Sukses


7 Manfaat Lingkungan Hidup Buatan bagi Kehidupan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Lingkungan hidup adalah ruang yang ditempati suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Lingkungan hidup memiliki beberapa fungsi yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup unsur-unsur di dalamnya. Lingkungan hidup yang baik akan membuat unsur-unsur di dalamnya hidup dengan nyaman dan harmonis.

Secara umum, lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam, yaitu lingkungan hidup alami dan buatan.

Lingkungan hidup buatan adalah lingkungan yang sengaja dibentuk oleh manusia dengan menggunakan teknologi, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern, untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ada beberapa jenis lingkungan hidup buatan yang sering dijumpai. Contoh lingkungan hidup buatan ialah jalan, pasar, taman, waduk dan masih banyak lagi.

Lingkungan hidup buatan tersebut memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat lingkungan hidup buatan bagi kehidupan, dilansir dari laman dlh.semarangkota.go.id, Kamis (16/6/2022). 

2 dari 3 halaman

Manfaat Lingkungan Hidup Buatan

1. Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik

Waduk sebagai satu di antara contoh lingkungan hidup buatan yang bermanfaat sebagai pembangkit tenaga listrik. Pembangkit ini akan mengalirkan listrik ke rumah-rumah, gedung-gedung, dan fasilitas umum lainnya sehingga penerangan dapat menyala, terutama pada malam hari.

2. Sebagai Sarana Edukasi

Banyak contoh lingkungan hidup buatan yang bermanfaat sebagai sarana edukasi, seperti sekolah, taman, kawasan industri, dan waduk.

Di lingkungan hidup tersebut, orang-orang dapat mempelajari banyak hal sehingga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

3. Sebagai Sarana Untuk Memenuhi Kebutuhan

Satu di antara tujuan dibuatnya lingkungan hidup buatan ialah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya kebutuhan pokok, tetapi kebutuhan hidup lainnya, seperti kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Dengan adanya lingkungan hidup buatan, makhluk hidup, terutama manusia, dapat memenuhi semua kebutuhannya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lingkungan Hidup Buatan

4. Sebagai Sumber Penghasilan

Manfaat lain adanya lingkungan hidup buatan bagi kehidupan adalah sebagai sumber penghasilan. Hal tersebut akan membuat perekonomian masyarakat dapat berjalan dan kesejahteraan hidup dapat meningkat.

5. Sebagai Tempat Pengembangan dan Penelitian

Lingkungan hidup buatan juga dapat digunakan sebagai tempat untuk melakukan pengembangan dan penelitian. Dengan dilakukannya kedua hal tersebut, kehidupan makhluk hidup akan makin berkembang.

6. Sebagai Tempat Rekreasi

Setiap orang membutuhkan hiburan dan waktu untuk bersantai. Satu di antara hiburan tersebut ialah pergi berekreasi. Lingkungan hidup buatan dapat memberikan sarana tersebut, seperti danau, taman, dan waduk.

7. Sebagai Tempat Penyimpanan Cadangan Air

Saat musim kemarau, biasanya banyak daerah yang mengalami kekeringan. Dengan adanya lingkungan hidup buatan, seperti danau dan waduk, kekeringan tersebut dapat diatasi karena ketersediaan cadangan air yang cukup.

 

Sumber: Web Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer