Sukses


6 Cara Mengolah Daging Kurban agar Lebih Empuk

Bola.com, Jakarta - Saat Iduladha tiba, isi kulkas akan melimpah dengan daging kurban. Bagi mereka yang tahu cara mengolahnya, daging kurban tersebut akan menjadi hidangan yang lezat dan disukai oleh seluruh keluarga.

Untuk mengolah daging kurban, seperti kambing dan sapi, memang terbilang gampang-gampang susah. Butuh beberapa cara khusus dalam mengolahnya.

Orang Indonesia terkenal dengan masakannya yang kaya akan rempah sehingga pemilihan rempah dalam memasak daging kurban terbilang penting.

Terlebih lagi, daging sapi dan kambing tidak bisa dimasak asal-asalan, karena hasilnya terkadang akan terasa alot.

Nah, ada beberapa cara atau tips yang bisa digunakan agar daging kurban yang dimasak bisa lebih empuk dan lezat saat disantap.

Berikut enam cara mengolah daging kurban agar lebih empuk, seperti disadur dari Liputan6, Senin (4/7/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengolah Daging Kambing

1. Rendam dengan air lemon

Rasa asam dalam air lemon dapat membantu memecah daging yang keras. Anda bisa merendam daging dengan air lemon atau jeruk nipis untuk dapat membantu melunakkan protein yang keras dan melembekkan daging.

Namun, perlu diingat, jangan merendamnya terlalu lama karena asam dapat melemahkan struktur protein dan akhirnya daging menjadi terlalu lunak dan lembek.

Perkirakan waktu merendam mulai 30 menit hingga dua jam dan periksa secara berkala untuk melihat apakah daging mulai terlihat matang di bagian tepinya.

2. Rendam dengan Parutan Buah

Selain nanas, beberapa buah lain, seperti pepaya, kiwi, dan pir diketahui mengandung enzim yang dapat melunakkan daging.

Buat bubur atau purée dari buah-buahan ini dan tambahkan beberapa bumbu favorit Anda untuk mengasinkan daging dan melembutkannya.

Hati-hati, jangan biarkan daging dalam nanas terlalu lama karena enzim bromelain dalam nanas dapat bekerja dengan cepat.

3 dari 4 halaman

Cara Mengolah Daging Kambing

3. Garam

Mengasinkan satu potongan daging dapat sekaligus mengempukkannya. Lakukan selama satu atau dua jam sebelum memasak daging untuk memecah serat otot yang keras.

Saat Anda siap memasak, cukup bilas garamnya, tepuk-tepuk daging dan bisa segera dimasak.

4. Masak dengan Api Kecil

Memasak potongan daging yang keras dengan panas bersuhu rendah dalam waktu yang lama adalah cara yang bagus untuk melunakkannya. Anda bisa merebus daging hingga empuk dengan cara ini.

4 dari 4 halaman

Cara Mengolah Daging Kambing

5. Baking Soda

Baking soda atau soda kue memiliki sifat antasid yang dapat menetralkan asam. Soda kue meningkatkan pH pada permukaan daging dan membuat bagian luar daging lebih basa dan protein daging menjadi renggang.

Ketika protein tidak mengikat, daging tetap empuk bahkan setelah di masak.

Melansir dari Livestrong, daging hanya perlu direndam selama 15-20 menit di larutan baking soda dan air agar daging empuk.

6. Jangan Dicuci

Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Namun, jika Anda melakukan ini terhadap daging kambing dan sapi, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya makin tajam.

Sebaiknya langsung direbus dalam keadaan tidak dicuci. Buang air rebusan kambing ataupun sapi, setelah itu olah daging seperti biasa.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Febrianingsih Alamako. Editor: Benedikta Desideria. Published: 11/9/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer