Sukses


Bacaan Doa Wukuf di Padang Arafah, Diamalkan saat Beribadah Haji

Bola.com, Jakarta - Wukuf merupakan satu di antara rukun atau rangkaian dalam kegiatan ibadah haji. Wukuf sering kali disebutkan sebagai puncaknya dari semua kegiatan ibadah haji.

BACA JUGA:Bacaan Doa Selamat Setelah Sholat Fardu Lengkap Dengan Artinya

Apabila tidak mengerjakan wukuf, ibadah haji yang ditunaikan dianggap kurang sempurna. Bahkan, dalam sebuah hadis, dikatakan bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda, "Haji adalah wukuf di Arafah".

Dalam pelaksanaanya, wukuf dilakukan pada 9 Zulhijah di Padang Arafah. Pada saat wukuf, jemaah haji diperintahkan hanya berdiam di area wukuf (mauqif).

Meski begitu, jemaah yang berhaji tersebut dianjurkan untuk membaca doa dan melakukan sejumlah ibadah lain. Anjuran tersebut tercantum dalam potongan ayat yang memiliki arti sebagai berikut:

"(Jemaah haji) dianjurkan wukuf dalam keadaan suci, memperbanyak zikir, tahlil, doa, talbiyah, tadarus Al-Qur'an, memperbanyak tadharru (ketundukan hati), merendahkan diri, berdoa terus menerus, lalu menghadap Kabah dan membentangkan kedua tangan."

Ada serangkaian doa yang dianjurkan diamalkan jemaah haji saat melakukan wukuf di Padang Arafah. Sebab, berdoa pada dan bertempat di Padang Arafah merupakan doa paling utama seperti penjelasan hadis Muhammad saw. sebagai berikut:

"Sebaik-baik doa adalah doa di hari Arafah dan sebaik-baik doa yang dibaca olehku dan para nabi sebelumku adalah laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir." (HR. Tirmidzi)

Berikut ini bacaan doa saat wukuf di Padang Arafah yang bisa diamalkan jemaah yang melaksanakan haji, disadur dari Merdeka, Jumat (8/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa saat Wukuf

1. Membaca Tahmid dan Talbiyah 3 Kali

- Bacaan Tahmid

"Alhamdulillāhi rabbil ālamīn."

Artinya: "Segala puji bagi Allah, tuhan sekalian alam."

- Bacaan Talbiyah

"Labbaykallāhumma labbayk. labbayka lā syarīka laka labbayk. Innal hamda wan ni‘mata laka wal mulka lā syarīka lak."

Artinya: "Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu."

2. Membaca Takbir dan Tahmid

"Allāhu akbar wa lillāhil hamd."

Artinya: "Allah maha besar. Segala puji bagi Allah."

3. Membaca Doa agar Dimudahkan untuk Meninggalkan Maksiat

"Allāhummanqulnī min dzullil ma‘shiyati ilā ‘izzit thā‘ah, wakfinī bi halālika ‘an harāmik, wa aghninī bi fadhlika ‘an man siwāk. Wa nawwir qalbī wa qabrī. Wa a‘idznī minas syarri kullih. Wajma‘ liyal khayr. Innī as’alukal hudā wat tuqā, wal ‘afāfa, wal ghinā."

Artinya: "Ya Allah, pindahkan aku dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilah aku dengan halal-Mu dari barang haram-Mu. Genapilah diriku dengan kemurahan-Mu dari zat selain diri-Mu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan. Kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. Aku memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kecukupan, dan kekayaan."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa saat Wukuf

4. Membaca Doa Sapu Jagat

"Allāhumma rabbanā ātinā fid duniya hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār."

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

5. Membaca Doa dan Pengakuan Dosa

"Allāhumma innī zhalamtu nafsī zhulman katsīran kabīran, wa innahū lā yaghfirud dzunūba illā anta, faghfir lī maghfiratan min ‘indik, warhamnī innaka antal ghafūrur rahīm."

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku menganiaya diriku dengan penganiayaan yang banyak dan besar. Tiada yang mengampuni dosa selain Kau. Oleh karena itu, ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu. Kasihanilah aku, sungguh Kau maha pengampun lagi penyayang."

6. Membaca Doa Istikamah dalam Tobat

"Allāhummaghfir lī maghfiratan tashluhu bihā sya’nī fid dārayn, warhamnī rahmatan wāsi‘atan as‘adu bihā fid dārayn, wa tub ‘alayya taubatan nashūhā lā ankutsuhā abadā, wa alzimnī sabīlal istiqāmah lā azīghu ‘anhā abada."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dengan ampunan yang membuat maslahat urusanku di dunia dan akhirat. Berikanlah aku rahmat-Mu yang luas di mana aku dapat bahagia di dunia dan akhirat. Bimbinglah aku dalam tobat nashuha yang mana aku takkan melanggarnya lagi selamanya. Ikatlah aku di jalan istikamah yang mana aku takkan menyimpang darinya selamanya."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rakha Fahreza Widyananda. Published: 27/10/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer