Sukses


Macam-Macam Ide untuk Mengisi Liburan Sekolah, Bermanfaat bagi Anak

Bola.com, Jakarta - Beberapa orang tua mungkin belum memiliki ide untuk mengisi liburan sekolah anak. Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan beberapa ide tersebut melalui artikel ini.

Liburan sekolah menjadi momen yang dinantikan putra putri Anda. Yap, untuk beberapa pekan lamanya mereka yang terbebas dari rutinitas sekolah dan menjalani masa liburan yang pastinya menyenangkan.

Mengisi liburan tidak harus selalu dengan bepergian ke tempat jauh, seperti keluar kota atau bahkan keluar negeri. Tidak juga harus selalu ke pusat perbelanjaan. Jadi, para orang tua tidak perlu resah karena harus merogoh kocek dalam-dalam untuk liburan kali ini. 

Perlu diketahui, ada berbagai kegiatan pengisi liburan yang sederhana, tetapi bermanfaat bagi buah hati Anda. 

Berikut ini beberapa ide kegiatan liburan sekolah yang menyenangkan si kecil tanpa memberatkan kantong orang tua, disadur dari Klikdokter, Selasa (28/6/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Ide untuk Mengisi Liburan Sekolah

1. Memasak bersama

Ajaklah anak untuk menjadi asisten koki dengan membantu orang tua menyiapkan makanan. Untuk anak yang masih kecil, berikan ia tugas menyiapkan bahan-bahan makanan seperti bumbu, sayur, daging, dan lain-lain. 

Sementara itu, anak yang lebih besar dapat membantu memotong sayur dan daging.

2. Berkebun

Anak-anak umumnya senang bermain di ruang terbuka. Ajaklah ia untuk menanam bunga, menyapu rumput dan daun yang jatuh, memotong daun atau tangkai yang sudah layu, dan menyiram tanaman. 

Anak juga dapat mengenal nama-nama pohon, tanaman, dan bunga. Di akhir kegiatan, orang tua dapat mengadakan permainan mencari kertas warna-warni yang telah disembunyikan di halaman.

3. Merapikan kamar

Anak dapat berpartisipasi dengan merapikan lemari pakaian, menempel stiker pada dinding atau lemari, merapikan mainan dan boneka, atau bahkan memajang hasil karyanya pada dinding kamar. 

Dengan melibatkannya dalam kegiatan ini, diharapkan ke depannya ia akan merapikan kamarnya dengan kesadaran sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Ide untuk Mengisi Liburan Sekolah

4. Piknik di halaman

Jika Anda memiliki halaman dengan luas yang memadai, sekali-kali coba untuk berpiknik di halaman. Gelar tikar dan siapkan makanan di dalam kotak bekal. 

Orang tua juga dapat mendirikan tenda di halaman agar anak benar-benar merasakan sensasi berpiknik di alam terbuka. Sebagai makanannya, gelarlah acara barbeku di depan tenda.

5. Kerajinan tangan

Hal ini umumnya akan menarik bagi anak perempuan. Ajarilah ia membuat prakarya sederhana seperti pigura, tempat pensil, dan lain-lain. 

Untuk anak yang lebih besar, ia dapat belajar menjahit, menyulam, merajut, atau membuat scrapbook dan kartu ucapan.

6. Membersihkan rumah

Anak-anak dapat diajarkan sejak dini untuk turut bertanggung jawab menjaga kebersihan rumah. Dengan melihat teladan dari orang tua maka anak niscaya akan bersemangat mengemban tugas yang diberikan kepadanya.

Bagilah tugas seperti menyapu, mengepel, mencuci pakaian, mencuci piring, dan lain-lain – yang tentunya sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Ide untuk Mengisi Liburan Sekolah

7. Berolahraga

Selain menyehatkan, berolahraga bersama dapat mempererat hubungan antaranggota keluarga. Ajaklah anak Anda bersepeda, bermain bola, berenang, dan olahraga lain yang ia gemari.

8. Sosialisasi

Buatlah janji temu untuk bermain bersama dengan anak-anak dari teman-teman Anda ataupun teman-teman anak Anda. Bisa berkunjung ke rumah teman, mengundang teman bermain di rumah, atau bermain bersama di taman bermain. 

Bermain dengan teman-teman yang baru akan makin memperluas pergaulan dan wawasan anak dan juga orang tua.

9. Kerabat

Berkunjung atau menginap di rumah nenek-kakek, paman-bibi, atau kerabat lainnya dapat mengisi liburan dengan menyenangkan sekaligus mempererat tali silaturahmi.

10. Hobi

Waktu liburan dapat diisi untuk mengembangkan hobi yang bermanfaat, misalnya mengikuti kursus menggambar, melukis, bermain alat musik, menyanyi, dan lain-lain.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 14/7/2015)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer