Sukses


5 Contoh Gaya Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Gaya hidup sehat tentu menjadi hal yang harus diterapkan setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini agar tubuh tetap sehat dan jauh dari risiko terkena penyakit.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit muncul pada tubuh seseorang, di antaranya seperti gaya hidup yang tidak sehat dan stres berkepanjangan.

Dengan demikian, menerapkan gaya hidup sehat menjadi hal penting. Menerapkan gaya hidup sehat bisa dimulai dengan makanan yang kita konsumsi.

Begitu juga dengan berbagai aktivitas fisik yang kita lakukan. Makin sering intensitasnya, makin bugar dan sehat badan kita.

Berikut lima contoh gaya hidup sehat yang perlu Anda terapkan, seperti disadur dari Merdeka, Rabu (29/6/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Gaya Hidup Sehat

1. Banyak Mengonsumsi Sayur dan Buah

Contoh gaya hidup sehat yang pertama tentu dengan memperhatikan asupan makanan dengan baik. Dalam hal ini, Anda bisa menambahkan sayur dan buah ke dalam konsumsi makanan sehari-hari.

Sayuran dan buah-buahan mempunyai beragam kandungan nutrisi, seperti vitamin dan antioksidan, yang baik untuk tubuh. Berbagai kandungan nutrisi pada sayur dan buah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan beragam penyakit.

Kandungan antioksidan pada sayur dan buah terbukti dapat membantu melawan penyakit mata, meningkatkan kesehatan kulit, dan kesehatan secara keseluruhan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan buah-buahan dan sayuran sebagai bagian rutin dari konsumsi makanan sehingga Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melawan beberapa jenis kanker dan berbagai penyakit lainnya, seperti penyakit jantung. 

2. Cukupi Hidrasi Tubuh

Contoh gaya hidup sehat berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh dengan baik. Dengan mengonsumsi air putih dengan cukup setiap hari, dapat membantu menjaga hidrasi tubuh tetap baik. Konsumsi air juga dapat memberikan nutrisi dan meningkatkan kesejahteraan tubuh.

Air dapat bekerja membersihkan racun dari tubuh, meningkatkan fungsi otak, memberi energi pada otot, mengontrol penambahan berat badan, dan menyeimbangkan suhu dan cairan tubuh.

Dianjurkan untuk minum sekitar delapan gelas, atau 64 ons, air per hari. Caranya, sediakan botol minum atau gelas setiap kali Anda beraktivitas sehingga bisa dengan mudah minum setiap saat.

3 dari 4 halaman

Contoh Gaya Hidup Sehat

3. Kelola Stres dengan Baik

Contoh gaya hidup sehat selanjutnya yaitu dengan mengelola stres dengan baik. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondisi kesehatan mental juga perlu dijaga untuk memastikan kesehatan secara keseluruhan tetap baik.

Termasuk ketika Anda sedang mengalami stres, penting bagi Anda untuk mengambil jeda sebentar menarik napas dalam-dalam untuk mengurangi kondisi tegang, stres, dan cemas yang sedang dialami.

Anda bisa melakukan beberapa aktivitas santai untuk membantu tubuh lebih rileks. Mulai melakukan hobi seperti bermusik, melukis, atau hanya dengan bermain video game hingga menonton film favorit.

Beberapa kegiatan ini dapat membuat pikiran dan tubuh Anda lebih tenang dan beban tekanan bisa sedikit berkurang. Anda juga bisa mempraktikkan meditasi secara rutin untuk meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik.

4. Olahraga secara Teratur

Contoh gaya hidup sehat yang tidak kalah penting adalah dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Olahraga merupakan cara yang bagus untuk menstimulasi kesehatan Anda dan penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik membantu meningkatkan umur panjang dan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat jadwal olahraga secara rutin yang disesuaikan dengan waktu dan kegiatan keseharian lainnya.

Minimal, cobalah untuk melakukan aktivitas olahraga tiga kali dalam seminggu. Tidak harus datang ke tempat gym atau mengikuti kelas, Anda tetap bisa melakukan olahraga dengan beberapa jenis latihan sederhana.

Joging, bersepeda, yoga, hingga latihan kebugaran seperti senam yang bisa dilakukan di rumah dengan panduan video online. Jika dilakukan secara rutin, tentu hal ini akan membantu meningkatkan kebiasaan sehat Anda dan tujuan utama pun bisa tercapai.

4 dari 4 halaman

Contoh Gaya Hidup Sehat

5. Menciptakan Hubungan Sosial yang Baik

Contoh gaya hidup sehat yang terakhir adalah menciptakan hubungan sosial yang baik. Mempunyai hubungan yang kuat dan pola komunikasi yang lancar dengan teman atau orang-orang di sekitar dapat mendukung kesehatan mental yang lebih baik.

Hubungan sosial yang baik juga dikaitkan dengan risiko Depresi rendah. Selain itu, studi membuktikan bahwa hubungan sosial yang baik juga mencegah berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan faktor stres dan depresi, seperti sakit kepala, jantung berdebar, nyeri punggung, leher, atau bahu bagian bawah.

Mengelola hubungan sosial yang baik tidak harus bertemu secara langsung, Anda bisa menyempatkan diri mengobrol melalui telepon atau chat di sela kesibukan sehari-hari.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 6/11/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer