Sukses


Cara Menjaga Badan Tetap Fit dan Sehat di Masa Pancaroba

Bola.com, Jakarta - Pancaroba menjadi satu di antara yang perlu diwaspadai, kaitannya dengan kondisi kesehatan Anda. Pasalnya, pada pancaroba, kita bisa lebih mudah terserang penyakit.

Pancaroba ialah peralihan musim (ditandai oleh keadaan udara tidak menentu, banyak angin besar, dan sebagainya); peralihan antara musim kemarau dan musim hujan.

Masa pancaroba biasa ditandai dengan meningkatnya frekuensi angin yang cukup kencang, debu bertambah banyak, hujan yang tak menentu, dan cuaca yang tiba-tiba terik atau tiba-tiba hujan.

Penyakit yang biasa muncul saat pancaroba seperti diare, infeksi saluran pernapasan (ISPA), demam berdarah dengue, influenza, dan alergi musiman.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kita lebih mudah terserang penyakit saat pancaroba, di antaranya:

  • Suhu tubuh manusia bisa tiba-tiba berubah sesuai perubahan iklim. Kondisi tersebut pada akhirnya dapat mengganggu sistem organ. Saat tubuh mulai beradaptasi dengan perubahan musim tersebut, kekebalan tubuh secara otomatis akan menurun.
  • Kuman juga dipercaya berkembang lebih banyak di musim pancaroba ketimbang musim lainnya. Lebih parahnya lagi, kuman akan lebih cepat berkembang di dalam tubuh saat temperatur berubah-ubah.
  • Selain itu, angin yang terasa panas saat musim pancaroba banyak mendatangkan debu yang mudah masuk ke saluran pernapasan. Akibatnya, iritasi dapat terjadi di saluran pernapasan dan memicu gangguan, seperti batuk kering.

Itulah mengapa Anda perlu menjaga kesehatan tubuh saat pancaroba. Anda tentu tak ingin aktivitas terganggu karena sakit.

Berikut ini beberapa cara menjaga tetap fit dan sehat pada masa pancaroba, disadur dari Klikdokter, Selasa (12/7/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Badan Tetap Fit dan Sehat saat Pancaroba

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan ini, kuman tidak akan mudah membuat Anda terserang penyakit.

Selama musim pancaroba, usahakan menu makan Anda terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak dalam kadar seimbang. 

Jangan lupakan sayur dan buah, merupakan sumber makanan kaya akan antioksidan. Senyawa ini dapat mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melawan dan menangkal penyakit.

2. Rutin berolahraga

Olahraga yang dilakukan dengan durasi 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu terbukti dapat membantu mengoptimalkan sistem kekebalan dan fungsi tubuh secara menyeluruh.

Maka itu, meski sedang musim pancaroba, Anda jangan sampai malas untuk berolahraga. Untuk memperkecil paparan debu, lakukan olahraga dalam ruangan (indoor), seperti berenang, berlari di atas treadmill, angkat beban atau lainnya yang Anda senangi.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Badan Tetap Fit dan Sehat saat Pancaroba

3. Istirahat cukup

Tubuh perlu istirahat dengan cukup untuk melakukan proses regenerasi, agar fungsinya bisa tetap terjaga dengan optimal. 

Fakta membuktikan bahwa istirahat cukup membuat sel sistem kekebalan tubuh beregenerasi dengan efektif sehingga fungsinya untuk melawan dan menangkal penyakit juga ikut maksimal.

Bagi orang dewasa, istirahat cukup yang dimaksud adalah dengan tidur di malam hari selama kurang lebih delapan jam. 

4. Cukupi kebutuhan air putih

Masa pancaroba rentan membuat tubuh Anda kekurangan cairan alias dehidrasi. Keadaan ini membuat tubuh lebih rentan sehingga kuman penyebab penyakit lebih mudah menyerang.

Maka itu, jagalah selalu kecukupan cairan tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak delapan gelas dalam satu hari. Selain bertujuan menjaga fungsi tubuh, cukup minum air putih juga bikin kulit Anda lebih sehat.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Badan Tetap Fit dan Sehat saat Pancaroba

5. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Tubuh Anda dapat menjadi tempat kuman bersarang dan berkembang biak. Agar tidak demikian, jaga kebersihan tubuh Anda dengan mandi setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun.

Iringi kebiasaan sehat ini dengan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda. 

Caranya, kubur barang-barang yang dapat menampung air seperti kaleng bekas; tutup rapat tempat-tempat penampungan air; kuras bak mandi dan kolam ikan (jika ada); dan yang paling penting, buang sampah pada tempatnya. 

6. Jangan jajan sembarangan

Debu yang beterbangan di musim pancaroba bisa saja menempel di makanan yang dijajakan di pinggir jalan. Apabila makanan tersebut dikonsumsi, Anda bisa saja mengalami gangguan saluran cerna seperti diare atau mual dan muntah.

Maka itu, sebaiknya hindari jajan sembarangan, apalagi untuk makanan yang tidak memiliki kemasan. Akan lebih baik jika Anda membawa bekal dari rumah agar lebih sehat dan hemat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/11/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer