Sukses


Daftar Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalani aktivitas sehari-sehari, adakalanya kita merasakan 'badan lemas'. Kondisi ini serasa badan kita 'tak bertulang'. Akibatnya, aktivitas sehari-hari bisa terganggu.

Ada beberapa penyebab badan lemas, seperti kurang tidur atau justru tidur berlebihan, mengonsumsi jenis makanan tertentu (semisal gula dan kafein yang dikonsumsi berlebihan), serta adanya gangguan kesehatan tertentu.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan badan lemas, termasuk stres dan depresi, yang membuat pengidapnya seolah tak memiliki semangat.

Ada beberapa cara mengatasi badan lemas, satu di antaranya dengan mengubah pola makan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatas badan yang lemas.

Namun, perlu diketahui konsumsi makanan-makanan tersebut pada porsi yang dianjurkan setiap hari, serta diimbangi dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi.

Berikut daftar makanan yang bisa mengatasi badan lemas, disadur dari Klikdokter, Kamis (16/6/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

1. Daging merah tanpa lemak

Daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein yang baik. Protein itu merupakan zat gizi yang bisa membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda.

Dengan mengonsumsi daging merah tanpa lemak dalam jumlah cukup secara rutin dan teratur, badan lemas mungkin untuk dihindari.

Selain daging merah, Anda bisa mendapatkan protein dari telur, ikan, dan susu serta produk olahannya.

2. Tahu

Olahan kedelai ini mengandung zat besi dan merupakan sumber magnesium yang baik untuk kesehatan.

Dengan makan tahu secara rutin, Anda baru saja melakukan salah satu cara mengatasi badan lemas dengan cara alami.

3. Bayam

Bayam mengandung banyak gizi penghasil energi karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Konsumsi bayam dan sayuran lain seperti wortel atau brokoli dalam jumlah cukup secara rutin disebut mampu mencegah terjadinya badan lemas.

 

3 dari 4 halaman

Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

4. Gandum utuh

Gandum utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks, yang terbukti bisa menghasilkan efek kenyang lebih lama apabila dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Selain memberikan manfaat signifikan untuk saluran pencernaan, gandum utuh bisa dianggap sebagai makanan untuk badan lemas. 

Hal itu karena gandum utuh bisa memberikan pasokan energi, yang nantinya bakal membebaskan Anda dari jerat badan lemas.

5. Quinoa 

Quinoa mulai dilirik masyarakat masa kini dan dijadikan sebagai pengganti nasi. Wajar, karena quiona terbilang lebih sehat berkat kandungan karbohidrat kompleks, protein, serat, dan zat besi.

Dengan mengonsumsi quinoa pada porsi yang tepat dan secara teratur, badan lemas tidak akan datang menghampiri dan mengganggu aktivitas Anda.

6. Biji chia

Biji chia atau chia seeds memiliki kandungan protein, lemak dan serat dengan rasio yang tepat.

Dengan mengonsumsi biji chia dalam jumlah tepat secara rutin dan teratur, kandungan gizi di dalamnya bisa membantu mengatasi dan mencegah badan lemas.

7. Oatmeal

Oatmeal adalah sejenis biji-bijian yang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Hal ini berarti oatmeal dapat menjadi makanan yang baik untuk mengatasi badan lemas.

Beberapa oatmeal kemasan yang dijual di pasaran bahkan ada yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Asupan seperti ini baik untuk mencegah badan lemas.

 

4 dari 4 halaman

Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

8. Apel

Apel merupakan satu di antara sumber vitamin maupun mineral yang sangat baik dalam membantu tubuh menghasilkan energi.

Jadi, dengan makan apel segar dalam jumlah yang dianjurkan setiap hari, risiko badan lemas dan keluhan lainnya bisa ditekan.

9. Pisang

Pisang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh Anda. Buah berkulit kuning ini juga mengandung potasium dan serat, yang bisa menghasilkan rasa kenyang lebih lama.

Dengan makan pisang pada porsi yang tepat dan secara teratur, permasalahan badan lemas bisa teratasi.

10. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin, kalium, folat, likopen, asam amino, dan serat.

Tidak hanya baik untuk kesehatan saluran pencernaan, pepaya bisa membantu mengatasi badan lemas berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

11. Ubi

Ubi mengandung kadar kalium yang lumayan tinggi. Tidak heran, jenis umbi yang satu ini digolongkan sebagai makanan untuk badan lemas.

Meski begitu, Anda tetap harus membatasi porsi ubi yang dikonsumsi agar manfaatnya benar-benar optimal. Anda bisa mengolah ubi dengan cara dipanggang, rebus atau kukus.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/1/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer