Sukses


Malaysia Open 2022: Pebulutangkis Indonesia Harus Termotivasi Hasil Indonesia Open 2022

Bola.com, Kuala Lumpur - Tim bulutangkis Indonesia menjajal lapangan pertandingan di Axiata Arena, Kompleks Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (27/6/2022), jelang bergulirnya Malaysia Open 2022 yang digelar 28 Juni hingga 3 Juli 2022. Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky menegaskan pentingnya para pebulutangkis belajar dari kegagalan di Indonesia Open 2022.

Dalam latihan jelang Malaysia Open 2022 yang dipimpin langsung oleh Rionny Mainaky, para pebulutangkis Indonesia berlatih untuk bisa segera beradaptasi dengan kondisi lapangan yang akan digunakan untuk bertanding.

Jonatan Christie, Anthony Ginting, Fajar Alfian, Mohammad Ahsan, dan Apriyani Rahayu sangat menikmati latihan tersebut. Dalam latihan itu juga hadir para pemain eks pelatnas, seperti Tommy Sugiarto dan Fitriani yang turut berlatih.

"Hari ini anak-anak sudah mencoba lapangan pertandingan dan cukup berangin. Tapi kondisinya tidak jauh berbeda dengan ketika di Istora kemarin. Memang perlu adaptasi, tapi agak kaget di awal dan kemudian mulai terbiasa," ungkap Rionny setelah latihan yang dijalani para pebulutangkis Indonesia jelang Malaysia Open 2022 itu.

 

2 dari 5 halaman

Beberapa Andalan Absen di Axiata Arena

Tim bulutangkis Indonesia tidak turun dengan kekuatan terbaik di Malaysia Open 2022 karena absennya beberapa andalan, termasuk ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Namun, Rionny Mainaky tetap optimistis anak asuhnya mampu berbicara banyak di Axiata Arena.

Rionny juga menekankan hasil kurang baik di Indonesia Open 2022 harus menjadi motivasi untuk bisa kembali meraih hasil yang lebih baik.

"Walau tidak dengan kekuatan penuh, tapi tim ini juga merupakan tim terbaik dan sudah siap bertanding. Fokus sudah bagus dan dalam keadaan fit semua," ucap Rionny.

"Hasil kurang baik di Indonesia Open kemarin seharusnya tidak membuat mereka down, tapi menjadi motivasi untuk membalas kekalahan dan meraih prestasi. Saya berharap anak-anak bisa menyumbang gelar di turnamen ini," harapnya.

3 dari 5 halaman

Pesan Khusus untuk Pebulutangkis Muda

Secara khusus, Rionny berpesan kepada para pebulutangkis muda Indonesia yang mendapatkan kesempatan tampil di ajang Malaysia Open 2022 ini, seperti Chico Aura Dwi Wardoyo, Putri Kusuma Wardani, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, untuk tidak gentar.

"Ini kesempatan mereka menghadapi lawan-lawan yang di atas. Tapi, kalau melihat dari latihan dan rekor, mereka pernah mengalahkan pemain dengan peringkat 20 besar, saya rasa ini bukan mencoba lagi, tapi diharapkan bisa membuat kejutan," tutur Rionny.

 

4 dari 5 halaman

Harus Pintar Jaga Kondisi

Sementara pasangan juara Indonesia Masters 2022, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mengaku harus pintar menjaga kondisi karena jeda antarturnamen yang singkat. 

"Lapangan di Axiata Arena ini berangin, dan setiap lapangan memiliki arah angin yang berbeda. Jadi harus cepat beradaptasi. Tapi, saya juga belum tahu apakah situasi saat ini akan sama atau berbeda dengan pertandingan nanti. Kita akan lihat saat pertandingan, yang pasti harus cepat beradaptasi," ujar Fajar.

"Persiapan cukup baik walaupun singkat, hanya satu minggu dari Indonesia Masters dan Indonesia Open. Kami juga akan melalui tiga turnamen dalam tiga pekan ke depan. Jadi harus pintar menjaga kondisi. Step by step," lanjut Fajar mengenai persiapan tampil di Malaysia Open 2022.

 

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pebulutangkis Indonesia untuk Malaysia Open 2022

Tunggal Putra

  1. Anthony Sinisuka Ginting
  2. Jonatan Christie
  3. Shesar Hiren Rhustavito
  4. Chico Aura Dwi Wardoyo
  5. Tommy Sugiarto

Tunggal Putri

  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Putri Kusuma Wardani
  3. Fitriani

Ganda Putra

  1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  2. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
  3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ganda Putri

  1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
  2. Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani
  3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran

  1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
  2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
  3. Hafiz Faizal/Serena Kani

Video Populer

Foto Populer