Sukses


Jenis-Jenis Teks Berita, Lengkap beserta Penjelasannya yang Perlu Dimengerti

Bola.com, Jakarta Teks berita adalah teks yang berisi informasi kepada masyarakat mengenai suatu peristiwa atau kejadian aktual dan faktual.

Dikatakan faktual karena teks berita ditulis berdasarkan kenyataan. Sementara itu, aktual merupakan informasi yang baru saja terjadi.

Jadi, teks berita berisi mengenai segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat luas saat itu.

Teks berita ditulis oleh seorang jurnalis atau wartawan. Adapun penyampaian informasi teks berita dapat dilakukan melalui berbagai media seperti siaran radio, artikel di website, media cetak dalam bentuk koran, atau dibacakan pada berita televisi.

Setelah memahami definisi teks berita, kamu juga perlu mengetahui jenis teks berita yang ada dalam dunia jurnalistik. Apa saja jenis-jenis teks berita?

Berikut ini jenis-jenis teks berita yang perlu dimengerti, dikutip dari laman Pakdosen dan Dosenpendidikan, Selasa (21/6/2022).

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Teks Berita

1. Straight News

Straight news atau berita langsung merupakan jenis berita yang biasanya ditulis secara to the point, lugas, dan ringkas. Straight news berisi informasi tentang peristiwa terkini/terbaru (aktual), terhangat, dan menarik.

Jenis berita ini biasanya ditemui pada halaman depan koran atapun surat kabar. Jenis teks berita straight news terbagi menjadi dua macam, yakni:

  • Hard News

Berita yang sangat penting, terupdate, ataupun terbaru (aktual) harus segera disampaikan kepada masyarakat.

  • Soft News

Berita ringan/lunak biasanya memberikan informasi mengenai kisah-kisah kemanusiaan.

2. Opinion News

Opinion news merupakan berita pendapat atau opini yang berisikan laporan pandangan seseorang mengenai suatu hal, ide kreatif, pemikiran ataupun komentar terhadap sesuatu yang penting.

Berita opini ini biasanya berasal atau bersumber dari para ahli, cendikiawan, profesor, atau pejabat mengenai suatu masalah atau peristiwa. Contoh dari opinion news adalah pendapat dari pengamat ekonomi mengenai turunnya harga rupiah di dunia.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Teks Berita

3. Interpretative News

Jenis berita ini merupakan perkembangan dari straight news. Dalam Interpretative News terdapat penambahan infromasi latar belakang, wawancara dengan berbagai sumber, serta menambah data-data terkait.

Data-data yang lengkap tentu menjadikan berita menjadi utuh, lebih detail dan lebih lengkap.

4. Depth News

Depth news (berita mendalam) adalah berita yang dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan. Unsur berita yang ditekankan adalah “Mengapa” atau “Why” (mengapa suatu peristiwa bisa terjadi), “Bagaimana” atau “How” (bagaimana peristiwa itu terjadi, detail peristiwa), dan So what (lalu bagaimana dampaknya atau bagaimana selanjutnya?).

Tujuan depth news adalah untuk lebih mengangkat sebuah masalah secara mendalam. Contoh: Ibu kota Jakarta selalu dilanda banjir setiap kali musim penghujan datang.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Teks Berita

5. Investigation News

Investigation News adalah berita yang dikembangkan berdasarkan sebuah penyelidikan atau penelitian dari berbagai sumber yang ada. Unsur utama liputan penyelidikan karena adanya dugaan penyelewengan yang merugikan publik.

Wartawan dalam hal ini menempatkan diri sebagai watchdog dan melakukan “penyelidikan” untuk mencari kebenaran (fakta) yang tersembunyi.

Wartawan yang melakukan investigation news terkadang harus menyamar layaknya intel. Kode etik membolehkan wartawan menyembunyikan identitas dalam melakukan kerja jurnalisme investigatif.

 

Sumber: Pakdosen, Dosenpendidikan

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer