Sukses


Daftar Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan

Bola.com, Jakarta - Daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan penting untuk Anda ketahui agar kesehatan Anda keluarga tetap terjaga.

Memanaskan makanan sisa telah menjadi kebiasaan di Indonesia. Banyak di antara kita yang memanaskan kembali makanan untuk disantap lagi. 

Memanaskan makanan sisa didasari beragam alasan, seperti sayang apabila harus membuang makanan tersebut, menyukai makanan ketika dipanaskan kembali, atau untuk menghemat waktu ketimbang memasak lagi.

Apa pun alasannya, mulai sekarang Anda harus lebih memperhatikan jenis-jenis makanan yang hendak Anda simpan dan dihangatkan lagi. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang tidak baik jika dipanaskan.

Apabila makanan tersebut memiliki kandungan yang bereaksi negatif jika dipanaskan kembali, bukan tidak mungkin kesehatan Anda terganggu. Anda juga bisa mengalami keracunan makanan.

Perlu diketahui, keracunan makanan juga dilatarbelakangi oleh kontaminasi bakteri akibat dari makanan yang tidak dipanaskan secara menyeluruh.

Hal ini terkait kebiasaan masyarakat Indonesia memanaskan makanan sisa menggunakan microwave. Cara ini membutuhkan perhatian mengingat microwave tidak dapat memanaskan makanan secara menyeluruh. Biasanya ada beberapa bagian makanan yang masih dingin dan mengandung bakteri.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar beberapa makanan yang apabila dipanaskan dapat menjadi racun dan menyebabkan penyakit, seperti disadur dari Klikdokter, Minggu (3/7/2022).

2 dari 4 halaman

Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan

1. Nasi

Anda mungkin terkejut mendapati nasi termasuk sebagai makanan yang tidak boleh dipanaskan. Namun, nasi yang sudah menjadi makanan sisa memang tidak dianjurkan untuk dihangatkan kembali.

Berdasarkan FSA (Food Standards Agency), Anda dapat mengalami keracunan makanan akibat mengkonsumsi nasi yang dipanaskan. Hal ini disebabkan oleh bakteri Bacillus cereus pada nasi yang dapat memproduksi zat toksin (spora) ketika dipanaskan kembali.

2. Kentang

Kentang mudah disimpan dan dipanaskan ketika akan dikonsumsi. Selain itu, kentang kaya akan vitamin B6, kalium, dan vitamin C, yang baik untuk tubuh Anda.

Namun, jangan pernah memanaskan makanan ini berkali-kali. Sebab, hal tersebut dapat membuat kentang memproduksi bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

3. Telur

Telur merupakanan makanan yang kaya akan protein. Namun, Anda mengalami masalah serius jika mengonsumsi telur yang dihangatkan kembali. 

Pasalnya, kandungan nitrogen pada telur dapat teroksidasi. Oksidasi dari nitrogen akan menyebabkan munculnya kanker jika sering dikonsumsi dan dalam jumlah yang banyak.

 

3 dari 4 halaman

Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan

4. Ayam

Daging ayam kerap kali dihangatkan berkali-kali. Padahal, kebiasaan ini dapat merusak komposisi protein di dalamnya. 

Akibatnya, jika makanan sisa yang telah dipanaskan ini dikonsumsi, sistem pencernaan Anda dapat terganggu.

5. Bayam

Meski kaya akan berbagai vitamin dan mineral, ingat bahwa bayam juga mengandung nitrat.

Jika Anda menghangatkan makanan sisa ini maka nitrat tersebut akan berubah menjadi zat toksik dan melepaskan berbagai agen karsinogenik yang dapat menyebabkan terjadinya kanker.

6. Jamur

Jika Anda telah mengolah jamur menjadi makanan maka makanlah sesegera mungkin. Menyimpan lalu menghangatkannya kembali akan membuat jamur menjadi toksin untuk Anda.

Selain karena rusaknya berbagai protein dan mineral, memanaskan kembali makanan ini akan mengoksidasi nitrogen yang akhirnya berubah menjadi radikal bebas.

Jika Anda terpaksa menyimpannya untuk dimakan keesokan harinya maka pastikan Anda mengkonsumsinya dalam keadaan dingin.

 

4 dari 4 halaman

Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan

7. Seledri

Sama seperti bayam, daun seledri memiliki kandungan nitrat yang tinggi sehingga dapat menjadi racun ketika dipanaskan kembali.

Selain seledri dan bayam, beberapa jenis makanan yang kaya akan nitrat yang sebaiknya tidak Anda panaskan kembali, yaitu wortel, kol, brokoli, dan lobak.

8. Masakan bersantan

Berbagai makanan olahan bersantan mudah ditemukan di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri dengan bahan santan.

Namun, upayakan agar tidak memanaskan jenis makanan ini berkali-kali karena kandungan minyak di dalamnya dapat berubah menjadi lemak jahat.

9. Cold pressed oil

Cold pressed oil adalah minyak yang dihasilkan dari penekanan suhu rendah sehingga nutrisinya masih sangat terjaga. Cold pressed oil bisa terbuat dari kacang almond, zaitun, alpukat, dan lain-lain. Minyak ini kaya akan omega-3.

Namun, minyak ini sensitif terhadap panas. Menghangatkannya berarti merusak kandungan omega-3 yang terkandung di dalamnya. Jadi, jangan pernah menghangatkan minyak hasil tekanan dingin ini.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 19/10/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer