Sukses


Macam-Macam Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan jenis olahraga tim paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Jenis permainan bola besar tersebut digemari banyak orang dari berbagai kalangan dan tingkatan usia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Adapun tujuan utama permainan sepak bola ialah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyaknya-banyak dan mencegah gawang sendiri dari kebobolan. Untuk bisa memasukkan bola ke gawang lawan tentu tidak mudah.

Dalam bermain sepak bola tidak hanya mengutamakan fisik yang kuat dan cepat saja. Kemampuan dan strategi juga menjadi bagian penting dalam olahraga ini.

Ada beberapa taktik yang populer dalam permainan sepak bola. Bagi para pencinta atau pemain bola tentu penting mengatahui strategi terkenal di dunia sepak bola?

Berikut ini macam-macam taktik yang terkenal dalam sepak bola, disadur dari Liputan6, Jumat (17/6/2022). 

2 dari 6 halaman

Taktik dalam Permainan Sepak Bola

1. Verrou

Dalam bahasa Prancis, Verrou berarti rantai. Verrou merupakan gaya permainan sepak bola dengan pertahanan berlapis layaknya rantai baja. Taktik seperti ini berpusat pada pemain yang berkarakter sangat defensif.

Sang pencetus gaya permainan ini, Karl Rappen, berpikiran kunci kesuksesan dalam melakukan serangan berawal dari kukuhnya pertahanan. Gaya permainan ini populer di tahun 1950-an.

2. Jogo Bonito

Jogo Bonito berasal dari bahasa Portugis yang artinya permainan cantik. Gaya permainan Jogo Bonito identik dengan karakter permainan Timnas Brasil.

Dalam gaya permainan seperti ini, para pemain lebih banyak melakukan pergerakan lincah seperti menari-nari di lapangan untuk mengelabui lawan. Jogo Bonito juga sudah menjadi kebiasaan orang Brasil dalam bermain sepak bola.

Jogo Bonito mulai tenar pada 1950-an dengan ditandai kesuksesan Brasil menjuarai Piala Dunia 1958 dengan mengalahkan Swesia 5-2.

3 dari 6 halaman

Taktik dalam Permainan Sepak Bola

3. Kick and Rush

Kick and Rush berasal dari bahasa Inggris, yang berarti tendang dan serbu. Gaya permainan ini memadukan dua unsur, yaitu kekuatan dan kecepatan.

Charles Reep adalah orang pertama yang menerapkan gaya permainan ini. Biasanya, gaya permainan Kick and Rush dikombinasikan dengan umpan-umpan silang dari sektor sayap.

Dengan mengandalkan kecepatan dan fisik, akan banyak tercipta peluang mencetak gol. Tim-tim asal Inggris sering menggunakan permainan seperti ini.

4. Total Football

Gaya permainan ini identik dengan Timnas Belanda dan tim-tim asal negeri Kincir Angin tersebut, seperti Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven.

Total Football merupakan gaya permainan yang mengandalkan kolektivitas tim saat melakukan serangan dan bertahan.

Saat bertahan, pemain yang berposisi sebagai penyerang diwajibkan untuk membantu pertahanan, begitu pun sebaliknya. Jadi, strategi seperti ini memungkinkan setiap pemain melakukan perubahan posisi kapan pun dia mau.

Total Football muncul kali pertama dari pemikiran Rinus Michel dan mulai populer di masyarakat pada 1960 sampai 1970-an.

4 dari 6 halaman

Taktik dalam Permainan Sepak Bola

5. Catenaccio

Catenaccio merupakan gaya permainan yang memainkan bola di daerah pertahanan sendiri sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan serangan balik.

Catenaccio berasal dari bahasa Italia, yang artinya gerendel. Ciri khas taktik ini adalah man to man marking dan pemain yang berfungsi sebagai libero.

Gaya permainan semacam ini muncul berkat buah pemikiran dua orang asal Italia dan Argentina, yakni Nereo Rocco dan Franco Helenio Herrera. 

6. Tiki-taka

Saat masih menjadi pelatih Barcelona tahun 1988, Johan Cruyff, memperkenalkan taktik baru bernama Tiki-taka. Taktik tersebut sangat mengandalkan umpan-umpan pendek dengan pergerakan yang dinamis.

Para pemain harus memindahkan bola melalui beragam cara, serta mempertahankan penguasaan bola. Seiring berjalannya waktu, Louis van Gaal dan Frank Rijkaard yang pernah melatih Barcelona memodifikasi Tiki-taka.

Barcelona di era kepelatihan Pep Guardiola termasuk tim yang terkenal dengan taktik Tiki-takanya.

5 dari 6 halaman

Taktik dalam Permainan Sepak Bola

7. Parkir Bus

Kesal dengan permainan Tiki-taka, pelatih jenius Chelsea, Roberto Di Matteo, mencari cara untuk mematikan gaya permainan tersebut. Dia pun menemukan sebuah gaya permainan baru yang dinamai Parkir Bus.

Alasan dinamakan Parkis Bus karena gaya permainan ini ultra defensif yang menumpuk pemain di area kotak penalti sendiri. Hal itu dilakukan agar tidak ada bola yang masuk.

Biasanya, ada sembilan pemain yang berada di kotak penaltinya sendiri. Pemain yang berposisi sebagai gelandang, bahkan penyerang berada di kotak penalti. Mereka layaknya sebuah bus yang sedang terparkir di depan gawang.

8. Body Crash Football

Gaya permainan ini sangat mengandalkan fisik yang sangat keras. Body Crash Football sangat mengandalkan kekuatan serta ketahanan fisik para pemainnya.

Dalam gaya permainan seperti ini, tidak jarang kalau pemain bakal mempertahankan bola menggunakan tubuhnya. Biasanya, Body Crash Football menjadi gaya permainan andalan tim asal Afrika, Denmark, Swedia, dan Norwegia.

6 dari 6 halaman

Taktik dalam Permainan Sepak Bola

9. Tango

Tango merupakan gaya permainan yang identik dengan para pemain asal Argentina. Gaya seperti ini mengandalkan skill individu pemain dengan dipadukan kerja sama tim. Jika diperhatikan, Tango mirip dengan gaya permainan Jogo Bonito milik Brasil.

Namun, ada perbedaannya. Jogo Bonito lebih memanfaatkan kelincahan tubuh, Tango mengandalkan kelincahan serta kecepatan kaki pemainnya. Beberapa pemain yang sering menggunakan gaya permainan Tango adalah Diego Maradona, Lionel Messi, dan Sergio Aguero.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Cakrayuri Nuralam. Editor: Defri Saefullah. Published: 27/12/2014)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer