Sukses


Hasil FIBA Asia Cup 2022: Marques Bolden Menggila, Timnas Basket Indonesia Bungkam Arab Saudi

Bola.com, Jakarta - Timnas Basket Indonesia berhasil mengawali babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup dengan kemenangan atas salah satu tim kuat Arab Saudi, Selasa (12/7/2022). Pasukan Milos Pejic menang dengan skor telak 80-54.

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, Timnas Basket Indonesia tampil dengan kekuatan penuh sejak awal pertandingan. Pelatih Milos Pejic menurunkan Marques Bolden, Derrick Michael Xzavierro, Brandon Jawato, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan Abraham Damar Grahita sebagai starter.

Kombinasi itu membuat Arab Saudi tertekan sejak awal hingga akhir dan tertekan hingga akhirnya menyerah pada semua kuarter dengan skor 18-13, 26-17, 17-15, dan 19-9. 

Marques Bolden menjadi bintang dalam pertandingan tersebut dengan sumbangan 32 poin, 16 rebounds, sedangkan Andakara Prastawa menjadi penyumbang assist terbanyak yakni 9.

Pada laga selanjutnya di FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Indonesia akan menghadapi Yordania pada 14 Juli 2022. Laga ini diprediksi bakal ketat karena Yordania menelan kekalahan 60-78 dari Australia pada laga perdana.

2 dari 5 halaman

Langsung Tancap Gas

Timnas Basket Indonesia unggul 10 poin lebih dulu pada awal kuarter pertama FIBA Asia Cup 2022. Marques Terrell Bolden tampil gemilang dengan menyumbang delapan poin di antaranya.

Arab Saudi kemudian bangkit melalui tiga poin yang dicetak Mohammed Almarwani. Perlahan namun pasti, Arab Saudi kemudian mendekat melalui tiga poin dari Mathna Almarwani yang mengubah skor menjadi 12-8.

Timnas Basket Indonesia kemudian menjadi melalui 2 free throws dari Abraham Grahita yang membuat skor menjadi 16-8. Arab Saudi kemudian berusaha mencetak poin lagi, namun Timnas Basket Indonesia kemudian menutup kuarter pertama dengan keunggulan 18-13.

3 dari 5 halaman

Tak Terbendung

Memasuki qurter kedua, Arab Saudi berusaha bangkit. Lay-up dari Ayman Belals Almuwallad berhasil membuat Arab Saudi mendekat 20-24. Timnas Basket Indonesia kemudian menjauh melalui dunk Marques Bolden yang mengubah skor menjadi 29-20.

Timnas Basket Indonesia kemudian berhasil mempelebar jarak menjadi selisih 10 poin berkat tembakan tiga angka dari Andakara Prastawa. Tembakan itu mengubah skor menjadi 37-27.

Dua free throw Brandon Jawato kemudian membuat Timnas Basket Indonesia semakin perkasa. Kuarter kedua akhirnya ditutup dengan keunggulan Timnas Basket Indonesia dengan skor 44-30.

4 dari 5 halaman

Dapat Tekanan

Setelah half time, Timnas Basket semakin nyaman menguasai pertandingan. Tiga poin dari Marques Bolden berhasil membuat Timnas Basket Indonesia unggul jauh atas Arab Saudi dengan skor 54-34.

Skor tersebut sempat bertahan lama hingga akhirnya Arab Saudi mendapatkan dua free throw. Eksekusi berhasil dilakukan Musab Tariq M Kadi sehingga mengubah skor menjadi 54-36.

Arab Saudi setelah itu perlahan bangkit dan memberikan tekanan setelah lay up Thamer Mahmoud A Mohammed mengubah skor menjadi 40-54. Timnas Basket Indonesia kemudian menjauh melalui jump shot Abraham Grahita yang mengubah skor menjadi 61-45 pada akhir kuater ketiga.

5 dari 5 halaman

Langsung Melejit

Memasuki kuater keempat, Timnas Basket Indonesia semakin membuat Arab Saudi Kewalahan. Jump Shot dari Marques Bolden membuat Timnas Basket Indonesia semakin jauh unggul dengan skor 65-47.

Setelah itu, Timnas Basket Indonesia semakin menjauh berkat tembakan dua angka dari Derrick Michael Xzavierro yang membuat skor menjadi 71-49.

Setelah itu, Arab Saudi semakin kesulitan dalam mencetak poin. Timnas Basket Indonesia akhirnya menutup pertandingan dengan skor 80-54. Tiga poin dari Abraham Grahita menjadi penutup pesta dari Timnas Basket Indonesia.

Video Populer

Foto Populer