 gram.

Selain itu, kamu bisa menjumpai berbagai pilihan warna yang beragam. Kertas ini populer digunakan sebagai sampul jilid buku, map, serta berbagai bahan yang akan dijadikan kerajinan dari kertas. 

8. Duplex

Kertas duplex memiliki ciri khas cukup tebal dan aman untuk membungkus makanan. Tidak heran jika Anda sering menjumpai membeli makanan yang dibungkus untuk dibawa pulang menggunakan kertas duplex.

Kertas ini juga sering digunakan untuk kemasan kue maupun kemasan obat-obatan. Adapun ketebalan dari jenis kertas duplex, mulai 230 gram hingga 400 gram.

9. Asturo

Asturo merupakan jenis kertas yang tidak kalah populer dan sering Anda jumpai. Ciri dari kertas asturo yaitu memiliki tekstur tebal dan mempunyai warna berbeda di kedua sisinya, dan biasanya satu sisinya berwarna putih.

Kegunaan kertas ini untuk keperluan penjilidan hingga untuk bahan membuat kerajinan tangan. 

10. Kertas Concorde

Terakhir, jenis kertas yang sering digunakan yaitu kertas concorde. Kertas yang satu ini memiliki tekstur yang bergelombang serta akan memberikan kesan profesional dan berkelas pada hasil cetakan.

Biasanya kertas ini digunakan untuk sertifikat, piagam, dan kop surat. Adapun berat dari jenis kertas ini, mulai dari 160 gram hingga 250 gram.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dita Tamara. Published: 15/1/2021)

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer