Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Dikuasai

Bola.com, Jakarta - Sepak takraw merupakan olahraga kombinasi dari permainan sepak bola dengan voli. Bagi masyarakat Indonesia, sepak takraw tentu bukan olahraga asing lagi.

Perlu diketahui, istilah sepak takraw berasal dari kata "sepak" yang berarti menendang dan "takraw" yang memiliki arti bola rotan.

Sepak takraw merupakan olahraga asli Melayu (Indonesia dan Malaysia) yang kemudian meluas sampai Semenanjung Indo-China (Filipina, Myanmar, Thailand dan China).

Dalam praktiknya, sepak takraw dimainkan oleh tiga orang tiap masing-masing tim. Sepak takraw tergolong jenis olahraga yang sulit dimainkan.

Pasalnya, saat bermain sepak takraw banyak mengandung unsur akrobatik, sehingga risiko terkena cedera pun lebih tinggi dibanding olahraga lainnya.

Maka itu, para pemain mesti memahami teknik dasar sepak takraw dengan benar agar tidak mengalami kesulitan saat bermain.

Nah, buat kamu yang tertarik mencoba bermain sepak takraw ada beberapa teknik dasar yang wajib dikuasai.

Berikut ini macam-macam teknik dasar sepak takraw, dikutip dari laman Dosenpintar dan Materibelajar, Senin (20/6/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Sepak Takraw

1. Sepak Sila

Sepak sila merupakan teknik menendang bola dengan menggunakan kaki, baik saat menerima atau mengumpan bola untuk menyelamatkan serangan dari lawan.

2. Menapak

Menapak merupakan teknik menendang bola yang menggunakan telapak kaki hal ini sering digunakan untuk melakukan smes ke pihak lawan sehingga tidak mampu menyelamatkan bola.

3. Sepak Kuda (Sepak Kura)

Sepak kuda merupakan teknik sepakan dengan menggunakan kaki bagian punggung sehingga dengan mudah untuk mengontrol dan memainkan bola, serta dapat menguasai dan menyelamatkan bola.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Sepak Takraw

4. Sepak Simpuh atau Sepak Badek

Sepak simpuh merupakan teknik sepakan menggunakan kaki bagian luar sehingga dengan mudah untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan hingga dapat mengontrol bola dangan mudah.

5. Sepak Cungkil

Sepak cungkil merupakan teknik sepakan terhadap bola dengan menggunakan kaki untuk mengambil bola jarak jauh sehingga dapat menghasilkan bola pantulan yang maksimal.

6. Main Kepala (Heading)

Main kepala atau heading merupakan teknik memainkan bola takraw menggunakan kepala sehingga dapat dengan mudah menerima bola pertama dari pihak lawan, terutama saat proses serangan.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Teknik Dasar Sepak Takraw

7. Mendada

Sebuah teknik dengan menggunakan dada untuk mengontrol bola. Teknik tersebut sering diterapkan sebagai tindakan mengontrol bola supaya bisa dimainkan kembali.

8. Memaha

Teknik memaha merupakan teknik memainkan bola dengan memakai paha sebagai usaha mengontrol bola, teknik ini biasanya dipakai untuk menahan, menerima serta menyelamatkan bola dari serangan lawan.

9. Membahu

Teknik membahu merupakan teknik memainkan bola dengan memakai bahu, sebagai usaha pertahanan dari serangan lawan secara mendadak.

 

Sumber: Dosenpintar, Materibelajar

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer