Sukses


6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

Bola.com, Jakarta - Dalam memelihara hewan peliharaan di rumah seperti kucing, kita perlu rutin menjaga kesehatannya agar tidak mudah terserang penyakit. Satu di antara caranya dengan memberikan suplemen minyak ikan.

Manfaat minyak ikan untuk kucing mungkin sudah tidak asing bagi para kalangan pencinta kucing. Manfaat minyak ikan dikenal sebagai suplemen yang paling populer untuk hewan peliharaan.

Manfaat minyak ikan untuk kucing didapatkan dari bahan utamanya, yaitu asam lemak eicosapentoaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA).

Pemberian minyak ikan yang dicampurkan pada makanan kucing tidak mengubah rasa sehingga kucing akan tetap lahap dalam menyantapnya.

Pemberian minyak ikan pada kucing bisa dilakukan kurang lebih dua kali dalam sehari. Bisa langsung diberikan pada kucing atau dicampurkan pada makanannya.

Lantas, apa saja manfaat minyak ikan yang bisa didapatkan oleh sahabat kecil berbulu Anda ini?

Berikut enam manfaat minyak ikan untuk kucing, seperti disadur dari Merdeka, Kamis (16/6/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

1. Baik Melindungi Jantung Kucing

Manfaat minyak ikan untuk kucing yang pertama adalah sebagai perlidungan organ jantungnya agar tetap sehat. Minyak ikan diketahui memiliki manfaat untuk jantung kucing peliharaan Anda.

Ini disebabkan kandungan omega-3 di dalam minyak ikan yang pada nantinya akan membantu meningkatkan kesehatan jantung untuk menormalkan detak jantung yang tidak teratur atau biasa disebut dengan fibrilasi atrium.

Bukan hanya itu saja, minyak ikan ini dapat berguna sebagai anti-koagulan dan mencegah terjadinya penggumpalan darah pada kucing. Ini akan sangat membantu, khususnya bagi kucing yang sedang memiliki penyakit jantung.

2. Perlambat Perkembangan Penyakit Ginjal

Manfaat kedua dari minyak ikan untuk kucing adalah dapat memperlambat perkembangan penyakit ginjal. Anda bisa memberikan minyak ikan untuk kucing yang sedang menderita penyakit ginjal.

Hal tersebut dikarenakan suplemen ini membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Menurunkan kehilangan protein yang tak diinginkan dalam urine.

Tak hanya itu, kandungan yang ada di dalam minyak ikan ini berguna untuk mengurangi produksi zat pro inflamasi yang pada nantinya akan memperburuk ginjal si kucing kesayangan.

Jadi, mulai sekarang, Anda bisa memberikan minyak ikan untuk kucing peliharaan yang menderita penyakit ginjal sehingga kucing akan tetap sehat dan sembuh dari penyakit yang dideritanya secara perlahan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

3. Tingkatkan Perkembangan Neurologis dan Fungsi Kognitif

Satu di antara manfaat dari minyak ikan untuk kucing ini ialah mampu meningkatkan perkembangan neurologis dan fungsi kognitifnya.

Sebuah studi dari A Hill's Pet Nutrition 2012 menemukan bahwa memberikan DHA pada anak anjing dan kucing mampu meningkatkan kemampuan mereka belajar dan mempertahankan ketrampilan tertentu.

Fungsi kognitif seekor kucing yang sudah menurun akan mampu diatasi dengan ditambahkannya minyak ikan.

 

4. Sembuhkan Rematik

Manfaat berikutnya dari pemberian minyak ikan untuk kucing adalah mampu menyembuhkan rematik. Minyak ikan akan bekerja menurunkan produksi prostaglandin kuat yang merangsang peradangan pada persendian.

Dijelaskan oleh Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascilar Biology bahwa prostaglandin ini merupakan autacoids lipid yang berasal dari asam arakidonat. Keduanya akan mempertahankan fungsi dari homeostatis dan memediasi mekanisme patogenik.

Hal itu juga termasuk inflamasi. Perlu diketahui bahwa anjing dan kucing yang sedang mengalami rematik bisa diberi minyak ikan sehingga mereka akan merasa lebih nyaman dan gesit jika dibandingkan mereka yang tidak diberikan suplemen sama sekali.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

5. Hilangkan Kulit Kering dan Bersisik

Menghilangkan kulit kering serta bersisik menjadi manfaat minyak ikan untuk kucing selanjutnya. Ini bekerja pada kucing yang memiliki alergi di bagian kulitnya.

Satu di antara manfaat minyak ikan untuk kucing, yakni mengurangi rasa gatal ketika ia sedang mengalami alergi. Jadi Anda bisa memberikan suplemen minyak ikan agar kulit kering dan bersisik pada kucing kesayangan sembuh dan hilang.

Hal itu disebabkan kandungan yang ada di dalam minyak ikan dapat melepaskan stimulator peradangan yang kuat. Zat stimulator ini disebut dengan sitokin.

6. Turunkan Kadar Trigliserida Darah

Minyak ikan untuk kucing juga dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah kucing kesayangan Anda. Dengan cara melengkapi makanan kucing memakai minyak ikan, akan membuat kadar trigeliserida berbahaya pada kucing menurun.

Hal ini penting pada hewan peliharaan yang menderita penyakit jantung dan hewan-hewan yang sedang mengalami radang di bagian ususnya, atau bahkan mengalami masalah pankreatitis.

Penambahan minyak ikan akan membantu mengatasi semua hal-hal tersebut dan tentunya akan membuat kucing Anda makin sehat.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Billy Adytya. Published: 3/7/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer