Sukses


Bacaan Doa Perjalanan agar Diberi Keselamatan Sampai Tujuan

Bola.com, Jakarta - Berdoa bagi umat Islam merupakan senjata yang ampuh setiap melaksanakan kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Tidak terkecuali bagi yang hendak bepergian.

BACA JUGA: Bacaan Doa Naik Kendaraan Beserta Pahami Adab Dalam Berpergian

Rasulullah saw. mengajarkan kepada umatnya untuk selalu membaca doa perjalanan saat akan bepergian. Seseorang yang hendak melakukan perjalanan, sebaiknya membaca doa perjalanan terlebih dahulu agar senantiasa dilindungi oleh Allah Swt.

Dengan membaca doa perjalanan ini, diharapkan mereka yang membacanya dapat memberi rasa aman dan keselamatan selama melakukan perjalanan.

Doa perjalanan ini dibaca sejak awal keberangkatan, selama di jalan, dan saat kembali ke rumah. Dengan membaca doa terlebih dahulu, ketenangan dan kemantapan hati di perjalanan akan membuat lebih fokus.

Doa perjalanan ini dipanjatkan bukan hanya saat berkendara saja. Namun, juga saat berjalan kaki, saat hendak melakukan perjalanan mudik.

Berikut ini bacaan doa perjalanan yang bisa dibaca saat akan bepergian, disadur dari Merdeka, Kamis (7/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Doa Perjalanan: Sebelum Berangkat

Berikut ini doa perjalanan yang diriwayatkan oleh para perawi hadis.

Doa perjalanan versi pendek:

اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَـٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Allaahu akbar (3x), (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin).

Doa perjalanan versi panjang:

بِسْمِ اللَّهِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَاذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bismillaah, alhamdulillaah, (subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun), alhamdulillaah (3x), allaahu akbar (3x), subhaanakallaahumma innii zholamtu nafsii faghfir lii, fa-innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta.

Artinya: Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, (Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. (HR. Abu Dawud 3/34, At-Tirmidzi 5/501, dan Shahih At-Tirmidzi 3/156).

3 dari 4 halaman

Doa Perjalanan: Selama di Jalan

Selama di perjalanan, dianjurkan untuk terus berzikir. Sepanjang jalan menyebut asma Allah dan mengagungkan-Nya. Sembari menikmati jalan yang panjang, bisa berzikir:

"Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar."

Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar.

Kemudian bisa juga menambahkan bacaan Al-Fatihah, An-Nas dan Al-Falaq. Al-Ikhlas. Hal itu sebagai bentuk memanjatkan doa memohon perlindungan Allah Swt. dari segala mara bahaya.

4 dari 4 halaman

Doa Sepulang Perjalanan

Saat sudah menyelesaikan perjalanan dan sampai dengan selamat di rumah, bisa dengan kembali membaca doa tadi. Kemudian ditambahkan dengan doa berikut:

آيِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ

Aayibuuna taa-ibuuna 'aabiduuna lirobbinaa haamiduun.

Artinya: Kami kembali dengan bertaubat, tetap beribadah dan selalu memuji kepada Tuhan kami. (HR. Muslim 2/998)

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Kurnia Azizah. Published: 11/3/2021)

Dapatkan artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer