Sukses


Contoh-Contoh Melestarikan Lingkungan Sekitar, Terapkan Sejak Dini

Bola.com, Jakarta - Lingkungan di sekitar kita merupakan alam yang diciptakan oleh Tuhan dan menjadi tempat tinggal berbagai makhluk hidup.

Lingkungan alam sejak ada sejak dahulu, keberadaannya memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Dengan itu, sudah selayaknya manusia membalas apa yang sudah alam berikan kepada kita dengan menjaganya dari kerusakan.

Kerusakan lingkungan bisa mengakibatkan berbagai hal buruk yang langsung berdampak kepada berbagai makhluk hidup termasuk manusia.

Karena itulah, penting bagi kita untuk menjaga lingkungan dari kerusakan agar generasi-generasi selanjutnya tetap dapat menikmati. Ingat, lingkungan alam yang ada bukanlah milik kita melainkan pinjaman dari anak cucu, generasi berikutnya.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan alam?

Berikut contoh-contoh melestarikan lingkungan sekitar, yang perlu diterapkan semenjak dini, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (1/7/2022).

 

2 dari 4 halaman

Contoh Melestarikan Lingkungan Sekitar

1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Contoh melestarikan lingkungan yang pertama adalah dengan menjauhi perilaku semena-mena. Caranya, kita dapat memulainya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Setiap hari, tak dimungkiri manusia akan menghasilkan sampah. Sampah ini dapat menjadi sumber masalah lingkungan jika tidak ditangani dengan benar.

Mulai dari diri sendiri, usahakan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selalu sediakan tempat sampah di lingkungan sekitar tempat tinggal.

2. Pengelompokan Sampah

Selain dengan tidak membuang sembarangan, contoh melestarikan lingkungan yang berikutnya yaitu dengan mengelola sampah. Caranya mudah, cukup kelompokkan sampah sesuai kategorinya.

Hal ini bisa diwujudkan dengan melabeli atau memberi warna berbeda pada setiap tempat sampah. Pisahkan kategori sampah organik, anorganik, dan sampah lainnya.

Sampah organik digunakan bagi limbah sisa makanan, sayuran, hingga dedaunan kering. Sementara itu, sampah anorganik digunakan untuk mengumpulkan limbah plastik, styrofoam, hingga kemasan makanan.

Sampah lainnya dapat dibedakan untuk limbah botol, besi, kaleng, dan lain sebagainya.

3. Melakukan Reboisasi

Contoh melestarikan lingkungan berikutnya adalah dengan melakukan reboisasi serta menanam banyak pohon. Seperti yang diketahui, pohon dapat melakukan perannya sebagai pasokan oksigen yang melimpah bagi manusia.

Selain itu, pohon dapat mengurangi kandungan karbon dioksida serta memurnikan udara sehingga lebih bersih untuk dihirup makhluk hidup. Buah serta berbagai bunga cantik juga senantiasa dapat diambil manfaatnya.

3 dari 4 halaman

Contoh Melestarikan Lingkungan Sekitar

4. Hemat Energi

Contoh melestarikan lingkungan selanjutnya adalah dengan hemat energi. Cara ini dapat dilakukan dengan menghemat penggunaan listrik.

Usahakan untuk menggunakan listrik sesuai kebutuhan. Selain meningkatkan pengeluaran, menggunakan listrik secara berlebihan dapat merusak lingkungan hidup.

Pilih berbagai alat elektronik dengan penggunaan listrik yang minim. Jika siang hari, matikan berbagai perangkat elektronik yang tidak digunakan.

 5. Hemat Penggunaan Air

Air merupakan elemen dasar yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bertahan. Kini, ketersediaan air bersih di bumi disebut makin berkurang.

Maka itu, ada baiknya untuk mulai menghemat penggunaan air. Gunakan air secara bijak dan secukupnya saja. Misalnya, pilih teknologi pemancar air untuk mandi serta mencuci pakaian jika telah menumpuk cukup banyak.

6. Menggunakan Alat Transportasi Publik

Tak hanya listrik, menghemat energi dapat diwujudkan dengan memilih alat transportasi ramah lingkungan. Kini, banyak ditemui beragam teknologi yang disematkan pada kendaraan untuk mengurangi polusi udara dan menghemat bahan bakar.

Namun, akan lebih baik jika memilih untuk menggunakan alat transportasi publik. Dengan ini, penggunaan bahan bakar dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

4 dari 4 halaman

Contoh Melestarikan Lingkungan Sekitar

7. Mengurangi Penggunaan Kertas

Saat ini, kertas merupakan kebutuhan yang tak terhindarkan bagi siapa saja. Dampaknya, lebih banyak terjadi penebangan pohon sebagai bahan baku produksi kertas.

Maka itu, ada baiknya untuk segera beralih dari kertas. Kurangi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mulai menerapkan teknologi tepat guna.

Manfaatkan teknologi digital untuk saling berkomunikasi dan melakukan berbagai kegiatan lainnya. Selain menyelamatkan lingkungan, meminimalkan penggunaan kertas dapat menghemat waktu dan biaya.

8. Mengurangi Bahan Kimia

Contoh melestarikan lingkungan berikutnya yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan kimia. Terlebih penggunaannya berdampak terhadap ekosistem hewan dan tumbuhan.

Misalnya, penggunaan pestisida secara berlebihan akan membuat ekosistem di sekitarnya perlahan kian rusak, tanah makin tak subur. Usahakan untuk menggunakan cara alami untuk melakukan kegiatan yang senantiasa berhubungan dengan ekosistem.

9. Tidak Membakar Sampah

Langkah terakhir sebagai wujud melestarikan lingkungan adalah dengan tidak membakar sampah. Hasil pembakaran sampah dapat memengaruhi udara hingga menyebabkan polusi.

Terlebih jika limbah plastik dibakar, dapat memicu munculnya dioksin. Dioksin merupakan salah satu zat berbahaya yang dapat mengancam kelestarian makhluk hidup jika terhirup serta masuk ke tubuh.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 2/10/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer