Sukses


Contoh Perbuatan Tidak Mencintai Lingkungan, Kenali Dampaknya

Bola.com, Jakarta - Membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya merupakan satu di antara contoh perbuatan yang tidak mencintai lingkungan.

Lingkungan tempat tinggal kita perlu dijaga kelestariannya setiap saat dan dalam segala situasi. Hal tersebut dikarenakan kehidupan manusia begitu bergantung dengan lingkungan sekitar.

Meski terkesan sepele, membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan berbagai masalah lingkungan yang berdampak pada alam dan manusia.

Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia bisa mengancam adanya ketakseimbangan ekosistem dan dapat memicu bencana yang merugikan manusia itu sendiri.

Selain membuang sampah sembarang, ada beberapa perbuatan lain sebagai contoh tidak mencintai lingkungan, yang pastinya tidak boleh dilakukan, dan ketahui pula apa saja dampaknya.

Berikut contoh perbuatan tidak mencintai lingkungan dan dampaknya, seperti disadur dari Merdeka, Senin (4/7/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Perbuatan Tidak Mencintai Lingkungan

Beberapa contoh perbuatan tidak mencintai lingkungan di antaranya:

  • Membuang sampah sembarangan.
  • Membakar hutan.
  • Menggunakan plastik terlalu sering dan membuangnya secara sembarangan.
  • Boros air.
  • Boros bahan bakar.
  • Menebang pohon sembarangan.

Pada umumnya, pencemaran disebabkan oleh kegiatan manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dikatakan bahwa pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia atau proses alam sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu, dan menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

3 dari 4 halaman

Dampak Pencemaran Lingkungan

Kepunahan Makhluk Hidup

Apa yang terjadi jika manusia tidak menjaga kelestarian lingkungan sekitar? Tidak menjaga kelestarian lingkungan, sementara kita tetap menggunakan sumber dayanya sama saja dengan membiarkan lingkungan rusak.

Polutan yang mencemari lingkungan secara terus-menerus akan membuat lingkungan bermasalah. Hal tersebut menyebabkan hewan dan tumbuhan tidak bisa hidup lagi sehingga menyebabkan kepunahan pada satu di antara makhluk hidup.

Jika satu spesies punah maka akan menimbulkan efek domino pada rantai makanannya. Makhluk hidup dalam rantai makanan tersebut akan turut punah, meluas hingga ke ekosistem dan menyebabkan kepunahan massal.

Kehilangan Sumber Makanan

Manusia bisa bertahan hidup dengan cara mengonsumsi makanan dari makhluk hidup lain. Baik itu hewan ataupun tumbuhan.

Jika pencemaran lingkungan dilakukan secara terus menerus maka makhluk hidup yang ada terancam punah. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan manusia mengalami kelaparan massal.

4 dari 4 halaman

Dampak Pencemaran Lingkungan

Persediaan Air Bersih Berkurang

Kerusakan lingkungan juga bisa berpengaruh pada kualitas air bersih. Tanpa adanya vegetasi berupa pohon dan tanaman, tanah tidak bisa menyaring air bersih.

Hal ini mengakibatkan berbagai polutan masuk ke batuan akuifer dan merusak persediaan air bersih di dalamnya. Jika terus dibiarkan, air bersih akan terus berkurang sehingga menyebabkan krisis.

Berkurangnya Persediaan Oksigen

Dilansir dari laman National Geographic, 70 persen oksigen dihasilkan oleh tumbuhan laut berupa fito plankton dan alga, 28 persen dihasilkan oleh hutan hujan, dan dua persen sisanya dihasilkan oleh sumber lain.

Jika seluruh oksigen dihasilkan dari tumbuhan, bagaimana bisa manusia hidup tanpa adanya tumbuhan? Maka itu, melakukan penggundulan hutan akan menyebabkan oksigen menjadi berkurang.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Khulafa Pinta Winastya. Editor: 26/6/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer