Sukses


Daftar Minuman yang Bikin Asam Urat Kambuh

Bola.com, Jakarta - Daftar minuman yang bikin asam urat kambuh perlu diketahui, khususnya bagi Anda yang mengidap gangguan kesehatan satu ini. Orang yang bersama pengidap asam urat juga penting mengetahuinya sehingga bisa memberikan peringatan.

Asam urat tinggi satu di antaranya disebabkan makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Fakta mengungkap, faktor utama penyebab penyakit asam urat adalah hiperuresemia. Kondisi tersebut merupakan keadaan ketika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat tajam.

Hal paling utama yang melatari terjadinya hiperuresemia adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin, seperti kerang, jeroan, daging merah, ikan sarden, susu tinggi lemak, dan minuman beralkohol.

Saat kambuh, pengidap asam urat merasakan keluhan seperti sendi terasa nyeri, bengkak, merah, dan terasa panas. Saat asam urat kambuh, aktivitas pengidap bisa terganggu.

Itulah mengapa, penting bagi Anda untuk mencegah penyakit ini kambuh. Satu di antara caranya dengan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung purin tinggi. Ada beberapa jenis minuman yang perlu Anda waspadai.

Berikut ini daftar minuman yang bikin asam urat kambuh, disadur dari Klikdokter, Selasa (12/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Bir

Alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Satu di antara mekanismenya adalah dengan menstimulasi hati untuk memproduksi asam urat.

Di dalam tubuh, alkohol akan diubah menjadi asam laktat yang dapat mengganggu pembuangan asam urat oleh ginjal. Dari berbagai macam jenis minuman beralkohol, bir adalah yang paling banyak mengandung purin akibat dari proses fermentasinya.

3 dari 6 halaman

Minuman dengan Pemain Buatan

Beberapa penelitian telah menemukan peningkatan risiko asam urat dari minuman yang dimaniskan dengan gula. Satu studi besar mengungkap bahwa hanya satu minuman ringan manis per hari sudah mampu menggandakan risiko seorang wanita untuk menderita penyakit asam urat.

4 dari 6 halaman

Jus Jeruk Kaleng

Bagaimana mungkin jus jeruk kalengan yang menyegarkan dan mengandung banyak vitamin C malah membuat asam urat kambuh? 

Menjawab ini, seorang peneliti berkata bahwa jus jeruk kaleng mengandung kadar fruktosa tinggi, di mana hal ini berhubungan erat dengan kekambuhan gejala penyakit asam urat. 

Fruktosa adalah pemanis buatan yang umumnya ditambahkan ke dalam minuman kemasan kaleng.

5 dari 6 halaman

Kopi

Ada studi yang menyebut bahwa kafein mampu melindungi Anda dari asam urat karena memiliki struktur kimia yang mirip dengan obat asam urat.

 Di sisi lain, ada pula penelitian yang mengatakan bahwa terlalu banyak konsumsi kafein malah bisa membuat gejala asam urat kumat.

Penelitian tersebut menemukan, jika Anda menggandakan asupan kafein dalam sehari maka risiko terjadinya gejala asam urat akan meningkat hingga 80 persen.

6 dari 6 halaman

Minuman Energi

Sebagian besar minuman berenergi memiliki kandungan kafein dan fruktosa di dalamnya. Maka itu, minuman jenis ini mampu meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Jennifer Sloane, MD., seorang rheumatologist di Temple University Hospital di Philadelphia, mengatakan tidak ada penelitian yang mengevaluasi dampak minuman energi terhadap asam urat. 

Akan tetapi, karena sebagian besar minuman tersebut dimaniskan dengan fruktosa, dapat ditarik kesimpulan bahwa minuman berenergi memiliki kemungkinan untuk meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/3/2019)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer