Sukses


8 Manfaat Olahraga Skipping bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta Skipping atau lompat tali merupakan satu di antara olahraga kardio yang digemari banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Praktiknya, Skipping merupakan suatu aktivitas penggunaan tali yang dipegang dengan kedua tangan lalu diayunkan melewati kepala hingga kaki sambil melompatinya.

Jika Anda tertarik memainkan olahraga skipping, alat yang dibutuhkan cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan tali karet atau tali skipping.

Gerakan skipping juga tidak sulit untuk dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa memainkan skipping kapan pun dan di mana pun.

Rutin melakukan skipping dapat membuat Anda merasakan beberapa manfaat baik bagi kesehatan. Satu di antara manfaat skipping yang paling utama adalah mampu membakar banyak kalori.

Tak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain baik bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan skipping.

Berikut ini sederet manfaat olahraga skipping bagi kesehatan tubuh, yang perlu Anda ketahui, disadur dari laman Liputan6, Selasa (21/6/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Skipping bagi Kesehatan Tubuh

1. Efektif Membakar Kalori

Sebuah penelitian menemukan skipping bisa membantu meningkatkan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh.

Melakukan skipping selama 10 menit dengan intensitas tinggi dapat dianggap setara dengan berlari delapan menit dan dapat membakar hampir 1.200 kalori dalam satu jam.

Mulailah dengan sesi pendek skipping 2-3 menit setiap harinya. Kemudian tingkatkan durasi dan intensitas untuk latihan selanjutnya.

2. Efektif Menurunkan Berat Badan

Skipping selama 30 menit dapat membakar 300 kalori. Anda perlu melakukannya secara konsisten dan mengurangi 400 kalori dari asupan makan harian.

Walaupun tampak sulit, Anda akan merasakan manfaat sempurnanya dari olahraga skipping.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Skipping bagi Kesehatan Tubuh

3. Membentuk Tubuh

Rutin berolahraga skipping dapat menjadikan otot tubuh terbentuk. Otot bagian kaki akan semakin kencang, tapi tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga menambah keindahan pada kaki.

Otot pada lengan juga akan terbentuk karena skipping. Manfaat ini didapat karena tangan kerap bergerak dan menjadi poros saat tali berputar.

4. Menambah Tinggi Badan 

Olahraga ini dianggap efektif menambah tinggi badan karena gerakan melompat yang memperkuat kaki dan membuatnya menjadi lebih panjang. Tak heran banyak orang yang menjadikan skipping sebagai satu di antara program untuk meninggikan badan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Skipping bagi Kesehatan Tubuh

5. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Skipping akan melatih otot dan tulang, terutama di daerah tungkai bawah. Apabila skipping dilakukan secara teratur selama setidaknya enam bulan, maka kepadatan tulang akan meningkat secara signifikan.

Secara jangka panjang, kepadatan tulang yang baik akan membantu menunda bahkan mencegah osteoporosis di kemudian hari.

6. Mengoptimalkan Energi dalam Tubuh

Skipping mampu membantu seseorang untuk menambah energi di dalam tubuhnya. Hal ini dikarenakan skipping dilakukan dengan menggunakan energi.

Skipping pun mampu membiasakan tubuh mengeluarkan energi yang tersimpan di dalam sehingga bisa mengoptimalkan energi di dalam tubuh di kemudian hari.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Skipping bagi Kesehatan Tubuh

7. Membasmi Racun dalam Tubuh 

Melakukan skipping juga bisa membantu membuang semua racun dalam tubuh. Racun merupakan penyebab utama seseorang mudah terserang penyakit. Untuk itu, Anda perlu rutin skipping untuk membasmi racun dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mental

Sebuah studi menemukan orang-orang yang menjalani olahraga aerobik secara teratur seperti skipping diketahui memiliki kesehatan mental yang baik.

Hal ini dikarenakan skipping dapat membuat seseorang menyalurkan energi dan pikiran secara positif. Skipping juga dapat membuat Anda lebih tenang, tidak mudah cemas, dan tidak cepat terbawa emosi.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Nisa Mutia Sari, Editor Fadila Adelin. Published: 26/12/2019)

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer