Sukses


Contoh Teks MC dalam Acara Pengajian

Bola.com, Jakarta - Seminggu atau sebulan sekali biasanya umat muslim mengadakan kegiatan pengajian. Tidak hanya pengajian yang dilakukan kaum wanita, tetapi kaum pria juga kerap mengadakan acara tersebut.

Supaya acara pengajian dapat berjalan dengan kondusif, ada satu di antara orang yang diberikan amanah untuk menjadi pembawa acara atau MC (Master of Ceremony).

MC biasanya membuka acara, menyebutkan susunan acara, memperkenalkan pengisi acara yang akan tampil di atas panggung, dan berdialog dengan audiens.

Nah, saat MC membawa acara pengajian, sebelumnya MC harus mempersiapkan teks dengan baik dan benar. Tujuannya untuk meminimalkan kesalahan dalam menyampaikan susunan acara dan memandu kegiatan pengajian.

Bagi Anda yang mendapatkan kesempatan menjadi MC di acara pengajian, ada beberapa contoh teks MC acara pengajian yang bisa dijadikan rekomendasi.

Berikut ini beberapa contoh teks MC dalam acara pengajian, dikutip dari laman Sekolahnesia dan Pastiguna, Kamis (16/6/2022).

2 dari 3 halaman

Contoh Teks MC Acara Pengajian 1

- Pembukaan

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada yang terhormat ustad Muhammad Halim, ketua majlis taklim, panitia pengurus masjid, dan para hadirin yang saya hormati.

Sebagai umat muslim, mailah kita panjatkan syukur kepada Allah Swt. yang memberikan limpahan ramhat dan hidayah-Nya sehingga pada sore hari ini kita diizinkan untuk berkumpul dalam acara pengajian akbar tanpa adanya halangan. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kita sebagai bekal kehidupan di dunia dan juga di akhirat nanti.

Hadirin yang saya hormati,

Saya selaku pembawa acara, izinkan untuk membacakan susunan acara pada pengajian akbar sore hari ini, sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan surat Al-Baqarah oleh Nanda
  • Sambutan dari pemimpin pengajian yaitu bapak Aswar
  • Pengajian akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Halim
  • Doa

Demikian beberapa serangkaian acara pengajian pada sore hari ini. Sebelum kita masuk ke acara berikutnya, marilah kita membaca Basmalah bersama-sama.

- Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Acara kedua akan diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan akan dibacakan oleh saudara Nanda, kami persilakan. Terima kasih kepada saudara Nanda yang sudah membacakan ayat suci Al-Qur’an. Semoga Allah memberikan pahala yang berlimpah untuk kita semua, terutama bagi yang membacakannya.

- Sambutan dari Pimpinan Pengajian

Sebelum masuk ke acara inti, mari kita dengarkan sedikit sambutan dari pimpinan panitia pengajian, kepada Bapak Aswar, kami persilakan.

- Inti Acara

Kita akhirnya sampai di acara inti, ceramah pada sore hari ini akan disampaikan oleh ustad Muhammad Halim. Kepada Ustad Halim yang kami hormati, kami persilakan.

- Doa

Akhirnya kita sampai di pengujung acara, yaitu berdoa bersama dan akan dipimpin langsung oleh Ustad Halim. Sebelum kita berdoa bersama, saya selaku pembawa acara jika terdapat salah kata ataupun sikap yang tidak berkenan di hati Bapak Ibu sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada Ustad Halim untuk memimpin doa bersama, kami persilakan, dan sekaligus sebagai penutup acara pada pengajian sore hari ini. Wassalamualaikum Wr.Wb

3 dari 3 halaman

Contoh Teks MC Acara Pengajian 2

- Pembukaan Acara Pengajian

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalamualaikum Wr. Wb

Kepada saudara terhormat Bapak Muhammad Jaya,

Ketua pengurus masjid, para panitia dan hadirin yang kami hormati.

Sebelum mengawali acara pagi ini, mari panjatkan syukur sebesar-besarnya atas ke hadirat Allah Swt. Berkat-Nya, kita semua dapat menghadiri majlis taklim di pagi hari ini untuk memperoleh ilmu barokah dan bermanfaat. Semoga para hadirin yang berbahagia dan kita semua selalu diberikan kesehatan agar tidak ada halangan untuk mengejar ilmu-Nya.

Para hadirin yang dirahmati Allah,

Saya hadir sebagai pembawa acara sehingga izinkanlah untuk membaca rangkaian pengajian akbar pagi hari ini dengan tema "Takdir dan Nasib". Berikut susunan pengajian berdurasi dua jam, dimulai pukul 5-7 pagi:

  • Pembukaan acara pengajian.
  • Pelafalan ayat suci Al-Qur'an oleh ananda Yusmita.
  • Sambutan dari Bpk. Muhammad Jawa sebagai ketua pengurus masjid Al-Karomah.
  • Acara inti, yakni pengajian yang akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Bustomi mukarrom.
  • Pembacaan doa.

Demikian susunan acara pengajian di pagi yang cerah ini semoga berkah terlimpahkan. Untuk mengawali acara, mari kita semua yang hadir di majlis membaca basmallah terlebih dahulu bersama-sama.

- Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an

Acara kedua, yakni diisi pembacaan ayat suci yang akan dibacakan oleh ananda Yusmita Faraiza, anggota remaja masjid, tempat dan waktunya kami persilakan. (Setelah pembacaan ayat suci) Terima kasih atas pembacaan ayat suci yang merdu dan mampu menangkan hadirin yang ada di sini, semoga berkah makin berlimpah untuk kita semua.

- Sambutan Ketua

Sebentar lagi kita akan memasuki inti acara yang paling ditunggu, tetapi sebelumnya mari kita dengar sambutan ketua pengurus masjid. Kepada Bapak Muhammad Jaya, kami persilakan.

- Inti Acara

Akhirnya sampai di acara inti yang paling ditunggu, yakni ceramah bertema Nasib dan Takdir yang disampaikan oleh Pak Ustad Muhammad Bustomi, yang kami hormati. Silakan kepada beliau, kami persilakan.

- Penutup dan Doa

Kita sampai di pengujung acara setelah mendengarkan ceramah sekaligus doa yang bermanfaat dari Ustad Bustomi. Saya ucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya jika ada salah dan kurang yang kurang berkenan. Mari kita akhiri ceramah pagi ini dengan ucapan hamdalah bersama, semoga kita berkesempatan untuk bertemu lagi.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Sumber: Sekolahnesia, Pastiguna

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer