Sukses


Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Salat 5 Waktu yang Dapat Diraih Setiap Muslim

Bola.com, Jakarta - Semua umat muslim wajib mengerjakan salat lima waktu. Salat lima waktu merupakan perintah Allah Swt. yang dilakukan setiap hari.

Perintah untuk melaksanakan salat lima waktu termaktub dalam Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 78 yang berbunyi:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: "Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra: 78).

Selain itu, firman Allah QS. An-Nisa ayat 103 juga menyatakan dengan jelas bahwa salat lima waktu waktu wajib dikerjakan:

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: "Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa: 103).

Berdasarkan dalil-dalil di atas, salat bukan hanya rutinitas ibadah yang dikerjakan lima waktu dalam sehari. Salat menjadi bukti keimanan dan ketaatan seorang Muslim dalam menjalankan perintah Allah Swt.

Hanya, masih banyak umat muslim yang menunda ibadah hingga telat, bahkan sampai terlewati untuk menunaikan ibadah salat lima waktu. Padahal, ada sejumlah keutamaan yang dapat diraih setiap muslim yang mengerjakannya.

Berikut ini macam-macam keutamaan menunaikan salat lima waktu, disadur dari Kapanlagi, Rabu (29/6/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Salat 5 Waktu

1. Sumber Cahaya yang Kekal

Keutamaan salat lima waktu yang pertama adalah sebagai sumber cahaya yang kekal atau abadi. Sumber cahaya kekal baik di dunia ataupun di akhirat. Adapun hadis yang menjelaskan tentang keutamaan ini, sebagai berikut:

"Siapa yang menjaga salat lima waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya maka ia tidak mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir'aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf." (HR. Ahmad 2: 169)

Begitu juga dapat keterangan hadis lainnya yang menyebutkan bahwa salat adalah cahaya. Disebutkan dalam hadis Abu Malik Al Asy'ari, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Salat adalah cahaya." (HR. Muslim no. 223)

2. Menghapus Segala Dosa

Keutamaan salat lima waktu selanjutnya adalah dapat menghapus segala dosa. Hal ini telah diterangkan dalam sejumlah hadis Rasulullah saw. tentang keutamaan salat lima waktu yang begitu luar biasa dan istimewa. Adapun hadisnya, sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?" para sahabat menjawab, "Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya." Beliau berkata, "Maka begitulah perumpamaan salat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa." (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

Dari Jabir radhiyallahu 'anhu,

"Permisalan salat yang lima waktu itu seperti sebuah sungai yang mengalir melimpah di dekat pintu rumah salah seorang di antara kalian. Ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali." Al Hasan berkata, "Tentu tidak tersisa kotoran sedikit pun (di badannya)." (HR. Muslim no. 668)

Begitu juga dengan penjelasan hadis lainnya yang berbunyi sebagai berikut,

"Tidaklah seorang muslim menghadiri salat wajib lalu ia memperbagus wudu dan mengerjakan salatnya dengan khusyuk, juga ia memperbagus rukunnya melainkan itu sebagai penghapus dosa sebelumnya selama seseorang tidak melakukan dosa besar dan ini berlaku sepanjang waktu." (HR. Muslim no. 228)

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Salat 5 Waktu

3. Sebaik-baiknya Amalan setelah Syahadat

Seperti diketahui, dua kalimat syahadat adalah rukun Islam pertama yang wajib dilakukan bagi seseorang sebelum masuk Islam. Namun, ternyata salat lima waktu juga lebih utama setelah dua kalimat syahadat.

Adapun tentang keutamaan salat lima waktu tersebut telah dijelaskan dalam hadis Rasulullah saw. sebagai berikut:

Dari 'Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, "Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, amalan apakah yang paling afdal?" Jawab beliau, "salat pada waktunya". Lalu aku bertanya lagi, "Terus apa?" "Berbakti pada orangtua", jawab Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.  "Lalu apa lagi", aku bertanya kembali. "Jihad di jalan Allah", jawab beliau. (HR. Bukhari no. 7534 dan Muslim no. 85)

4. Menjadi Tamu di Surga Allah Swt.

Hal yang paling istimewa den menakjubkan dari keutamaan salat lima waktu apabila dijaga dengan baik dan istikamah dikerjakan maka akan menjadi tamu agung di surga Allah Swt.

Sebuah hadis telah menjelaskan mengenai keutamaan ini dari seorang bernama Abu Hurairah, bahwasannya Rasulullah saw. pernah bersabda:

"Barang siapa berpagi-pagi atau ketika sore hari menuju masjid maka Allah akan menjadikan dia tempat sebagai tamu di surga ketika ia pergi di pagi atau sore hari." (Muttafaqun 'alaih, HR. Bukhari no. 662 dan Muslim no. 669)

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Salat 5 Waktu

5. Ditinggikan Derajatnya

Sebagai ibadah yang diperintahkan Allah Swt., salat lima waktu memiliki keutamaan yang begitu luar biasa dan menakjubkan. Sebab, salat adalah bentuk ketaatan seorang hamba di hadapan Allah Swt. sebagai Tuhan pemilik alam semesta.

Adapun dalam sebuah hadis telah dijelaskan mengenai keutamaan ini yang mana apabila dikerjakan secara istikamah dan dijaga maka dapat diitinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Berikut ini penjelasan hadisnya, mengenai keutamaan salat lima waktu:

"Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah. Karena engkau tidaklah sujud pada Allah dengan sekali sujud melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan akan menghapuskan satu kesalahan." (HR. Muslim no. 488)

6. Terhindar dari Siksa Api Neraka

Sejumlah ayat Al-Qur'an dan hadis cukup banyak menjelaskan mengenai adanya surga dan neraka. Di mana banyak orang meyakini apabila mengerjakan amal baik dan apa yang diperintahkan Allah Swt. serta menjauhi larangannya maka dapat bisa jadi jalan masuknya ke surga.

Begitu juga sebaliknya tentang golongan orang-orang yang akan dimasukkan neraka dengan berbagai tingkatannya. Dalam hal ini keutamaan salat lima waktu dapat menjadi jalan seorang muslim agar terhindar dari siksa api neraka. Adapun bunyi hadis tentang keutamaan ini, sebagai berikut:

Rasulullah bersabda: "Tidak akan masuk neraka seseorang yang menjalankan salat sebelum terbit dan sebelum terbenamnya matahari." (HR. Muslim)

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Salat 5 Waktu

7. Selalu Mengingat dan Mendekatkan Diri Kepada Allah Swt.

Keutamaan salat lima waktu selanjutnya adalah dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan membuat diri sendiri selalu mengingat-Nya.

Untuk itulah dengan menjaga dan istikamah melaksanakan ibadah salat lima waktu bisa jadi jalan agar Anda selalu dekat dengan Allah Swt. dan mendapatkan rida serta karunia-Nya. Hal ini terdapat dalam firman Allah Swt. yang artinya:

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku." (QS. Thaha: 14)

8. Mencegah dari Perbuatan Keji Serta Munkar

Keutamaan salat lima waktu yang juga sangat istimewa dan luar biasa adalah dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Hal ini tercantum dalam ayat Al-Qur'an yang artinya:

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS: Al Ankabut: 45)

Untuk itulah setiap umat muslim diperintahkan untuk selalu menjaga salat lima waktu agar dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. Selain itu dengan menjaga salat lima waktu maka Anda bisa meraih beragam keutamaan yang begitu luar biasa.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Nurul Wahida. Published: 28/4/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer