Sukses


Cara Membuat Daftar Isi secara Manual dan Otomatis di Microsoft Word

Bola.com, Jakarta Daftar isi merupakan penyajian sistematik dalam sebuah karya tulis ilmiah, seperti makalah atau skripsi. Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari subjudul atau halaman yang ingin dilihat.

Tak bisa dimungkiri, saat berhadapan dengan dokumen yang panjang terkadang sulit mengingat halaman berapa informasi yang sedang dicari. Maka dari itu penting adanya daftar isi dalam dokumen yang panjang.

Untuk membuat daftar isi sebenarnya cukup mudah diterapkan. Namun, terkadang masih ada yang bingung membuat daftar isi dan belum rapi.

Kondisi tersebut yang biasanya membuat seseorang menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyelesaikan atau merapikan daftar isi saja.

Membuat daftar isi makalah yang rapi bisa menggunakan cara otomatis dan manual pada Microsoft Word. Cara tersebut terbilang mudah dan cepat alias tidak perlu ribet. Bagaimana caranya?

Berikut ini rangkuman tentang cara membuat daftar isi secara otomatis dan manual di Mcrosoft Word, disadur dari Liputan6, Senin (27/6/2022).

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Manual

Biasanya cara manual ini akan dipilih kebanyakan orang bila tugas yang kamu kerjakan tidak memiliki sub bagian, atau tidak begitu panjang. Berikut langkah-langkahnya:

Mengatur Right Tab

Dalam membuat daftar isi secara manual, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, kamu harus terlebih dahulu menampilkan Ruler pada tab View.

Setelah Ruler ditampilkan, kamu baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

Memunculkan Titik-Titik Dengan Rapi

Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab tersebut hingga muncul menu pop-up. Pada menu pop-up tersebut, pilih opsi kedua yang merupakan titik-titik yang biasa digunakan dalam daftar isi.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Manual

Memasukkan Daftar Isi

Kemudian, kamu tinggal memasukkan isi dari daftar isi tugasmu. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Lalu, terakhir kamu tinggal memasukkan nomor halamam yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

Begitulah cara membuat daftar isi di Word yang mudah. Kamu bisa memilih menggunakan cara otomatis atau manual sesuai dengan kebutuhanmu.

Mengatur Page Number (Nomor Halaman) di Word

Cara membuat daftar isi di Word tentunya tidak akan lepas dari penggunaan page number. Page number dapat membantu kamu dalam memeriksa dokumen dengan lebih mudah, sehingga bisa menemukan informasi tertentu yang kamu butuhkan.

Berikut cara menambahkan Page Number di Word:

1. Pilih Insert > Page Number .

2. Kemudia, pilih lokasi (seperti Top of Page atau Bottom of Page). Word akan secara otomatis menambahkan page number di setiap halamannya.

3. Setelah selesai, pilih Close Header and Footer, atau klik dua kali di luar area header dan footer.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Daftar Isi di Word Secara Otomatis

Mengatur Heading

Cara membuat daftar isi di word secara otomatis yang pertama adalah dengan mengatur heading. Hal ini dilakukan supaya bagian dan sub bagian tugasmu dapat dibaca oleh Word.

Cara membuat daftar isi di Word otomatis pada langkah pertama ini mudah saja. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, kamu perlu blok pada bagian yang ingin kamu buat jadi daftar isi terlebih dahulu.

2. Kemudian, atur Heading dengan menggunakan fitur Styles yang terletak pada tab Home.

3. Lalu pilih Heading 1 untuk bagian utama dan Heading 2 untuk sub bagian.

4. Lakukan begini seterusnya bila tugasmu memiliki banyak bagian dan sub bagian.

Memasukkan Daftar Isi

Cara membuat daftar isi di Word secara otomatis selanjutnya adalah memasukkan daftar isi. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silakan masuk ke tab References, kemudian pilih Table of Contents.

2. Kamu bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual di sini.

3. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2), sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table).

4. Setelah memilih salah satu opsi ini, maka daftar isi yang kamu masukkan akan langsung jadi dengan rapi.

5. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengubah beberapa kata yang dibutuhkan.

Cara membuat daftar isi di Word otomatis ini sangat mudah untuk diterapkan. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya dan daftar isi akan lebih rapi.

Melakukan Pembaruan Tabel

Cara membuat daftar isi otomatis ini juga akan memudahkan kamu dalam memperbarui tabel. Jika ada beberapa perubahan yang kamu terapkan pada dokumen, diperlukan juga adanya perubahan pada daftar isi.

Selanjutnya kamu tinggal menekan tombol Update Table di pojok kiri atas. Kamu bisa memilih untuk update nomor halaman saja atau update tabel secara keseluruhan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 25/3/2021).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer