Sukses


Macam-Macam Keutamaan Salat Berjamaah di Saf Depan, Umat Muslim Laki-Laki Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Salat adalah tiang agama dan dan rukun Islam kedua sehingga tak boleh ditinggal oleh umat Muslim dalam keadaan apa pun. Dalam Islam, umat Muslim yang telah akil balig diwajibkan menegakkan ibadah salat lima waktu dalam sehari.

Perintah umat muslim wajib menegakkan salat bahkan ditegaskan dalam penggalan surat yang tercantum di Al-Qur'an, Allah Swt. berfirman:

"Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra ayat 78).

Ketika ingin menegakkan salat, umat muslim akan diberikan pilihan untuk melakukannya secara sendiri atau berjemaah. Namun, paling utama adalah salat dikerjakan secara berjemaah.

Di sisi lain, satu di antara yang penting untuk diperhatikan umat muslim saat menegakkan salat secara berjemaah adalah diusahakan untuk berada di saf pertama. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Sebaik-baik saf bagi laki-laki adalah yang paling depan, dan yang paling jelek adalah yang paling belakang. Sebaik-baik saf bagi wanita adalah yang paling belakang, dan yang paling jelek adalah yang paling depan." (H.R Muslim).

Sesuai hadis di atas, orang yang diutamakan menempati saf pertama dalam salat berjemaah yakni kaum laki-laki. Ada berbagai keutamaan yang akan didapatkan umat muslim jika salat di saf pertama.

Berikut ini macam-macam keutamaan salat di saf depan yang perlu diketahui umat muslim laki-laki, disadur dari Brilio, Jumat (15/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat di Saf Depan

1. Allah dan Malaikat Berselawat

Ada keutamaan bagi umat muslim yang berada di barisan pertama dalam salat berjemaah. Pertama, Allah dan malaikat-malaikatnya akan berselawat kepada orang yang mendirikan salat berjemaah di saf pertama. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat kepada orang yang salat di saf pertama."

2. Mendapatkan Ganjaran atau Pahala Besar

Seorang pria yang mendirikan salat di barisan pertama akan mendapatkan ganjaran atau pahala besar. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala adan dan saf pertama, kemudian untuk mendapatkannya harus diundi, niscaya mereka akan mengadakan undian." (Muttafaq ‘alaih)

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat di Saf Depan

3. Seperti Saf Malaikat

Jabir bin Samurah radhiyallahu 'anhu berkata, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam keluar kepada kami dan bersabda, 'Tidakkah kalian ingin bersaf seperti saf malaikat di hadapan Tuhannya?' Kami (para sahabat) bertanya, 'Wahai Rasulullah, bagaimana malaikat bersaf di hadapan Tuhannya?" Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Mereka menyempurnakan saf-saf awal dan merapatkan saf." (HR. Muslim)

4. Saf Terbaik bagi Pria

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saf pertama adalah saf terbaik untuk seorang pria muslim yang mengerjakan salat berjemaah di masjid ataupun musala. Sementara untuk muslim perempuan, berada di saf belakang laki-laki.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat di Saf Depan

5. Terhindar dari Kemunduran

Seseorang yang datang untuk salat berjamaah dan menempati barisan pertama maka ia akan terhindar dari kemunduran. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis riwayat Muslim, yang berbunyi sebagai berikut:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melihat para sahabat mundur ke belakang. Maka beliau pun bersabda, "Majulah dan ikutilah aku. Saf yang di belakangnya mengikuti saf depannya. Kaum yang selalu mundur (dalam bersaf), Allah akan memundurkan mereka.'' (HR. Muslim)

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Shofia Nida. Published: 27/4/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer