Sukses


Macam-Macam Hal yang Tak Boleh Dilakukan setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Melakukan olahraga secara rutin bisa membawa dampak sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, olahraga harus dilakukan dengan baik, dari sebelum mulai hingga selesai. Pasalnya, hal ini bisa berhubungan dengan dampak yang bisa Anda peroleh usai berolahraga.

Nyatanya, tidak sedikit orang lebih memedulikan aktivitas yang mereka lakukan sebelum dan selama berolahraga, serta cenderung mengabaikan hal-hal setelahnya.

Kesalahan tersebut bisa berdampak buruk pada tubuh. Nah, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan setelah melakukan olahraga.

Lantas, hal apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah melakukan olahraga?

Berikut ini macam-macam hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga, disadur dari Klikdokter, Sabtu (2/7/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Hal yang Tak Boleh Dilakukan setelah Olahraga

1. Lupa Melakukan Pendinginan

Setelah lari selama satu jam, mungkin Anda akan merasa sangat lelah bila harus berjalan lagi selama lima menit. Namun, dengan melakukannya, Anda memberikan waktu bagi tubuh untuk kembali ke kondisi semula.

Cooling down sangat esensial bagi tubuh karena dengan melakukannya dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah secara bertahap.

2. Tidak Melakukan Peregangan

Selain pendinginan, peregangan juga penting untuk dilakukan setelah olahraga. Peregangan berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang dilatih dan terkontraksi saat olahraga.

Tidak melakukan peregangan dengan baik setelah Anda melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan kram otot.

3. Tetap Menggunakan Pakaian yang Sama

Setelah berolahraga, tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah yang relatif banyak. Menggunakan pakaian yang sama menjadi satu di antara hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga.

Kebiasaan tidak mengganti pakaian setelah Anda berkeringat dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur atau jerawat pada kulit. Jadi, sebisa mungkin, segeralah mandi dan mengenakan pakaian baru agar Anda dapat kembali beraktivitas dengan baik.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Hal yang Tak Boleh Dilakukan setelah Olahraga

4. Langsung Melakukan Aktivitas Berat Lain

Aktivitas yang menuntut kekuatan otot terlalu banyak, seperti naik tangga yang tinggi atau angkat barang berat segera setelah berolahraga, dapat membuat otot kelelahan atau bahkan cedera.

Penting untuk mengetahui batasan tubuh Anda. Terlebih jika sudah lama tidak berolahraga, sebaiknya hindari memaksa berolahraga terlalu berat untuk menghindari terjadinya cedera.

5. Begadang

Begadang merupakan satu di antara hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga. Pasalnya, waktu istirahat diperlukan tubuh untuk memulai fase pembentukan otot dan pembakaran lemak.

Jadi, setelah berolahraga dan melakukan aktivitas sepanjang hari, penting bagi Anda untuk mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur.

6. Bermalas-malasan

Setelah berolahraga, Anda perlu beristirahat untuk memulihkan diri. Namun, bukan berarti Anda harus bermalas-malasan sepanjang hari. Melakukan aktivitas intensitas ringan dapat menjadi cara untuk menjaga aliran darah tetap baik. Hal ini bisa membantu memelihara kesehatan pembuluh darah Anda.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Hal yang Tak Boleh Dilakukan setelah Olahraga

7. Tidak Mengonsumsi Air dengan Cukup

Lantaran berolahraga meningkatkan produksi keringat, tubuh akan membutuhkan cairan untuk menggantikan yang hilang. Dengan mengonsumsi air secara cukup, Anda akan mencegah kondisi dehidrasi yang dapat timbul akibat kurangnya cairan.

Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan harian, yaitu sekitar dua liter dalam sehari. Kebutuhan cairan dapat lebih banyak jika Anda olahraga dengan intensitas sedang hingga berat.

8. Konsumsi Cairan yang Tidak Tepat

Banyak orang minum sports drink setelah berolahraga. Padahal, ini termasuk hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga. Kebiasaan tersebut kurang tepat karena jenis minuman olahraga kerap mengandung gula tambahan yang tinggi dan dapat mengganggu proses pemulihan pasca olahraga.

9. Langsung Makan Berat

Berilah jarak antara selesai berolahraga dengan makan sekitar 20-30 menit. Langsung makan setelah olahraga, terutama dengan menu berat seperti nasi dan lauk, bisa menyebabkan gangguan pencernaan, misal kram perut atau sakit mag.

Agar terhindar dari rasa lapar berlebih, Anda bisa makan sebelum berolahraga, tetapi beri jarak sekitar 1-2 jam sebelum berolahraga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 30/5/2022)

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer