Sukses


Macam-Macam Manfaat Masker Kuning Telur untuk Rambut

Bola.com, Jakarta - Setiap orang tentu mendambakan rambut yang sehat dan berkilau. Rambut yang sehat pastinya bisa menunjang penampilan serta meningkatkan kepercayaan diri.

Itulah mengapa sebagian orang rela mengeluarkan uang lebih untuk merawat rambutnya agar terlihat lebih indah.

Perawatan rambut memang terbilang penting, hal ini bisa menjaga rambut dari kerusakan. Di sisi lain, untuk merawatnya tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut. Selain tidak ada efek samping, bahan-bahan ini bisa didapatkan dengan harga lebih terjangkau, satu di antaranya kuning telur.

Kuning telur diyakini bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk rambut. Satu di antara manfaatnya bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Berikut macam-macam manfaat masker kuning telur untuk rambut, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (13/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Masker Kuning Telur untuk Rambut

Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut

Melansir Medical News Today, mengoleskan kuning telur pada rambut diduga bisa merangsang pertumbuhannya. 

Manfaat ini dihubungkan dengan kandungan belerang, yang kadarnya mencapai 164,5 miligram per 100 gram kuning telur. 

Membantu Melawan Kerusakan Rambut

Mengutip Healthline, kuning telur kaya akan vitamin A dan E, biotin, serta folat. Hal tersebut membuatnya dianggap dapat memberikan nutrisi untuk mencegah rambut rusak.

Mengatasi Rambut Kering

Terdapat sekitar 26,54 gram lemak di dalam kuning telur berukuran 100 gram. Hal tersebut membuat kuning telur disebut-sebut dapat menjaga kelembapan rambut sehingga mencegahnya dari kekeringan.

Lemak spesifik yang terdapat di kuning telur disebut lesitin. Kuning telur memiliki kandungan lesitin yang mempunyai fungsi menguatkan rambut. Lemak ini juga terdapat pada penyusun produk kosmetik rambut. 

Menjaga Kilau Rambut

Kuning telur diyakini mampu menjaga kilau rambut. Masker telur merupakan satu di antara solusi paling efektif untuk merawat rambut secara alami. Hal ini karena telur adalah sumber terbaik dari Vitamin B, yang penting untuk menjaga tekstur dan kekuatan rambut.

Kuning telur juga bisa berfungsi sebagai pelembab dan menjadi sumber nutrisi bagi rambut. Terlebih lagi, telur akan membantu mempertahankan kemilau alami rambut berkat manfaat pelembapnya.

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Kuning Telur untuk Rambut

Berikut cara membuat masker telur kuning untuk rambut:

  • Campurkan dua hingga tiga butir kuning telur dengan dua sampai tiga tetes jus lemon. Kocok sampai berbusa dan tercampur merata.
  • Oleskan campuran tersebut secara menyeluruh ke rambut. Anda bisa menggunakan tangan atau kuas.
  • Tutupi rambut dengan topi mandi. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, dan pastikan tidak menyentuhnya. Campuran kuning telur bisa mengering dan lengket apabila disentuh.
  • Setelah 20 menit, bilas rambut yang bercampur telur dengan air dingin hingga bersih sempurna.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/11/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer