Sukses


Bacaan Doa Pembukaan Acara dan Penutupan, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Berdoa merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan sebelum melakukan aktivitas maupun acara. Dengan membaca doa terlebih dahulu, harapannya apa yang akan dilakukan diberi keselamatan dan kelancaran.

Setiap umat beragama pasti telah mendapatkan pengertian betapa pentingnya berdoa dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Doa Pembuka dan Penutup Majelis Beserta Artinya

Doa pembuka acara biasanya dilakukan saat acara sudah dimulai dan semua tamu sudah datang. Acara pembukaan sering kali dimulai dengan membaca berdoa bersama-sama.

Namun, ada juga yang sesi khusus berdoa yang dipimpin oleh ahli agama atau orang yang ditunjuk panitia.

Tidak hanya pembukaan, saat penutupan acara juga ada sesi berdoa kembali. Sebagai umat muslim, tentu penting untuk mengetahui pembuka doa saat acara dan artinya.

Berikut ini bacaan doa pembukaan acara dan penutupan lengkap beserta artinya, disadur dari Merdeka, Kamis (16/6/2022). 

2 dari 7 halaman

Doa Pembukaan Acara Resmi

Apabila sedang mengadakan acara formal dan ingin membuka doa dengan ringkas dan singkat, berikut doa pembukaan acaranya.

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya:

Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga selawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

3 dari 7 halaman

Doa Pembukaan Pengajian

Berikut ini doa yang dibacaa saat pembukaan acara pengajian:

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya:

Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Selawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad saw. berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.

4 dari 7 halaman

Doa Pembukaan Acara Rapat

Berikut doa pembukaan acara rapat yang bisa dipanjatkan:

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya:

Puji syukur kepada Allah Swt. doa selawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada Rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.

5 dari 7 halaman

Doa Pembukaan Acara Majelis

Doa pembuka majelis biasanya dilakukan dengan membaca khutbatul hajah. Khutbatul hajah adalah doa di mana Rasulullah saw. senantiasa membacanya di banyak kesempatan.

Doa ini biasanya dibaca saat akan khotbah, ceramah, baik pada pernikahan, muhadharah (ceramah) ataupun pertemuan, mukadimah pidato serta pengajian. Sunah ini dilanjutkan para sahabat Rasulullah.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuwanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina. Man yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu anna muhammdan abduhuu warosuluh.

Artinya:

Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad hamba Allah dan utusan Allah.

6 dari 7 halaman

Doa Penutup Acara

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiini maa tuhawwinu ‘alaynaa mashooibad dunya.

Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatinaa maa ahyyaytanaa, waj’alhul waaritsa minnaa, waj’al tsa’rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurnaa ‘alaa man ‘aadaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa taj’alid dunyaa akbara hamminaa, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa.

Doa Penutup Acara

Allahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja’allahu Sahlan

Artinya:

Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami karena tidak ada yang mudah kecuali Engkau jadikan mudah.

7 dari 7 halaman

Doa Penutup Acara Majelis

Subhaabakallahumma wabihamdika ashadu anlaa ilaaha illa anta astagfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya:

Maha suci Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ani Mardatila. Published: 21/6/2021)

Dapatkan artikel doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer