Sukses


Contoh-Contoh Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Kerja sama adalah bentuk usaha bersama antarindividu ataupun kelompok demi mencapai tujuan yang diinginkan. Kerja sama dapat tercipta apabila setiap individu tersebut akan saling bahu-membahu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Seperti diketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan. Maka itu, kerja sama menjadi sikap yang perlu dimiliki setiap orang.

Semangat kerja sama harus ditanamkan siapa saja dan di mana saja, terutama di lingkungan masyarakat. Dengan adanya kerja sama yang baik tentu akan tercipta kerukunan dan kekompakan antarmasyarakat.

Ada banyak contoh kerja sama di lingkungan masyarakat yang bisa dipraktikkan. Apa saja contoh-contohnya?

Berikut ini kumpulan contoh kerja sama di lingkungan masyarakat yang bisa dipraktikkan, dilansir dari Jumanto, Senin (20/6/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat

Kerja Bakti

Kerja bakti merupakan kegiatan yang sering dilakukan saat hari libur di sekitar tempat tinggal. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama dan bergotong royong.

Kerja bakti memiliki tujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan asri. Cara ini juga bisa membantu menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Gotong Royong Membangun Rumah

Gotong royong membangun rumah biasanya dilakukan di wilayah pedesaan. Bagi orang Jawa, dulu kita sering mendengar cerita bahwa untuk membangun rumah tidak perlu sewa tukang, tetapi cukup dilakukan dengan gotong royong.

Gotong royong membangun rumah di lingkungan masyarakat biasanya dilakukan saat memasang genteng. Selain membangun rumah, gotong royong juga dilakukan saat membuat fasilitas umum yang ada di desa.

3 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat

Musyawarah RT Atau RW

Musyawarah merupakan aktivitas yang dilakukan untuk mengatasi suatu permasalahan. Dengan bermusyawarah dan berkumpul, permasalahan yang ada bisa dicari solusinya secara bersama.

Musyawarah tersebut bisa dilakukan saat malam hari, perkumpulan di hari tertentu, atau dengan undangan resmi kepada anggota masyarakat.

Merawat Orang Meninggal

Contoh bentuk kerja sama yang paling sering dijumpai di lingkungan masyakat ialah bekerja bersama saat ada tetangga yang meninggal dunia.

Saat ada tetangga meninggal dunia, anggota masyarakat lainnya ikut membantu membuat tenda, tempat pemandian, memandikan jenazah, mengafani, menggali kubur, hingga prosesi pemakaman selesai.

4 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat

Menaman Pohon Bersama

Menanam pohon dilakukan untuk menjaga kelestarian alam. Dengan menanam pohon, masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan bisa terhindar dari bahaya tanah longsor.

Menanam pohon juga bisa dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pinggiran pantai. Dengan menanam tanaman bakau, bisa mengurangi abrasi di pinggiran pantai.

Bekerja Sama Membangun Jalan

Agar kegiatan perekonomian makin mudah, masyarakat bisa kerja bakti membangun jalan sehingga akses ke desanya menjadi makin mudah.

Jika akses mudah maka pengiriman barang menjadi lebih mudah dan kegiatan ekonomi bisa berjala lancar. Selain jalan, penting juga membangun jembatan dan fasilitas umum lainnya.

5 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama di Lingkungan Masyarakat

Menjaga Keamanan Daerah

Baik di pedesaan maupun perkotaan, kegiatan ronda bisa menjadi satu di antara bentuk kerja sama dalam lingkungan masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan.

Kegiatan ronda di wilayah pedesaan biasanya dibagi dalam jadwal-jadwal per kelompok.

Membersihkan Lingkungan dan Jalan

Untuk menjaga kesehatan, masyarakat bisa secara rutin melakukan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah, jalan umum yang ada di desa, membersihkan rumput yang tinggi, dan membuang sampah-sampah yang berserakan.

 

Sumber: jumanto.com

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer