Sukses


Macam-macam Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Hari Jumat merupakan hari yang spesial dalam ajaran agama Islam, banyak keutamaan yang bisa dilakukan oleh umat muslim di hari yang mulia ini.

Banyak kejadian besar dalam Islam terjadi pada hari Jumat, seperti dilahirkannya Nabi Adam dan kiamat yang akan terjadi pada hari Jumat.

Dengan berbagai kejadian-kejadian tersebut ditambah dengan karunia Allah Swt. pada hamba-Nya, membuat hari Jumat menjadi hari yang sangat mulia.

Itulah mengapa, umat muslim dianjurkan untuk beribadah sebanyak mungkin pada hari Jumat karena pahala yang didapat akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Selain mengerjakan ibadah wajib, umat Islam dapat menunaikan beberapa amalan yang disunahkan pada saat hari Jumat tiba.

Berikut macam-macam keutamaan hari Jumat dalam agama Islam, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (17/6/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-macam Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam

1. Nabi Adam Diciptakan

Keutamaan hari Jumat yang pertama adalah penciptaan Nabi Adam. Rasulullah saw. menyebut, Nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan Allah Swt. pada hari Jumat dengan penuh kemuliaan. Berikut sabdanya:

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim).

2. Hari Suci bagi Muslimin

Keutamaan hari Jumat berikutnya yakni merupakan satu-satunya waktu suci di antara hari-hari lainnya. Maka itu, diwajibkan bagi para lelaki maupun wanita muslim untuk senantiasa beribadah kepada Allah dan meninggalkan urusan dunia seketika.

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS Al Jumu'ah 62:9).

3 dari 4 halaman

Macam-macam Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam

3. Pahala Dilipatgandakan

Pada hari Jumat, seluruh amalan yang telah dikerjakan seorang muslim akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt. Keutamaan hari Jumat yang satu ini disebut dalam firman Allah yang berbunyi, sebagai berikut:

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah:216).

4. Waktu Mustajab untuk Berdoa

Tak hanya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah, beribadah di hari Jumat juga merupakan waktu yang tepat untuk senantiasa meminta pertolongan-Nya. Sebab, hari Jumat disebut sebagai waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Berikut dalilnya:

"Pada hari jumat ada 12 jam. Di antaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di pengujung hari setelah Ashar." (HR. Abu Dawud)

4 dari 4 halaman

Macam-macam Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam

5. Dosa Terampuni

Keutamaan hari Jumat yang berikutnya adalah diampuninya dosa-dosa. Manusia memang tidak dapat luput dari kesalahan dan dosa. Maka itu, diampuninya dosa-dosa menjadi satu di antara keutamaan hari Jumat yang luar biasa.

"Barang siapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khobahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni." (HR. Muslim)

6. Terjaga dari Fitnah Kubur dan Tanda Khusnul Khotimah

Keutamaan hari Jumat dalam Islam yakni jika seseorang wafat pada malam hari Jumat atau siangnya maka ia mendapatkan tanda husnul khatimah. Allah Swt. pun akan membebaskan orang yang wafat di hari Jumat dari fitnah (azab) kubur.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur". (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

7. Akan Mendapatkan Pahala Setara Ibadah Satu Tahun

Keutamaan hari Jumat dalam Islam, yakni mendapatkan pahala setara ibadah satu tahun. Orang yang berjalan untuk salat Jumat akan mendapat pahala untuk tiap langkahnya, setara dengan pahala ibadah satu tahun salat dan puasa.

Aus bin Aus berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah". (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 20/10/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer