Sukses


Contoh-Contoh Teks Berita Singkat dari Berbagai Tema, Lengkap dengan Unsur 5W+1H

Bola.com, Jakarta Istilah teks berita tidak asing ditelinga kita. Kita kerap membaca atau mendengar teks berita baik melalui siaran radio, televisi, bahkan disuguhkan lewat media koran dan artikel di website.

Lantas, apa yang dimaksud dengan teks berita? Teks berita adalah suatu jenis teks berisi laporan kejadian, peristiwa, atau informasi yang bersifat aktual dan faktual. Selain itu, infromasi yang disampaikan dalam teks berita harus dimulai dengan fakta.

Sebuah teks berita dapat dikatakan baik dan benar apabila mengandung unsur 5W+1H. Hal iniĀ agar informasi yang disampaikan tersampaikan dengan baik kepada para pendengar atau penonton.

Dengan mengandung unsur tersebut, teks berita menjadi aktual, faktual dan dapat dipercaya. Unsur 5W+1H merupakan singkatan dari kata tanya dalam bahasa Inggris seperti What, Who, When, Why, Where, dan How.

Dalam bahasa Indonesia unsur tersebut dinamakan "ADIKSIMBA", yakni singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Berikut ini contoh teks berita singkat, lengkap dengan unsur 5W+1H dari berbagai tema, dikutip dari laman Sahabatnesia dan Pintarnesia, Selasa (21/6/2022).

2 dari 6 halaman

Diduga Lalai Matikan Lilin, Seisi Rumah Hangus Terbakar

Kemarin malam, tepatnya pada pukul 22.14 WIB telah terjadi sebuah peristiwa tak terduga di wilayah kompleks perumahan Griya Jaya Bekasi. Peristiwa tak terduga tersebut menimpa keluarga Pak Andi, di mana rumah milik mereka hangus terbakar dilalap si jago merah. Penyebab terjadinya kebakaran diduga karena sang pemilik rumah menaruh lilin di atas lemari kayu.

Beruntung bagi pemilik rumah karena musibah tersebut tidak memakan korban jiwa. Hal ini dikarenakan saat terjadinya kebakaran Pak Andi sedang menghadiri tahlilan di rumah tetangganya. Sementara itu, sang istri juga tidak ada di rumah karena sedang pulang kampung. Meskipun tidak ada korban jiwa, peristiwa ini tetap saja mengakibatkan kerugian materi hingga 800 juta rupiah.

3 dari 6 halaman

Rem Blong, Mobil Ferrari Mewah Hantam Pembatas Jalan

Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali tepatnya pada malam hari, 4 Maret 2015. Kecelakaan ini dialami sebuah mobil mewah yang dikendarai seorang anak muda bernama Agus.

Penyebab utama kecelakaan mobil ini karena sang pengemudi berkendara dengan kecepatan di atas 120 km/jam. Saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi, pengemudi tiba-tiba tidak bisa mengendalikan mobilnya karena rem yang blong.

Akibatnya, mobil Ferrari bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak pembatas jalan. Untungnya sang pengemudi dapat segera diselamatkan dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

4 dari 6 halaman

Positif COVID-19, Praveen/Melati Batal Bertanding di German Open 2022

Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti batal bertanding di German Open 2022 karena terkonfirmasi positif COVID-19. Kabar ini dikonfirmasi oleh Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin. Keduanya dikonfirmasi positif COVID-19 menjelang keberangkatan pada Jumat (4/3).

Selain Praveen dan Melati, pasangan ganda campuran lainnya yakni Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuella Widjaja juga dikabarkan positif COVID-19. Sementara pelatih mixed doubles PB Djarum, Vita Marissa dinyatakan negatif COVID-19.

Selain German Open, dua pasangan tersebut juga dijadwalkan akan bertanding di dua seri Eropa lainnya, All England dan Swiss Open 2022. Namun pembatalan keikutsertaan keempat atlet tersebut baru dilakukan untuk ajang German Open 2022.

5 dari 6 halaman

Waspada Cuaca Ekstrem di Musim Hujan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bogor, Jawa Barat, memperkirakan puncak cuaca ekstrim akan berlangsung pada bulan Januari hingga Maret mendatang. Selain hujan badai, cuaca ekstrim juga akan berpotensi terjadi puting beliung.

Dari pantauan citra satelit setempat, wilayah Bogor dinilai rawan terjangan puting beliung karena berada di tengah himpitan Gunung Salak dan Pangrango. Masyarakat diminta waspada terhadap gejala kilatan petir awal pada sore hari sebagai penanda potensi angin ribut.

Untuk mengantisipasi ancaman bahaya pohon tumbang, Dinas Pertamanan Kota Bogor mulai gencar memangkas dahan dan ranting pohon disepanjang jalur utama. Pepohonan besar berusia tua juga ditebang lantaran kondisi batangnya keropos. Selain itu, posko kebencanaan juga disiagakan untuk mempercepat sistem komunikasi.

Dalam kondisi seperti ini, sayangnya teknologi yang dimiliki BMKG Indonesia saat ini belum mampu memprediksi kemunculan puting beliung karena diameternya kurang dari 1 km. Sedangkan radar dan citra satelit BMKG hanya mampu mendeteksi awan cumulonimbus di atas diameter 4 km.

6 dari 6 halaman

Jelang Imlek, Warga China Gelar Beragam Tradisi Menarik

Tanggal 10 Februari 2008 tinggal dua hari lagi. Bagi masyarakat etnis China, tanggal tersebut adalah hari yang spesial.

Tepat pada tanggal tersebut mereka akan merayakan hari raya Imlek 2559 yang disebut tahun tikus dalam penanggalan China. Ada tradisi menarik yang dilakukan oleh warga keturunan China sebelum Imlek dimulai yaitu membersihkan vihara.

Potret inilah yang terlihat di Vihara Danagun Kota Bogor. Puluhan warga etnis China bahu membahu membersihkan berbagai perabotan Vihara tidak terkecuali patung dewa.

Patung-patung tersebut akan dimandikan secara khusus dalam sebuah ritual tahunan. Sebagai wujud kegembiraan, mereka juga memasang berbagai pernak-pernik khas Imlek di jalanan sekitar vihara.

Kemeriahan menjelang tahun baru juga terlihat di kota Semarang. Akan tetapi, warga China di Semarang memiliki cara yang berbeda untuk menyambut datangnya Imlek.

Pada momen menjelang Imlek mereka menggelar sebuah pasar tumpah di daerah Pecinan yang dikenal dengan nama Pasar Semawis. Ketika pasar dibuka beragam pertunjukkan khas China mulai ditampilkan.

Satu di antara pertunjukkan yang paling ditunggu oleh para penonton adalah atraksi barongsai. Tidak hanya berbagai pertunjukkan khas China, acara ini juga menyuguhkan beragam budaya masyarakat setempat.

Ā 

Sumber: Sahabatnesia, Pintarnesia

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer