Sukses


Manfaat Olahraga Futsal bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Futsal merupakan satu di antara olahraga yang cukup populer. Seperti halnya sepak bola, dalam permainan futsal harus memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya untuk meraih kemenangan.

Bedanya, futsal hanya dimainkan masing-masing lima orang tiap tim. Tidak hanya itu, ukuran lapangan dan gawang dalam olahraga futsal lebih kecil daripada sepak bola.

Lapangan futsal juga kebanyakan ada dalam ruangan atau indoor. Secara umum memang sama dengan sepak bola, cuma skalanya saja yang lebih kecil.

Seperti jenis olahraga lainnya, futsal juga mengandung beberapa manfaat. Bagi para pencinta olahraga futsal, penting mengetahui manfaatnya. Apa saja manfaat olahraga futsal?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat olahraga futsal yang perlu diketahui, dilansir dari laman mtsrupa.sch.id, Selasa (28/6/2022). 

2 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berman futsal pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Saat bermain futsal, seorang pemain akan berlari menggiring bola dengan gesit ke depan, maupun belakang.

Lantaran permainan sepak bola ini hanya dimainkan oleh lima orang, dengan aktivitas tersebut membantu pemain sepak bola futsal mengendalikan jantungnya dan melatih kardivaskular.

3 dari 6 halaman

Membakar Lemak

Bermain futsal juga bisa membakar lemak dan meninggikan badan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, bermain futsal bisa menjadi pilihan.

Seperti halnya sepak bola, joging, dan olahraga lainnya, futsal dapat mencegah obesitas apabila dilakukan secara rutin. Futsal bisa membakar kalori dan lemak di tubuh dengan efektif.

Futsal juga bisa meninggikan badan. Saat tulang aktif bergerak saat bermain futsal maka tulang dapat meningkatkan aktivitas yang dapat membantu meninggikan tubuh.

4 dari 6 halaman

Melatih Karakter

Seseorang yang sering bermain futsal bisa memiliki karakter tanggung jawab. Bermain futsal dapat melatih karakter para pemain, terutama agar lebih bertanggung jawab.

Misalnya, saat menggiring bola menuju ke gawang lawan, olahraga yang hanya dimainkan lima orang ini mengharuskan kerja sama tim dan komunikasi antarpemain untuk mencetak gol.

5 dari 6 halaman

Membentuk Otot

Bermain futsal dapat membangun kekuatan otot kaki, paha, perut, dan dada. Namun, hal tersebut harus dilakukan secara rutin. Perlu diketahui, untuk membentuk otot tubuh tidak bisa secara instan.

6 dari 6 halaman

Menghilangkan Stres

Bermain futsal bisa menghilangkan stres dan melatih otak. Percaya atau tidak, bermain futsal dapat menurunkan tingkat depresi atau stres seseorang.

Selain itu, futsal dapat melatih kecepatan berpikir otak yang dapat meningkatkan konsentrasi. Hal inilah yang membuat futsal sering menjadi ekstrakurikuler di setiap sekolah agar siswa yang jenuh di kelas bisa kembali semangat belajar.

 

Sumber: Web Mts Raudlatul Ulum Putra

Dapatkan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer