Sukses


Macam-Macam Keutamaan Salat Sunah Duha yang Didapat Umat Muslim

Bola.com, Jakarta Selain ibadah salat wajib lima waktu, ada juga ibadah salat sunah yang dianjurkan untuk dilakukan. Salat sunnah ada banyak jenisnya, satu di antaranya salat duha.

Salat sunah duha diyakini umat muslim sebagai ibadah sunah yang dapat memudahkan rezeki bagi siapa saja yang mengerjakannya.

Salat sunah ini dilaksanakan pada waktu duha (pagi hari) ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbitnya hingga menjelang zuhur.

Adapaun salat sunah duha dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan terbanyak 12 rakaat.

Ternyata, masih banyak yang belum mengetahui keutamaan salat sunah yang satu ini. Lalu, apa saja keutamaan salat sunah duha bagi yang mengerjakannya?

Berikut ini macam-macam keutamaan salat sunah duha yang bisa didapatkan setelah menjalankannya, dikutip dari laman dompetdhuafa.org, Kamis (23/6/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Sunah Duha

1. Salat Duha Seperti Sedekah

Dalam hadis berikut, Rasulullah menyampaikan bahwa pahala dan kebaikan salat duha seperti pelaksanaan sedekah. Setiap ucapan dan zikir yang kita lantunkan adalah mencegah kemungkaran. Tentu hidup seperti ini akan menjadi penuh keberkahan.

Rasulullah saw. bersabda, "Setiap sendi tubuh setiap orang di antara kamu harus disedekahi pada setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahmid (Alhamdulillah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahlil (La ilaha illallah) sama dengan satu sedekah, satu kali takbir (Allahu Akbar) sama dengan satu sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Semua itu dapat dicukupi dengan melaksanakan dua rakaat salat duha." (HR. Muslim dan Abu Dawud).

2. Dibangunkan Istana di Surga

Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa salat duha 12 rakaat, maka Allah Swt. akan membangunkan baginya istana dari emas di surga." (HR. Ibnu Majah).

Sebagai seorang muslim, tentu kita sangat berharap bisa masuk ke dalam surga. Bagi mereka yang melaksanakan salat duha, apalagi dilakukan secara konsisten Allah akan membangunkannya istana dari emas di surga. Kita bisa melihat ini bukan saja kebahagiaan berupa harta benda, tapi betapa besar penghargaan Allah kepada kita.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Sunah Duha

3. Diampuni Dosa-dosa

Dalam sebuah hadis berikut, Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa yang menjaga salat duha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR Ibnu Majah).

Dosa-dosa yang kita miliki akan diampuni oleh Allah Swt. jika kita menjaga atau dalam arti kata lain istikamah dalam melaksanakan salat duha. Memang begitu berat tantangan salat duha, apalagi dilaksanakan di saat kita beraktivitas dan sibuk dalam pekerjaan. Namun balasan Allah sungguh tidak terkira, hingga mengampuni dosa-dosa kita.

4. Dosa Terhapus Bersih seperti Baru Terlahir

Bertambahnya usia kita, bertambah pula dosa-dosa yang kita miliki. Sadar ataupun tidak, banyak keputusan-keputusan dalam hidup kita yang justru berdasarkan oleh hawa nafsu. Untuk itu, salat duha adalah menjernihkan kembali diri kita. Allah memberikan kita keutamaan seperti bayi yang baru lahir.

"Barang siapa yang menunaikan salat subuh kemudian ia duduk dan tidak mengucapkan perkataan yang sia-sia, melainkan berzikir pada Allah Swt. hingga menunaikan salat duha empat rakaat, maka dosa-dosanya akan terhapus bersih seperti anak yang baru dilahirkan oleh ibunya, ia tidak punya dosa." (HR. Abu Ya'la).

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Sunah Duha

5.Tercukupi Kebutuhan

Keutamaan lain salat duha adalah menjadi pembuka rezeki kita karena Allah menjamin kebutuhan kita dari pagi hingga sore. Itu artinya kita akan merasa cukup dan jauh dari kesulitan. Apalagi, memang salat duha juga menjadikan kita sebagai orang yang senenatiasa bersyukur dan mengingat nikmat Allah.

Dalam hadis Qudsi, Allah Swt. berfirman, "Wahai anak Adam, rukuklah (salatlah) karena Aku pada awal siang (salat duha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)-mu sampai sore hari." (HR Tirmidzi).

Selain salat duha, kita juga bisa berdoa memohon rezeki yang halal dan berkah kepada Allah Swt. Bagaimanapun keberkahan adalah kunci hidup kita bisa bahagia.

6. Seperti Pahala Haji dan Umrah

Bagi sebagian orang mungkin sulit untuk melaksanakan haji dan umrah, apalagi ibadah satu ini memang memerlukan biaya yang cukup besar, fisik, dan mentalitas yang sangat kuat. Namun, bagi kita yang belum bisa melaksanakan ibadah haji dan umrah, maka laksanakanlah salat duha.

Seperti yang disampaikan Rasulullah saw. dalam hadis berikut. "Barang siapa yang salat subuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan salat duha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya." (HR. Tirmidzi).

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Sunah Duha

7.Pintu Khusus Penghuni Surga

Kebahagiaan terbesar kita ada pada saat kita bisa masuk ke dalam surga dalam keadaan yang baik dan Allah memberikan penghargaan yang luar biasa kepada kita. Salat duha adalah satu di antara pembuka jalan untuk dibukakannya pintu khusus masuk ke dalam surga.

Sabda Rasulullah saw. "Sesungguhnya di surga kelak terdapat pintu yang bernama adh-Dhuha, dan pada hari kiamat nanti akan terdengar panggilan, di manakah orang-orang yang melanggengkan salat duha, ini adalah pintu kalian masuklah kalian dengan rahmat Allah Swt." (HR. Thabrani).

 

Sumber: dompetdhuafa.org

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer