Sukses


Vakum Lama Akibat COVID-19, Event Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament Dapat Sambutan Antusias

Bola.com, Bandung - Event Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament serie 2 Jawa Barat berlangsung di kawasan Saparua, Kota Bandung, Sabtu (25/6/2022).

Tournament basket 3x3 ini memang kali pertamanya digelar setelah vakum lama akibat badai COVID-19. Tak heran, gelaran basket tiga lawan tiga ini cukup menyedot para pecinta basket.

Tak terkecuali Angel Putri Prasethio. Lajang berusia 16 tahun ini mengaku sangat senang bisa menyalurkan hobinya bermain basket melalui ajang Living Mandiri Indonesia 3x3 Tournament serie 2 Jawa Barat.

"Buat kami, ini bisa menjadi ajang latihan jam terbang biar ke depannya semakin mengenal game-game lain. Setidaknya bisa melatih mental kami setelah sekian lama tidak ada kegiatan turnamen seperti ini," ujar Putri sapaan akrabnya kepada Bola.com usai bertanding.

 

 

2 dari 4 halaman

Bisa Digelar Secara Rutin

Atlet basket Porprov Tasikmalaya, Jawa Barat ini pun berharap tournament 3x3 semacam ini bisa digelar secara rutin setiap tahun agar bisa memunculkan potensi atlet basket ke depannya.

"Saya harap ini bisa digelar setiap tahun. Saya sebagai pebasket tentu senang dan bagus juga karena memberi peluang kepada kami untuk lebih mengenal game ini," harap Putri.

"Bagi saya ikut game 3x3 ini memang baru pertama kali, sebelumnya five on five (5x5), bahkan nanti di five on five saya ikut untuk ajang Porprov," tambah siswi SMK BPK Tasikmalaya ini.

 

 

3 dari 4 halaman

4 Kategori

Chaerul Anwar Aziz, selaku Project Director SSS Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament mengaku turnamen bola basket 3x3 ini digelar sebanyak empat kategori dengan tim U-23 putra putri dan U-18 putra putri.

"Kami melakukan babak penyisihan di Kota Bandung dan Bogor sedangkan seluruh turnamen ini ada lima seri yaitu Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Nanti sebanyak dua pemenang dari setiap seri itu akan diadu di grand final," jelas Chaerul.

Diakui Chaerul, pada babak penyisihan wilayah Jabar yang digelar di Bandung dan Bogor diikuti sebanyak 200 tim yang ikut serta. Dari 200 peserta itu sudah mendapatkan 64 tim yang terbaik, yaitu 16 tim dari setiap kategori.

"Di Bandung ini adalah babak final (25-26 Juni 2022), dimana ada 16 tim dari setiap kategori yang dipertandingkan. Dan ini adalah turnamen U-23 dan U-18 satu-satunya di Indonesia yang didukung penuh oleh Perbasi secara resmi," lanjut Chaerul.

 

4 dari 4 halaman

Mencari Bakat

Selain itu sambung Chaerul, gelaran basket 3x3 ini juga menjadi ajang road to FIBA Asia Cup 2022 yang akan berlangsung di Jakarta pada bulan depan.

"Jadi tujuan turnamen ini adalah mencari bibit-bibit muda untuk diseleksi sebagai Timnas basket 3x3 yang akan diharapkan bisa berprestasi. Kemarin kan gagal, padahal diharapkan menang," ujar Chaerul.

"Tapi alhamdulillah Timnas Basket 5x5 bisa menang. Jadi ini bisa jadi ajang pencarian bakat untuk basket, bisa untuk tri on tri (3x3) atau five on five (5x5)," tambah Chaerul sambil mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer