Sukses


7 Manfaat Salat Berjamaah untuk Umat Muslim yang Mengerjakannya

Bola.com, Jakarta - Salat merupakan tiang agama yang wajib ditegakkan. Maka itu, umat muslim diwajibkan menegakkan ibadah salat fardu lima waktu dalam sehari.

Perintah umat muslim wajib menegakkan salat bahkan ditegaskan dalam penggalan surat yang tercantum di Al-Qur'an, Allah Swt. berfirman:

"Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra ayat 78).

Salat juga merupakan rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan tiap muslim yang sudah akil balig. Umat muslim tidak boleh meninggalkan salat dalam keadaan apa pun.

Ketika ingin menegakkan salat, umat muslim akan diberikan pilihan untuk melakukannya secara sendiri atau berjamaah.

Namun, paling utama adalah salat dikerjakan secara berjemaah. Salat berjamaah bisa dilakukan di masjid atau di rumah bersama anggota keluarga.

Berikut ini beberapa manfaat salat berjamaah, yang umat muslim perlu pahami, dikutip dari laman jabar.kemenag.go.id, Jumat (1/7/2022).

2 dari 6 halaman

Manfaat Salat Berjamaah

1. Melipatgandakan Pahala

Rasulullah saw. bersabda:

صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي الْجَمَاعَةِ تُضَعَّفُ عَلَى صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ وَفِي سُوقِهِ خَمْسًا وَعِشْرِينَ ضِعْفًا وَذَلِكَ أَنَّهُ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُخْرِجُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ لَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلَّا رُفِعَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ فَإِذَا صَلَّى لَمْ تَزَلْ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ وَلَا يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلَاةَ

"Salat seorang laki-laki dengan berjamaah dibanding salatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan 25 kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudu dengan menyempurnakan wudunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan salat berjamaah, maka tidak ada satu langkah pun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya. Apabila dia melaksanakan salat, maka malaikat akan turun untuk mendoakannya selama dia masih berada di tempat salatnya, 'Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia'. Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan salat selama dia menanti pelaksanaan salat." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis yang lain, Rasulullah saw. bersabda:

صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة

"Salat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding salat sendirian." (HR. Bukhari dan Muslim)

إِنَّ أَعْظَمَ النَّاسِ أَجْرًا فِي الصَّلَاةِ أَبْعَدُهُمْ إِلَيْهَا مَمْشًى فَأَبْعَدُهُمْ وَالَّذِي يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْإِمَامِ أَعْظَمُ أَجْرًا مِنْ الَّذِي يُصَلِّيهَا ثُمَّ يَنَامُ

"Manusia paling besar pahalanya dalam salat adalah yang paling jauh perjalannya, lalu yang selanjutnya. Dan seseorang yang menunggu salat hingga melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya daripada yang melakukannya (sendirian) kemudian tidur." (HR. Muslim)

من صلَّى العشاء في جماعة فكأنما قام نصف الليل ، ومَن صلّى الصبح في جماعة فكأنما قام الليل كله

"Barang siapa salat isya secara berjamaah maka seakan-akan dia melakukan salat separuh malam. Barang siapa salat subuh berjamaah maka seakan-akan dia salat seluruh malam." (HR. Muslim)

3 dari 6 halaman

Manfaat Salat Berjamaah

2. Terhindar dari Gangguan Setan

Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw:

مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ لَا تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ

"Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan salat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (salat) berjamaah, karena sesungguhnya serigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya)." (HR. Abu Daud dan  An-Nasai)

3. Allah Swt. akan Menaunginya di Hari Kiamat

Rasulullah saw. bersabda:

"Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Rabb-nya, seseorang yang hatinya bergantung di masjid-masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah berkumpul dan berpisah karena-Nya, seseorang yang dinginkan (berzina) oleh wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, maka ia mengatakan, 'Sesungguhnya aku takut kepada Allah', seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di nafkahkan oleh tangan kanannya, dan seseorang yang mengingat Allah dalam keadaan sepi (sendiri) lalu kedua matanya berlinang." (HR. Bukhari dan Muslim)

4 dari 6 halaman

Manfaat Salat Berjamaah

4. Allah Swt. akan Menghapuskan Kesalahan-Kesalahan serta Meninggikan Derajat

Rasulullah saw. bersabda:

"Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang perkara yang akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan juga mengangkat beberapa derajat?" Para sahabat menjawab, 'Tentu, wahai Rasulullah?' Beliau bersabda, 'Menyempurnakan wudu pada saat yang tidak disukai, banyak melangkah ke masjid-masjid, dan menunggu salat setelah melaksanakan salat. Maka, itulah ar-tibath (berjuang di jalan Allah)'." (HR. Muslim)

5. Allah Swt. Menjanjikan Surga

Rasulullah saw. bersabda:

"Ada tiga golongan yang semuanya dijamin oleh Allah Ta'ala, yaitu orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukannya ke surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ghanimah, kemudian orang yang pergi ke masjid, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalau memasukkannya ke surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala, dan orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia dijamin oleh Allah." (HR. Abu Dawud)

5 dari 6 halaman

Manfaat Salat Berjamaah

6. Memuliakan Tamu-tamu-Nya

"Barang siapa yang berwudu di rumahnya dengan sempurna kemudian mendatangi masjid, maka ia adalah tamu Allah, dan siapa yang di kunjunginya wajib memuliakan tamunya." (HR. Ath Thabrani)

Di dalam Kitab az Zuhd, Imam Ibnul Mubarak rahimahullah meriwayatkan dari ‘Amr bin Maimun, bahwasannya ia mengatakan, "Para sahabat Rasulullah saw. mengatakan: 'Rumah Allah di bumi adalah masjid, dan Allah wajib memuliakan siapa yang mengunjungi-Nya di dalamnya'."

6 dari 6 halaman

Manfaat Salat Berjamaah

7. Dapat Menghindarkan Seseorang dari Sifat Nifak

Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أنْ يَلْقَى اللَّهَ غَدًا مُسْلِمًا فَلْيُحَافِظْ عَلَى هَؤُلاءِ الصَّلَوَاتِ حَيْثُ يُنَادَى بِهِنَّ فَإنَّ اللَّهَ شَرَعَ لِنَبِيِّكُمْ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُنَنَ الْهُدَى وَإنَّهُنَّ مِنْ سُنَنِ الْهُدَى وَلَوْ أنَّكُمْ صَلَّيْتُمْ فِي بُيُوتِكُمْ كَمَا يُصَلِّي هَذَا الْمُتَخَلِّفُ فِي بَيْتِهِ لَتَرَكْتُمْ سُنَّةَ نَبِيِّكُمْ وَلَوْ تَرَكْتُمْ سُنَّةَ نَبِيِّكُمْ لَضَلَلْتُمْ وَمَا مِنْ رَجُلٍ يَتَطَهَّرُ فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَعْمِدُ إلَى مَسْجِدٍ مِنْ هَذِهِ الْمَسَاجِدِ إلاّ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِكُلِّ خَطْوَةٍ يَخْطُوهَا حَسَنَةً وَيَرْفَعُهُ بِهَا دَرَجَةً وَيَحُطُّ عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةً وَلَقَدْ رَأيْتُنَا وَمَا يَتَخَلَّفُ عَنْهَا إلاّ مُنَافِقٌ مَعْلُومُ النِّفَاقِ وَلَقَدْ كَانَ الرَّجُلُ يُؤْتَى بِهِ يُهَادَى بَيْنَ الرَّجُلَيْنِ حَتَّى يُقَامَ فِي الصَّفِّ

"Barang siapa yang ingin bertemu dengan Allah kelak (dalam keadaan) sebagai seorang muslim, maka hendaklah dia memelihara salat setiap kali ia mendengar panggilan salat. Sesungguhnya Allah telah mensyariatkan sunnanal huda (jalan-jalan petunjuk) dan sesungguhnya salat berjamaah merupakan bagian dari sunnanil huda. Apabila kamu salat sendirian di rumahmu seperti kebiasaan salat yang dilakukan oleh seorang mukhallif (yang meninggalkan salat berjamaah) ini, berarti kamu telah meninggalkan sunah nabimu, apabila kamu telah meninggalkan sunah nabimu, berarti kamu telah tersesat. Tiada seorang pun yang bersuci (berwudu) dengan sebaik-baiknya, kemudian dia pergi menuju salah satu masjid melainkan Allah mencatat baginya untuk setiap langkah yang diayunkannya satu kebajikan dan diangkat derajatnya satu tingkat dan dihapuskan baginya satu dosa. Sesungguhnya kami berpendapat, tiada seorang pun yang meninggalkan salat berjamaah melainkan seorang munafik yang jelas-jelas nifak. Dan sesungguhnya pada masa dahulu ada seorang pria yang datang untuk salat berjamaah dengan dipapah oleh dua orang laki-laki sampai ia didirikan di dalam barisan saf salat berjamaah." (HR. Muslim)

 

Sumber: jabar.kemenag.go.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer