Sukses


Jelang Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia : Bersua Timnas Indonesia, Pelatih Arab Saudi Mengintip Maksimal

Bola.com, Jakarta - Timnas basket Indonesia akan bersua Arab Saudi pada laga lanjutan Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia, malam ini, di Istora Senayan, Jakarta. Laga ini sangat penting bagi kedua tim, karena bakal menentukan langkah berikutnya.

Saat ini, Arab Saudi mengoleksi enam poin serta berada di posisi ke-3 klasemen sementara. Timnas Indonesia tepat berada di bawah Arab Saudi, setelah mengumpulkan 4 angka dai 4 pertandingan.

Jelang laga kontra Timnas Indonesia hari ini, Federasi Bola Basket Arab Saudi (SBF) mengangkat Mohamed Munir Elkirdani sebagai pelatih kepala baru menggantikan Ali Alsanhani. "Ini akan jadi pertandingan resmi pertama saya sebagai pelatih kepala. Saya baru ditunjuk kira-kira sebulan," katanya.

 

2 dari 5 halaman

Berbagai Persiapan

Elkirdani mengungkapkan, anak asuhnya melakukan berbagai persiapan teknis jelang lawatan ke Indonesia. Mereka berlatih di Belgrade, dan melakoni tiga laga uji coba. "Kami baru datang ke Indonesia dua atau tiga hari lalu dan semoga kami siap menghadapi Indonesia," sebut Elkirdani.

Elkirdani mengakui timnas basket Indonesia lebih baik dari saat terakhir kali berhadapan dengan Arab Saudi. Ia mengatakan, sudah melakukan 'scouting' terhadap tim asuhan Rajko Toroman, sehingga paham akan perubahan yang terjadi.

 

3 dari 5 halaman

Kunci Naturalsiasi

Selain menambah pemain baru, kata Elkirdani, Indonesia juga mengganti pemain naturalisasi. Di mata Elkirdani, masing-masing pelatih dan pemain sudah mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun ia menegaskan Arab Saudi siap.

"Kami tahu ini berbeda dari pertandingan di window pertama, tapi semoga kami meraih hasil baik," ujarnya. Pada sisi lain, Arab Saudi kehilangan pemain andalan, yakni Mohammed Alsuwailem. Alsuwailem adalah center utama. Ketika mengalahkan Indonesia 95-66, Alsuwailem mencetak 14 poin, 12 rebounds, dan tiga blok.

 

4 dari 5 halaman

Strategi Penyesuaian

"Namun basket olahraga teamwork. Hidup harus terus berjalan. Pemain lain harus bisa step up untuk bisa menyumbang ekstra poin dan ekstra rebound," kata Elkirdani.

Ia menegaskan sudah membuat penyesuaian atas absennya Alsuwailem. Elkirdani berharap pemain lain di timnya akan tampil baik menggantikan sang center.

 

5 dari 5 halaman

Fokus Malam Ini

Disinggung soal pertemuan kembali di FIBA Asia Cup 2022 melawan Indonesia, Elkirdani mengaku fokus menghadapi pertandingan di depan mata. Setelah itu, barulah memikirkan gim berikutnya.

Saat ini, fokus Arab Saudi adalah mengalahkan Indonesia. Setelah itu, berusaha menjinakkan Lebanon di kandang sendiri pada 4 Juli agar bisa lolos ke putaran kedua grup Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia

Video Populer

Foto Populer