Sukses


Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis, Ketahui Pula Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Puasa merupakan satu di antara ibadah yang mempunyai sisi mulia di hadapan Allah Swt. Selain puasa wajib di bulan Ramadan, ada juga beberapa puasa sunnah yang dapat mendatangkan limpahan pahala dari-Nya.

Satu di antara puasa sunah yang dapat Anda lakukan dan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan adalah ibadah puasa Senin-Kamis.

Sesuai namanya, puasa Senin-Kamis dilakukan hanya pada hari Senin dan Kamis setiap minggunya dan berifat sunah atau tidak wajib.

Puasa Senin-Kamis juga dapat dijadikan sebagai penyempurna pahala ibadah wajib lainnya, hal ini seperti apa yang di sabdakan Rasullullah saw.

Rasulullah saw. bersabda, "Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)

Seperti ibadah lainnya, sebelum menjalankan puasa sunnah Senin-Kamis Anda juga perlu membaca niat terlebih dahulu agar ibadah yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Berikut bacaan niat puasa Senin-Kamis, dan ketahui pula berbagai manfaatnya, seperti dikutip dari laman Dalamislam, Selasa (5/7/2022).

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Senin-Kamis

Sama seperti puasa-puasa lainnya, puasa Senin-Kamis memiliki niat dan dapat dikatakan dalam hati, dengan niatan untuk beribadah hanya kepada Allah Swt.

Ada pun niatan puasa Senin-Kamis, sebagai berikut: 

 

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,"

 

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah t'ala,"

3 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Senin-Kamis

1. Dapat terhindar dari godaan setan

Berpuasa memberikan sebuah manfaat, dengan melakukan ibadah tersebut, jalan setan untuk memengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat.

Dengan begitu, akan dapat menurunkan risiko pengaruh-pengaruh jahat dari setan terhadap manusia, seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah Swt.

2. Dapat meningkatkan amalan

Dengan melakukan ibadah puasa, Anda akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah Swt.

Selain itu dengan berpuasa akan lebih membuat Anda bersimpati kepada orang yang memiliki keberuntungan di bawah Anda dan mendorong Anda untuk selalu membantu mereka.

3. Menjadi lebih disiplin

Berpuasa Senin-Kamis dapat membantu seorang muslim yang menjalankannya menjadi lebih disiplin dalam segala hal yang dilakukan setiap harinya.

Hal ini karena saat berpuasa Anda akan merasa diperhatikan dan diawasi terus oleh Allah Swt. sehingga mendorong Anda untuk selalu wawas diri dan berhati-hati dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

4 dari 4 halaman

Manfaat Puasa Senin-Kamis

4. Menyehatkan tubuh

Melakukan ibadah puasa dapat menyehatkan tubuh. Hal ini sering dibuktikan secara medis bahwa puasa dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Melakukan puasa juga dapat mengistirahatkan sistem pencernaan yang selalu melakukan tugas setiap harinya. Saat berpuasa, mereka akan istirahat dan memulihkan energi kembali.

5. Menjadi perisai dan penguat jiwa

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib atau pun puasa-puasa sunah, seperti puasa Senin-Kamis, dapat memberikan pengaruh besar bagi kondisi Kejiwaan seseorang.

Berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

6. Turunkan risiko stres dan tingkatkan kedamaian hati

Adapun manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual, yakni dapat menurunkan stres dan tekanan jiwa. Kondisi kesehatan mental yang optimal tentu dapat membantu kaum muslim meraih kesuksesan dengan mudah.

Manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual lainnya, yaitu bisa meningkatkan kedamaian hati. Hal ini berarti, puasa memungkinkan seseorang merasa bersih jiwa dan raganya.

 

Sumber: Dalamislam

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer