Sukses


Cara Membuat Brosur di Microsoft Word, Mudah bagi Para Pemula

Bola.com, Jakarta - Brosur merupakan alat promosi yang di dalamnya terdapat informasi penawaran produk atau jasa yang disusun secara sistematis.

Pada umumnya, brosur berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung.

Hanya, saat ini brosur sudah jarang digunakan. Meski demikian, beberapa perusahaan atau organisasi tertentu masih menggunakan brosur sebagai media menawarkan suatu produk, layanan, atau program kepada masyarakat umum.

Untuk membuat brosur, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pembuat brosur. Aplikasi yang paling umum adalah CorelDraw atau Photoshop.

Bagi yang tidak menguasai kedua aplikasi tersebut bisa menggunakan aplikasi lain, seperti Microsoft Word.

Membuat brosur di Microsoft Word lebih mudah, sangat cocok bagi para pemula.

Berikut ini cara membuat brosur di Microsoft Word, dikutip dari laman Teknoking, Jumat (8/7/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Brosur di Microsoft Word

1. Siapkan Dokumen Baru (New Document) pada Microsoft Word

Pertama, siapkan dokumen kosong pada Word atau mulai dengan satu di antara template brosur. Di Microsoft Word menawarkan template brosur yang bisa kamu pilih.

2. Sesuaikan Tata Letak

  • Orientation

Jika kamu memulai dengan halaman kosong, buat tata letak brosur dengan membuka tab 'Layout'. Kemudian pilih 'Orientation' dan ubah dari portrait ke landscape.

  • Margin

Kemudian klik 'Margin' dan sesuaikan ke 0,5" atau yang lebih kecil. Perlu diingat, margin di sini untuk menciptakan ruang putih di sekitar batas pada brosur.

Jadi, kalau kamu menggunakan latar belakang berwarna, dan kamu ingin membuat margin yang lebih kecil, bisa lakukan Margin > Margin Custom. Disarankan untuk 25" kanan dan kiri, dan 31" atas dan bawah.

Namun, kamu bisa lewatkan langkah ini jika menggunakan template.

3. Pilih Tema

Selanjutnya, ke tab 'Design' dan pilih 'Theme' sesuai selera yang kamu inginkan. Tema akan otomatis mengisi ke bagian laman kerjamu.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Brosur di Microsoft Word

4. Buat Struktur Dasar

  • Ruler dan Gridlines

Lanjut ke tab 'View' kemudian pilih 'Ruler' dan 'Gridlines'. Gunakan pilihan tersebut untuk membuat jarak yang akurat.

  • Text Box

Kalau tadi menggunakan margin 0.5", buatlah kotak teks yang lebarnya sebesar 3". Namun, ini bisa dibuat lebih pendek atau sebaliknya, tergantung dari teks yang ingin ditampilkan.

Untuk menyisipkan kotak teks, buka tab Sisipkan > Kotak teks.

  • Columns

Saat membuat brosur biasanya membutuhkan dua halaman dengan tiga kolom. Halaman pertama untuk lipatan depan, belakang, dan dalam brosur.

Sedangkan halaman kedua akan menjadi bagian dalam brosur. Gunakan Ruler dan Gridlines untuk menempatkan kotak teks menjadi tiga kolom.

5. Masukkan Konten

Sekarang kamu telah memiliki enam kolom pada desain brosur. Setelah itu, masukkan konten tentang produk barang atau jasa yang ingin ditawarkan. Tak hanya menambahkan teks tentang konten produk, pada bagian ini juga bisa menambahkan gambar, bentuk, dan bagan.

6. Buat Grup Konten

Selanjutnya, konten tersebut akan masuk ke grup seperti header dan subjudul, atau sekumpulan bentuk yang membentuk desain tadi.

Pilih masing-masing objek ini dan mengubah ke dalam 'Group'. Hal ini akan memungkinkan untuk memindahkan masing-masing komponen tersebut secara bersamaan saat ingin mengeditnya.

 

Sumber: Teknoking

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer