Sukses


Daftar Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia (POLRI) yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Profesi polisi mempunyai peranan besar dalam mengayomi, melindungi, dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Namun, sudahkah kamu mengetahui apa tingkatan pangkat polisi Indonesia (POLRI)? Secara umum, tingkatan pangkat polisi Indonesia dibagi dalam lima tingkatan.

Dilansir dari laman resmi polri.go.id, urutan tingkatan pangkat polisi Indonesia dibagi menjadi lima, yaitu taraf Tamtama, taraf Bintara, taraf Perwira Pertama, taraf Perwira Menengah, taraf Perwira Tinggi.

Namun, masyarakat umum mungkin lebih familier dengan tingkatan pangkat polisi taraf perwira dan bintara.

Di sisi lain, tingkatan pangkat polisi Indonesia sudah diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), penting untuk mengetahui tingkatan pangkat polisi dari yang tertinggi hingga terendah. Masyarakat luas pun perlu mengetahui informasi ini.

Berikut ini rangkuman mengenai daftar tingkatan pangkat polisi Indonesia (POLRI), seperti dikutip dari laman polri.go.id dan polisi.com, Rabu (13/7/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia (POLRI)

1. Pangkat Perwira Tinggi POLRI

- Jenderal Polisi

Jenderal Polisi adalah pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan POLRI, gambar pangkat di POLRI untuk Jenderal Polisi adalah empat bintang.

- Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) adalah pangkat di atas Inspektur Jenderal Polisi di bawah Jenderal Polisi, tanda pangkat POLRI untuk Komisaris Jenderal Polisi adalah tiga bintang.

- Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) adalah pangkat di atas Brigadir Jenderal Polisi di bawah Komisaris Jenderal Polisi, lambang pangkat di POLRI untuk Inspektur Jenderal Polisi adalah dua bintang.

- Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira tinggi POLRI, lambang pangkat dalam POLRI untuk Brigjen Pol adalah satu bintang. 

2. Pangkat Perwira Menengah POLRI

- Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Komisaris Besar Polisi adalah pangkat tertinggi dalam jajaran kepangkatan perwira menengah POLRI, gambar pangkat di POLRI untuk Komisaris Besar Polisi adalah tiga bunga melati emas.

- Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Ajun Komisaris Besar Polisi atau disingkat AKBP adalah pangkat di atas Komisaris Polisi di bawah Komisaris Besar Polisi, lambang pangkat di POLRI untuk AKBP adalah dua bunga melati emas.

- Komisaris Polisi (Kompol)

Komisaris Polisi adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira menengah POLRI, lambang pangkat dalam POLRI untuk Komisaris Polisi adalah satu bunga melati emas.

3 dari 4 halaman

Daftar Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia (POLRI)

3. Pangkat Perwira Pertama POLRI

- Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Ajun Komisaris Polisi adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat perwira pertama POLRI, tanda pangkat POLRI untuk Ajun Komisaris Polisi adalah tiga balok emas.

- Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Inspektur Polisi Satu (Iptu) adalah pangkat di atas Inspektur Polisi Dua di bawah Ajun Komisaris Polisi, lambang pangkat di POLRI untuk IPTU adalah dua balok emas.

- Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Inspektur Polisi Dua (Ipda) adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira pertama POLRI, lambang pangkat dalam POLRI untuk Inspektur Polisi Dua adalah satu balok emas.

4. Pangkat Bintara Tinggi POLRI

- Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Ajun Inspektur Polisi Satu adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi POLRI, tanda pangkat POLRI untuk Ajun Inspektur Polisi Satu adalah dua balok perak bergelombang.

- Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Ajun Inspektur Polisi Dua atau disingkat Aipda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi POLRI, lambang pangkat dalam POLRI untuk Ajun Inspektur Polisi Dua adalah satu balok perak bergelombang.

4 dari 4 halaman

Daftar Tingkatan Pangkat Polisi Indonesia (POLRI)

5. Pangkat Bintara POLRI

- Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara POLRI, gambar pangkat di POLRI untuk Brigadir Polisi Kepala adalah empat balok perak menyerupai huruf V.

- Pangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Brigadir Polisi (Brigpol) adalah pangkat di atas Brigadir Polisi Satu di bawah Brigadir Polisi Kepala, tanda pangkat POLRI untuk Brigadir Polisi adalah tiga balok perak menyerupai huruf V.

- Pangkat Brigadir Polisi (Brigpol)

Brigadir Polisi Satu (Briptu) adalah pangkat di atas Brigadir Polisi Dua di bawah Brigadir Polisi, lambang pangkat di POLRI untuk Briptu adalah dua balok perak menyerupai huruf V.

- Pangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Brigadir Polisi Dua (Bripda) adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Bintara POLRI, lambang pangkat dalam POLRI untuk Brigadir Polisi Dua adalah satu balok perak menyerupai huruf V.

6. Pangkat Tamtama POLRI

  • Ajun Brigadir Polisi (Abrip)
  • Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)
  • Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)
  • Bhayangkara Kepala (Bharaka)
  • Bhayangkara Satu (Bharatu)
  • Bhayangkara Dua (Bharada)

 

Sumber: polri.go.id, polisi.com

Dapatkan artikel daftar berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer