Sukses


Contoh-Contoh Kelompok Sosial di Lingkungan Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Kelompok sosial adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi satu sama lain, memiliki harapan, tujuan yang sama, serta mempunyai kesadaran diri sebagai anggota kelompok.

Seperti diketahui, manusia merupakan makhluk sosial. Manusia tidak dapat melepaskan diri dari hubungan dengan orang lain untuk berinteraksi dan bertahan hidup.

Mereka perlu menjalin hubungan dengan orang lain sesuai kepentingan mereka. Sebagai akibat dari hubungan yang terjadi antarindividu tersebut, lahirlah kelompok-kelompok sosial yang dilandasi oleh kesamaan kepentingan bersama.

Terbentuknya suatu kelompok sosial karena adanya naluri manusia yang selalu ingin hidup dengan orang lain untuk hidup bersama. Ada banyak contoh kelompok sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Berikut ini kumpulan contoh kelompok sosial di lingkungan masyarakat, dilansir dari laman Ejurnal, Rabu (13/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Kelompok Sosial

Keluarga

Keluarga merupakan kelompok sosial terkecil dan primer dalam masyarakat. Setiap orang yang terikat dalam sebuah keluarga akan berinteraksi dan saling membutuhkan untuk mencapai tujuan bersama.

Dari sebuah keluarga, seseorang mendapatkan pendidikan kali pertama.

Partai Politik

Contoh kelompok dalam masyarakat selanjuntnya adalah partai politik. Kelompok ini menjadi wadah untuk individu-individu yang memiliki kesamaan pandangan politik.

Jenis kelompok sosial ini termasuk kelompok sekunder yang berarti seseorang tidak memiliki kewajiban untuk bergabung.

Mereka yang tertarik atau ingin memperoleh jabatan di lembaga eksekutif atau legislatif biasanya akan bergabung dalam kelompok sosial ini.

3 dari 6 halaman

Contoh Kelompok Sosial

Panitia Agenda/Acara

Jenis kelompok ini termasuk kelompok sosial sekunder yang mengikat bagi anggotanya dan tidak berlaku untuk masyarakat secara keseluruhan.

Koperasi Desa

Koperasi desa merupakan kelompok sosial formal di masyarakat. Kelompok ini saling berinteraksi untuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama.

Setiap anggota harus menaati peraturan untuk bergabung, menabung atau meminjam, dan mendapatkan pembinaan.

Selain itu, dalam koperasi desa terdapat pembagian struktur dan tugas secara jelas sehingga setiap anggota dapat menjalankan peran sesuai kedudukannya.

4 dari 6 halaman

Contoh Kelompok Sosial

Perkumpulan RT/RW

Perkumpulan RT/RW merupakan satu di antara contoh kelompok sosial yang ada di dalam masyarakat. Kelompok sosial tersebut memiliki anggota yang ada di kalangan masyarakat desa.

Jenis kelompok sosial ini termasuk kelompok sosial in group yang memberikan kesempatan kepada seluruh anggota masyarakatnya yang berada di RT/RW daerah tertentu.

Organisasi Kepengurusan Sekolah

Organisasi kepengurusan sekolah merupakan satu di antara bentuk kelompok sosial dalam masyarakat.

Organisasi ini tugasnya memastikan seluruh unsur dalam sekolah dapat dengan mudah mencapai tujuan masing-masing. 

Struktur yang ada di dalam sekolah pada umumnya terdiri dari dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf guru mata pelajaran, staf guru kelas, guru BP, staf humas hingga petugas kebersihan sekolah.

5 dari 6 halaman

Contoh Kelompok Sosial

Alumni Sekolah

Setia orang yang telah dinyatakan lulus dari lembaga pendidikan tertentu biasanya membentuk kelompok para lulusan yang kita kenal dengan alumni.

Agenda Alumni ini bisa memberikan akses pada adik kelas serta membangun relasi yang berupa jaringan sosial satu sama lainnya.

Kelompok Ibu–Ibu PKK

Kelompok ini merupakan suatu kelompok kumpulan ibu-ibu gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau (PKK).

Setiap anggota memiliki tujuan yang sama yaitu menyejahterakan keluarga. Ibu-ibu berkumpul berbagi tips, berbagi informasi, bekerja sama, dan sebagainya untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

6 dari 6 halaman

Contoh Kelompok Sosial

Paguyuban

Paguyuban dikenal sebagai gemeinschaft. Kelompok sosial ini adalah kelompok sosial yang memiliki ikatan erat, intim, dan harmonis dalam setiap anggotanya.

Mereka memiliki ikatan batin, dan hubungan yang berlangsung ini bersifat informal.

Patembayan (gesellschaft)

Patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek, bersifat imajiner, dan strukturnya bersifat mekanis sebagaimana terdapat dalam mesin.

Patembayan bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Contohnya, ikatan antarpedagang, organisasi dalam suatu pabrik, dan lain-lain.

 

Sumber: ejurnal.id

Dapatkan artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer