Sukses


Cara Aman Makan Daging Kambing saat Iduladha

Bola.com, Jakarta - Iduladha merupakan satu di antara hari besar bagi umat Islam. Iduladha diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah menurut penanggalan hijriyah.

Hari Raya Iduladha identik dengan Hari Raya kurban. Hari tersebut merupakan perayaan suci untuk meneladani keteguhan iman Nabi Ibrahim a.s. kepada Allah Swt.

Nabi Ibrahim a.s. diperintahkan oleh Allah Swt. untuk menyembelih putranya sendiri, Nabi Ismail a.s. Nabi Ibrahim a.s. dengan teguh dan ikhlas menjalankan perintah tersebut.

Karena keikhlasannya, Allah Swt. kemudian menggantikan Ismail, sesaat sebelum disembelih, dengan hewan kurban. Maka itu, tradisi menyembelih hewan kurban dilakukan sampai saat ini.

Selain ritual salat dan penyembelihan hewan, Iduladha menjadi momen berkumpulnya keluarga besar. Acara yang dilakukan, satu di antaranya makan-makan.

Berbagai hidangan tersaji di meja, seperti ketupat, gulai, opor, hingga kue-kue manis. Yang tak ketinggalan, tentu saja daging kambing!

Padahal, daging kambing sering kali dihindari terutama bagi pengidap kolesterol tinggi dan hipertensi. Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa makan daging kambing seperti yang lainnya selama Anda mengikuti cara aman mengonsumsinya.

Berikut cara aman makan daging kambing saat Iduladha, disadur dari Klikdokter, Senin (4/7/2022).

2 dari 2 halaman

Cara Aman Makan Daging Kambing Saat Iduladha

  • Pilihlah daging iga atau has dalam (tanpa lemak) yang hanya memiliki kandungan lemak sebanyak enam persen.
  • Singkirkan lemak yang terlihat sebelum mengolah daging.
  • Hindari makan kambing di malam hari saat Anda sudah tidak banyak beraktivitas.
  • Anda bisa memilih daging sapi atau ayam sebagai alternatif, karena keduanya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.
  • Hindari konsumsi jeroan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi.
  • Setiap kali makan, seimbangkan menu daging dengan sayur dan buah yang kaya serat.
  • Libur Iduladha bukan berarti Anda juga libur berolahraga. Tetaplah aktif berolahraga selama minimal 30 menit per hari. Olahraga tidak perlu berat. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 12/9/2016)

Yuk, baca artikel iduladha lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer