Sukses


Macam-Macam Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Bisa Dicoba

Bola.com, Jakarta - Kolesterol merupakan satu di antara komponen penting yang dibutuhkan tubuh manusia. Kolesterol menjalankan beberapa fungsi, seperti membuat hormon, vitamin D, dan membantu mencerna makanan.

Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyumbat pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit.

Memiliki kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit darah tinggi (hipertensi), diabetes, jantung, hingga stroke.

Kolesterol tinggi biasanya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga dan banyak konsumsi makanan berlemak.

Berbagai macam makanan yang mengandung lemak cukup tinggi, seperti daging merah, jeroan, dan kuning telur, dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.

Maka itu, penting mengatur makanan yang dikonsumsi agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap nornal. Sementara, bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi bisa mengonsumsi makan yang bisa menurunkannya.

Berikut ini macam-macam makanan penurun kolesterol tinggi dalam tubuh, dilansir dari laman Rskasihibu, Selasa (12/7/2022).

2 dari 8 halaman

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan padat nutrisi, juga mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Kacang merah, kacang tanah, kenari, dan almond, dapat membantu menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus.

Selain itu, kacang-kacangan dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang sehari, dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL sebanyak lima persen.

3 dari 8 halaman

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Adapun ikan berlemak yang bisa dikonsumsi antara lain makarel, tuna, dan salmon, 

Omega-3 dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL, dan menjaga kesehatan jantung. Cara paling sehat untuk mengolah ikan yaitu dengan mengukus atau merebusnya.

Dengan mengonsumsi ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4 dari 8 halaman

3. Olahan kedelai

Makanan olahan kedelai bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, beberapa studi menunjukkan, mengonsumsi olahan kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Mengonsumsi 25 gram kedelai (setara dengan 10 ons tahu atau setengah cangkir susu kedelai) dalam sehari, mampu menurunkan kolesterol jahat sebesar 5-6 persen.

5 dari 8 halaman

4. Oat

Oatmeal merupakan makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Kandungan beta-klugan, sejenis serat larut yang ada dalam oatmeal, efektif menurunkan kolesterol.

Dengan mengonsumsi oatmeal maka kolesterol total bisa turun sebesar lima persen. Sementara itu, kolesterol jahat bisa turun sebesar tujuh persen.

Selain enak, mengonsumsi sereal ini dapat dengan mudah dilakukan. Anda dapat mengonsumsi sereal ini setiap kali sarapan. 

6 dari 8 halaman

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber kaya asam lemak tak jenuh, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kolesterol jahat.

Minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Minyak zaitun tersebut bisa dikonsumsi sebanyak empat sendok makan atau sekitar 60 ml dalam sehari. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan atau mencampurkan buah zaitun pada salad.

7 dari 8 halaman

6. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat dan bahan untuk memasak. Bawang putih mengandung berbagai senyawa tanaman kuat, seperti allicin, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung.

8 dari 8 halaman

7. Sayur dan buah

Sayuran merupakan makanan yang kaya serat, dan antioksidan. Beberapa sayuran seperti wortel, kentang, dan terong, mengandung pektin atau serat larut, yang dapat menurunkan kolesterol.

Sayuran juga menghasilkan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain sayur, buah juga kaya akan serat larut, yang dapat membantu menurunkan kolesterol bahkan hingga 10 persen.

Kita dapat mengonsumsi buah alpukat, jeruk, apel, stroberi, dan anggur untuk menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

 

Sumber: Web Rumah Sakit Kasih Ibu

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer